Enak banget pakai kacamata kuning karena lampu LED putih motor jadi terlihat redup dan nggak silau lagi


Sebelumnya penulis sudah membahas bagaimana lampu depan motor dengan LED Putih itu bisa membuat efek buta permanen di jangka panjang:

Setelah penulis tahu hal itu, penulis kemudian memutuskan untuk membeli kacamata kuning. Cari yang murah saja.

Penulis pilih yang warna kuning cerah meniru gambar gambar kacamata driving / riding di internet. Kacamata tersebut sepertinya tidak ada anti glare, karena pantulan cahaya matahari masih terlihat menyilaukan.

Tapi lumayan banget, lampu LED putih jadi nggak menyilaukan lagi. Berikut contoh efek dari pemakaian kacamata kuning.

Lampu depan LED yang mengarah ke mata masih tetap bikin silau, namun silaunya jauh berkurang. Tidak lagi membutakan.

Kalau tidak mengarah ke mata maka lampu LED jadi sama seperti lampu halogen. Jadi tidak terlihat mencolok lagi.

Sebelumnya, di posisi tersebut bagi penulis lampu LED terlihat jauh lebih menyilaukan daripada lampu halogen.

Dari samping, lampu depan LED putih juga jadi terlihat makin redup. Lampu jadi tidak menyilaukan sama sekali.

Padahal sebelumnya di kondisi yang sama reflector juga akan terlihat menyilaukan bila tanpa pakai kacamata.

Videonya sebagai berikut:

 

Walau di video terlihat warna menjadi kuning, saat dipakai warna kuning ini tidak begitu terasa. Warna merah tetap merah, warna biru tetap biru, warna putih tetap putih. Warna lampu LED jadi lebih hijau dan sangat sangat berkurang silaunya.

Lampu motor LED putih yang menyorot keatas silaunya jadi sama dengan lampu halogen. Sementara itu LED putih yang menyorot kebawah jadi terlihat jauh lebih redup daripada yang lampu halogen.

Pandangan juga terlihat lebih terang, terutama bila dipakai di helem yang kacanya agak hitam. Jadi terkesan seperti bila pakai helm kaca bening.

Efek berkurangnya silau juga makin kuat bila di malam hari. Jalan juga terlihat lebih jelas karena silau berkurang. Kalau sebelumnya penulis harus terpaksa mengangkat kaca helem biar bisa lebih jelas melihat jalan, maka setelah pakai kacamata kuning jadi merasa nggak perlu melakukan itu lagi.

Penulis juga merasa pengelihatan menjadi lebih fokus. Terutama untuk obyek obyek yang jauh. Penulis juga merasakan lebih enak di mata. Mata serasa lebih rileks setelah perjalanan. Penulis yakin efek kacamata kuning baik untuk mata. Mestinya bagus untuk dipakai mengurangi resiko katarak.

Namun yang penting penulis puas bisa tidak silau lagi oleh lampu depan LED :). Penulis nggak lagi khawatir walau nanti makin lama makin banyak motor dengan lampu LED putih yang menyilaukan pengendara lain. Kacamata kuning itu solusi bagus untuk mengurangi silaunya motor dengan Lampu LED putih. Solusi lain mungkin bisa pakai skotlet di kaca helem.

Update:
Berikut bila pemakaian di malam hari. Kamera nggak bisa menunjukkan beda silaunya, tapi bisa menunjukkan perubahan warna, dari led putih jadi lebih hijau:

Videonya:

Iklan

28 thoughts on “Enak banget pakai kacamata kuning karena lampu LED putih motor jadi terlihat redup dan nggak silau lagi

  1. iya yaa…kenapa gk trfikirkan..
    saya selalu pakai helm fullface,,kl pakai kacamata gk bisa,,
    baca smpai akhir trnyta kepikiran pakai skotlet kuning di kaca helm.,walaupun mengurangi efek gaya karena skotlet kuning(helm NHK hijau stabilo),,tp gk masalah,fungsionalitas lebih penting.
    terima kasih infonya,,

    Suka

  2. #Solusi lain mungkin bisa pakai skotlet di kaca helem.

    setuju..pak dosen..soale helmq fullface..klo pake kacamata sakit di telinga kehimpit tangkai kacamatanya.. klo pake helm half face boleh2 aja pake kacamata kan masi ada ruang di sekitaran telinga..
    suksma..nggih

    Suka

  3. Kacamata kuning memang pas untuk malam hari, tapi ada bahayanya..jika pengendara lain berlawanan arah depan kita tidak menghidupkan lampu, maka posisi kendaraan lebih tidak kelihatan dibanding tidak pakai kacamata kuning
    Begitu pula jika pengendara lain searah didepan kita mengalami mati lampu rem, posisi kendaraan mereka lebih tidak kelihatan dibanding tidak pakai kacamata kuning
    Solusinya kalo di mobil, cukup dikasi kaca kotak kuning di dasboard sopir, sehingga bisa dilihat perbedaan warna jika view nya kuning dan view biasa.
    Tetapi untuk di motor lebih baik helm nya dikasi skotlet separuh kuning kira2 setengah bagian atas kaca helm, sisanya view biasa..

    Suka

    • Tidak juga. Berkurangnya silau justru membuat kendaraan yang tidak pakai lampu jadi lebih mudah terlihat. Efek beda dengan kalau pakai kacamata hitam atau kaca helem hitam. Saat malam kondisi jalan atau benda di jalan tidak jadi lebih gelap saat pakai kacamata kuning. Itu yang saya rasakan saat menggunakan kacamata yang ada di foto. Jadi kuncinya jangan pilih yang gelap tapi yang kuning cerah.

      Mata itu bisa mengatur keterangan secara otomatis, fokus secara otomatis dan juga white balance secara otomatis. Bila dipakai cuma kecil maka bagian yang kuning akan terlihat kuning. Namun kalau tertutup kuning semua, maka bagian yang tidak kuning akan terlihat biru.

      untuk catatan, yang saya pakai itu cuma kacamata kuning yang nggak ada anti glare. Saya pakai terutama untuk mengurangi efek ultraviolet dari lampu LED putih. Cahaya dari kendaraan lain tetap terlihat silau. Beda dengan kalau kacamata yang ada anti glarenya:
      Kacamata berkendara jangan asal pilih warna kuning!

      Suka

      • Pake visor kuning kok malah pembiasan cahaya berantakan. Bahaya itu.
        Gak Led gak Halogen sama saja kalau posisinya hampir mendekati posisi pandangan saat duduk berkendara.
        Gak mau silau. Angkat visor aja dah cukup.

        Suka

        • maksudnya bahaya? glarenya? karena kacamata murahan, dari sisi glare tidak ada bedanya. Cuma kacamata mahal yang ada anti glarenya. Kacamata berkendara buatan zeiss katanya 7 jutaan.

          Silaunya lampu LED putih beda dengan lampu kuning. Terutama untuk yang sudah nggak muda. Pakai kacamata kuning termasuk terapi juga biar mata lebih sehat.

          Suka

  4. Maaf OOT min, saya kehapus bookmark mengenai artikel yg membahas awan di situs ini. Poin yg saya ingat bahwa pesawatlah yg lebih merusak alam/cuaca/awan dibanding polusi sepeda motor, CMIIW. Artikelnya yang mana ya lupa, pengen baca itu lagi T.T

    Suka

  5. Dulu gk sengaja dpt efek wownya wkt pake kacamata kuning krn lg tren lagu ska pas dipake motoran ternyata enak banget. .jalan jd terang apalagi pas menjelang magrib yg gelap gk terang juga gk serasa siang saja.

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s