Motor 350, 650 dan 800cc BMW yang dibuat di Cina oleh Loncin tetap dijamin kw1, dan soal pabrik BMW di Indonesia


Sebenarnya artikel ini masih rencana agak lama baru di posting, tapi membaca postingan berikut membuat penulis jadi niat posting lebih cepat:
Loncin Siapkan 3 Moge 500cc Terbaru!

Sukses dengan motor berkapasitas 650cc yang jadi kloning BMW G650GS, kali ini produsen sepeda motor asal China, Loncin, kepergok sedang menyiapkan 3 moge terbaru berkapasitas 500cc.

Sebenarnya bukan kloning tapi itu aslinya. Mesin motor BMW G650S itu beneran diproduksi oleh Loncin. Yang dijual di cina itu bener bener sama, tapi sama BMW dibolehkan dijual hanya di Cina dengan merek Loncin.

Investasi dari Loncin serius dan pengembangannya menggunakan standar yang diawasi dan dikendalikan oleh BMW.
China: The BMW G650GS Production Country

In the 2011 BMW G650gs production country switch from the Austrian Rotax works to a factory in China reduced costs. Since 2005, Loncin has produced engines for the G650GS motorcycles at the Chongqing factory. Loncin ships the units to the BMW Spandau Plant in Berlin for assembly.

Loncin gained the right to produce motorcycles for sale in China using the G650GS engine. Loncin introduced the CR9, a road bike using the same engine as BMW’s G650GS, at the Chinese motorcycle show in 2009. It has sold extremely well in China since as a premium motorcycle. In November 2013, BMW entered into a new agreement with Loncin to produce 300,000 units of large displacement motorcycle engines, in the 650cc class.

Dikatakan bahwa di tahun 2011 negara produksi BMW G650S pindah dari Austria ke Cina untuk mengurangi biaya. Sejak 2005, Loncin memproduksi mesin untuk motor G650S di pabrik Chongqing. Loncin mengirim unitnya ke pabrik BMW Spandau di Berlin untuk dirakit.

Loncin juga diberi hak untuk menjual motor di Cina dengan mesin G650S. Loncin memperkenalkan CR9, road bike denga mesin yang sama dengan BMW G650S, di motorshow Cina 2009. Motornya laku keras di Cina sebagai motor premium. Di November 2013, BMW mengadakan perjanjian baru untuk Loncin memproduksi 300 ribu unit mesin besar di kelas 650cc.

 

Awalnya BMW bekerja sama dengan Loncin itu hanya untuk buka dealer di cina:
BMW Motorrad opens “Boxer Café” in China and plans long-term involvement in the Middle Kingdom. 1 June 2007

Extensive knowledge of the market and a good sales network were the decisive reasons for choosing LONCIN as a partner. Sales staff has been trained in Germany in collaboration with the Munich sales subsidiary to ensure a high quality of customer support from the very beginning.

Dikatakan bahwa BMW memilih Loncin karena dianggap jaringan pemasaran dan penetrasi pasarnya bagus. Salesnya juga dilatih di Munich untuk meyakinkan pelayanannya sesuai standar BMW.

Setelah itu BMW kemudian mulai makin mengandalkan Loncin untuk motor di pasar Cina dan membantunya meningkatkan kualitas:
LONCIN and BMW held the tenth anniversary celebration ceremony

In April 23, 2015, LONCIN and BMW held their tenth anniversary celebration ceremony and the ribbon cutting for the successful completion of the BMW factory at the LONCIN plant C.

In 2005,LONCIN began to cooperate with BMW for 650cc engines; in 2007, LONCIN produced 650cc engines massively; in 2013, the two sides reached a new supply agreement on large displacement twin- cylinder engine; in March, 2015, the large displacement scooter project officially started.

It is reported that, in order to promote the new large displacement twin-cylinder engine and large displacement scooters projects, and to provide BMW with satisfied product, LONCIN invested big amount of money to rebuild the plant and upgrade the facilities, from the production equipment to workshop lighting arrangement, temperature control system, workshop ground treatment and the cleaning maintenance, all those aspects are made in accordance with the international advanced standard.

With the help of BMW, LONCIN make magnificent progress in many aspects like technical level, product quality, and greatly enhanced enterprise competitiveness. The cooperation not only stimulates LONCIN’s business, but also promotes “diversification” of the products.

Di 23 April 2015 Loncin dan BMW merayakan 10 tahun kerjasamanya di saat pembukaan pabrik BMW di pabrik C punya Loncin.

di 2005, Loncin mulai bekerjasama dengan BMW untuk mesin 650cc nya. Di 2007, Loncin mulai memproduksi mesin 650cc. Di 2013 ada kerjasama baru untuk mesin dua silinder kapasitas mesin besar. Di Maret 2015, proyek skuter kapasitas mesin besar secara resmi dimulai.

Dilaporkan bahwa untuk bisa meungkinkan proyek mesin dua silinder kapasitas besar dan skuter kapasitas besar, dan untuk bisa memberi BMW produk yang memuaskan, Loncin menginvestasi secara besar besaran untuk membangun ulang pabrik dan mengupgrade fasilitas, mulai dari mesin produksi sampai pencahayaan tempat kerja, sistem pengaturan suhu, treatemen lahan dan perawatan pembersihan. Di semua aspek dilakukan sesuai dengan standar internasional yang tinggi.

Dengan bantuan BMW, Loncin bisa mencapai peningkatan besar di banyak sisi seperti misalnya tingkat teknologi, kualitas produk, dan peningkatan daya saing. Kerja sama tidak hanya meningkatkan dari sisi bisnis namun juga diversifikasi produk.

 

Produk skuter yang dimaksud sebagai berikut:
Loncin signed cooperation agreement with BMW, Published:2015/3/31 17:12:11

On March 12, 2015, LONCIN Motor Co., Ltd(hereinafter referred to as Loncin) and the German BMW (hereinafter referred to as BMW) signed a new agreement. According to this new agreement, Loncin will undertake the manufacturing of 350CC large displacement water-cooled scooters and the engines for BMW. The product will be made completely in accordance with BMW’s standard and Euro IV requirement as well. It will be sold in BMW’s global markets(including China market) and the expected annual output is around 15,000 units.

Di 12 Maret 2015 Loncin dan BMW menandatangai perjanjian baru dimana Loncin akan memproduksi motor skuter dan mesin 350cc berpendingin air untuk BMW. Produk akan sesuai dengan standar BMW dan memenuhi standar emisi Euro 4. Produk akan dipasarkan oleh BMW di pasar global termasuk juga cina dan direncanakan diproduksi 15 ribu unit tiap tahunnya.

Katanya Loncin juga bakal memproduksi mesin 800cc untuk BMW:
Canton Fair Interviews: Loncin, by Jeremy Hamilton on November 6, 2014

Jeremy: I know that you have a partnership with BMW, right? What do you do for BMW? What is that partnership about?

Mr. Zhou: Apparently, we are making 650cc engines for them.

Jeremy: Apparently? You can’t confirm this?

Mr. Zhou: Ok, so now we are going to make our cooperation more tight, and we’re going to produce an 800cc engine for them. And most importantly, we will learn a lot from this big boss.

Jeremy: So this is the F650GS engine, is that right?

Mr. Zhou: Yes that’s right. They have engineers, German engineers who stay in our company always. So every day, every month our technicians, engineers will have a good communication with them, we learn something, we put their advantages in our products and make our products more and more competitive.

Intinya Loncin mengakui memproduksi mesin 650cc untuk BMW. Loncin juga ada rencana produksi mesin 800cc untuk BMW. BMW dikatakan banyak membantu. Ada teknisi khusus yang berada di Loncin yang siap membantu.

 

Pabrik BMW di Asia tidak hanya di Cina saja. Sebelumnya sudah disebut di India:
BMW G 450 X menghilang lalu TVS RTR 450 FX muncul, apa BMW join TVS juga untuk motor offroad ?

Di negara lain juga ada Taiwan:
TVS, BMW tie up for sub-500cc premium bikes

BMW Motorrad ’s tie-up with TVS, though of a different kind, parallels some of its partnerships in Asia. Its partner in China – Loncin – assembles a 650 single-cylinder engine for BMW models. Kymco, its partner in Taiwan produces a 650 two-cylinder engine for BMW’s new scooters – C600 Sport and C650 GT. Kymco also produces the 450cc single-cylinder engine for Husqvarna. All these engines have been developed by BMW Motorrad. TVS Motor’s plants in India will serve as a third production base for BMW Motorrad, whose other plants are in Berlin and Brazil.

Ikatan BMW dengan TVS juga dilakukan dengan partner lain di Asia. Di Cina dengan Loncin memproduksi mesin 650cc satu silinder. Di Taiwan dengan Kymco memproduksi mesin 650cc dua silinder untuk skuter C600 sport dan C650GT. Kymco juga memproduksi mesin 450cc satu silinder untuk Husqvarna (sekarang jadi milik KTM). Semua mesin dikembangkan oleh BMW. Pabrik TVS di India menjadi dasar produksi ke tiga bagi BMW, sementara itu pabrik yang lain ada di Berlin – Jerman dan Brazil.

 

BMW juga menyebut nyebut soal Indonesia:
TVS, BMW tie up for sub-500cc premium bikes

Q: Given that TVS Motor has a manufacturing base in Indonesia, will the TVS-BMW partnership tap that opportunity to rollout products under TVS and / or BMW brands for the ASEAN markets?
A: I cannot speak about Indonesia in particular but all new products produced at our plants in India, including the new range with BMW, will be available both in India and globally under the TVS brand.

Ditanyakan soal TVS yang punya pabrik di Indonesia, dan apakah akan juga menyertakan motor hasil kerjasama. Dijawab bahwa semua produk baru yang diproduksi di India, termasuk yang akan datang, akan tersedia baik di India ataupun secara global dibawah merek TVS.

Alasan soal investasi dijelaskan sebagai berikut:
BMW manager: ‘We can’t just export to China’

Each country has its own qualities. I think it’s more about whether one is welcome, whether this investment and engagement from a company like BMW is wanted or not. In places where it’s desired, we typically get the support we need.

Tiap negara berbeda beda sifatnya. BMW lebih memilih yang menerima, apakah investasi atau keberadaan perusahaan seperti BMW dibutuhkan atau tidak. Di negara dimana BMW di itu ada, BMW akan dapat dukungan yang dibutuhkan BMW.

 

Dari informasi diatas, maka disimpulkan bahwa Loncin produksi mesin 650cc satu silinder dan mesin 800cc/650cc dua silinder untuk motor sport, lalu mesin 350cc untuk skuter. Kymco memproduksi mesin 650cc dua silinder untuk skuter. TVS memproduksi motor sport 300cc.

Semuanya pakai proses produksi yang diawasi dan dikendalikan oleh BMW sehingga kualitas dijamin sesuai dengan standar BMW.

2 respons untuk ‘Motor 350, 650 dan 800cc BMW yang dibuat di Cina oleh Loncin tetap dijamin kw1, dan soal pabrik BMW di Indonesia

  1. […] Ini agak ketinggalan berita, tapi beritanya menarik. Sebelumnya penulis pernah membahas bagaimana pabrik motor di Cina, Loncin, bisa menjalin kerjasama dengan BMW untuk membuat mesin dengan kualitas Eropa. Motor 350, 650 dan 800cc BMW yang dibuat di Cina oleh Loncin tetap dijamin kw1, dan soal pabrik BMW … […]

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.