Biasanya orang berpikir kalau cc nya besar pasti lebih boros, tenaga lebih besar. Namun data berikut menunjukkan bahwa “aturan pakem” itu tidak selalu benar.
Sebelumnya penulis heran, mengapa kok motor 50cc kok nggak masuk Indonesia. Saat coba cari cari info ternyata mengejutkan karena dari sisi irit dan tenaga untuk motor 50cc tidak unggul dari motor cc lebih besar.
Berikut informasinya.
Bore × Stroke (mm) | 37.8 x 44 |
Carburation | PGM-FI electronic fuel injection |
Compression Ratio | 10:1 |
Engine Displacement (cc) | 49 |
Engine Type (cm³) | Air-cooled 4-stroke OHC 2v single |
Max. Power Output | 2.5kW/7000rpm (95/1/EC) |
Max. Torque | 3.5Nm/6750rpm (95/1/EC) |
Fuel Tank Capacity (Litres) | 5.5 litres |
Fuel Consumption | 146.9 mpg (at 18.6 mph ) |
Kerb Weight (kg) | 100 |
Bore × Stroke (mm) | 50mm x 55.1mm |
Carburation | PGM-FI electronic fuel injection |
Compression Ratio | 9.5 |
Engine Displacement (cc) | 108cc |
Engine Type (cm³) | Air-cooled 4-stroke OHC single |
Max. Power Output | 6.5kw / 7,500rpm |
Max. Torque | 9.0Nm / 5,500rpm |
Fuel Tank Capacity (Litres) | 5.2L |
Fuel Consumption | 147mpg |
Kerb Weight (kg) | 102kg |
Dalam bentuk tabel:
Engine Displacement | Max. Power Output | Fuel Consumption | |
---|---|---|---|
Vision 50 | 49cc | 2.5kW/7000rpm | 146.9 mpg = 62.45km/l |
Vision 110 | 108cc | 6.5kw / 7,500rpm | 147mpg = 62.49km/l |
SH125i | 124.9cc | 8.98kW/8,500rpm | 47.4km/litre |
PCX125 | 125cc | 8.6kW/8,500 rpm | 133.9 mpg = 56.92km/l |
Forza 125 | 124.9 cm3 | 11kW / 8,750rpm | 43.5 km/l |
SH300i | 279.1cc | 18.5kW @ 7,500rpm | 94mpg = 39.96km/l |
Forza 300 | 279cc | 19kW/7,500 rpm | 87 mpg = 36.98 km/l |
Integra | 745cc | 40.3kW @ 6,250rpm | 28.6km/l |
MSX125 | 124.9cc | 7.2kW / 7,000 rpm | 1.52L/100km = 65.79 km/l |
CB125F | 124.7cc | 7.8kW @ 7,750rpm | 151.1 mpg = 64.24 km/l |
CRF250 Rally | 250cc | 18.2kW/8500rpm | 33.3km/litre |
CBR300R | 286 cc | 22.7kW/8,500 rpm | 85.3 mpg = 36.26 km/l |
CBR500R | 471 cm3 | 35kW @ 8500 rpm | 29.4km/litre |
Dari tabel tersebut ada beberapa contoh yang menjungkir balikkan apa yang selama ini dipercaya.
Yang ekstrem adalah contoh Honda Vision 50 dengan Honda Vision 110. Kapasitas mesin lebih dari dua kali lebih besar, tenaga lebih dari dua kali lebih besar, tapi iritnya bisa dibilang sama.
Lalu berikutnya motor matik Honda SH300i dibanding Honda CRF250 Rally, cc lebih besar, tenaga hampir sama, tapi jauh lebih irit. Padahal itu motor matik dibanding motor manual, kok malah lebih irit yang matik. Sebagai perbandingan di kelas 125cc, tenaga terlihat mempengaruhi irit dan motor manual lebih irit dari motor matik.
Dibanding dengan Honda CBR300R juga Honda CRF 250 Rally terlihat kurang juga, kapasitas CBR300RR lebih besar, tenaga lebih besar, begitu masih juga lebih irit. Padahal itu membandingkan motor sport dengan dual sport, kok lebih irit motor sport.
Kesimpulannya dalam menilai motor tidak bisa hanya melihat dari kapasitas mesinnya. Harus lihat data atau diuji dulu.
Keseimbangan antara power, berat, rasio gigi lah yang menentukan keiritan. Juga kecepatan pada waktu pemakaian
Revo yang 110cc juga ga lebih irit dari supra125
Di kecepatan 80 kpj konstan ncb bisa lebih irit dari beat. Lha beat udah hampir gas pol ncb cuma gas sa ncrit
SukaSuka
Iya, justru kalau cc besar diiritkan itu hasilnya bisa lebih irit lagi. seperti contohnya Mio M3 dibanding Mio J.
Irit ala Yamaha Blue Core dicapai dengan mengorbankan tenaga
Motor matik memang jauh lebih boros kalau dipakai agak kencang. Sama mobil pun bisa jadi lebih irit mobil LCGC.
SukaSuka
Ko bisa sancrit sih, saya ga paham maksudnyaaa. Soalnya kan kecepatan segitu gas udah melintir banyak.
Atau maksudnya speed 80 km/j konstan di gigi 6 gitu? Jadi ringan-ringan aja. Soalnya ada teman grup GSX R150 dia coba keiritan gsx dengan trik menyegerakan ke gigi 6 bisa dapat 55 km/l lebih. Maaf ga bisa kasih pic, pokoknya ada di grup FB GSX yg saya join.
SukaSuka
Dari rpm. kalau motor sport bisa rpm rendah (karena pakai gigi tinggi), sementara matik terpaksa harus rpm tinggi. semprotan tiap ledakan sangat menentukan.
Dibilang GSX bisa 55km/liter percaya. Lha wong ayla saja bisa 45km/liter kalau slip streaming :). Cuma resikonya mesin ngelitik. Untuk bisa jalan rpm rendah kondisi mesin atau bensin harus prima. atau pakai booster.
SukaSuka
Mesin ngelitik itu gimana maksudnya min?
SukaSuka
Ngelitik yang saya maksud yang di rpm rendah, yang disebabkan oleh pembakaran kurang kuat, busi sering gagal nyala. Bukan yang di rpm tinggi, yang disebabkan bensinnya kebakar duluan.
Kalau di motor matiknya honda, biasanya ditandai mesin kemlothok saat idle. Penyebabnya bisa karena oktan kurang atau ketinggian. Juga bisa karena busi terlalu dingin. Bisa juga karena udara terlalu plong (filter racing / knalpot racing). Solusi yang efektif itu yang mengurangi udara misalnya turbo cyclone atau memperkecil pipa intake. Bisa pakai busi kaki tiga. Atau membuat bensin lebih mudah terbakar. Modif macam pro capacitor terasa banget bila di rpm rendah.
SukaSuka
Busi kaki 3 itu yg bagaimana? Merk, bentuk & gambarnya bisa ditunjukkan?
SukaSuka
Ga sampe seperempat putaran gas di gear 6 kec 80kpj,
Kalo pake beat sudah diatas 2/3 putaran
SukaSuka
Memang ane akui motor cc kecil justru klo dipake riding “normal” sehari2 (pulang pergi kantor) malah relatif lebih boros BBM, seperti Jupiter Z 5TP 110 ane, hitungannya jadi sekitar 35-40 Km/Liter doang dg BBM Premium, memang cukup susah mengkondisikan supaya bisa hemat BBM, apalagi bobot ane 75 Kg, mesin cc cuma segitu tentu “selalu dipaksa bermain RPM yg lebih tinggi” demi mengimbangi beban yg dihela.
SukaSuka
Iya, membatasi rpm itu yang penting kalau mau irit. Kadang harus di modif dulu baru enak pakainya.
SukaSuka
om mau tanya motorq verza, kl pagi baru distart rpm idle kayak det,,det,,det gk stabil,,tp kl rpm dinaikin gk gitu,,kl dah anget kira2 10 detik det2 ilang lancar,,
bbm pertamax,knalpot racing,busi CR9EA9(milik vario),,ori verza CR8EA9.
SukaSuka
Mungkin karena businya terlalu dingin. Coba dilihat apa logamnya busi warnanya hitam. Untuk cek knocking, coba cek apa ada bintik bintik.
SukaSuka
kepala busi kering tidak hitam,,dioda agak kemerahan kayak tembaga,iya mngkin businya gk cocok,,ngadat kl waktu baru distart saja…kl sudah jalan normal,,mesin panas jg normal,,tarikan rpm smpai limiter jg gk ngadat kl jalan..
SukaSuka
pengaruh kompresi ya om..cr9 milik vario tidak cocok di verza karena kompresi vario lebih tinggi dari verza,,
SukaSuka
Iya, bisa jadi. Juga dari waktu pengapian.
SukaSuka
Iya, problem kalau busi terlalu dingin cuma terjadi waktu mesin dingin atau sedang di rpm rendah saja (kena macet). di rpm atas normal. Bila busi tidak hitam rasanya tidak masalah.
SukaSuka
saya ga tau kalo di motor soalnya gada RPM nya, tapi di matik mobil yg cvt bisa lebih irit dibanding manual maupun matik gear, contoh di kecepatan 100 kpj avanza butuh rpm 3500 konstan, livina kecepatan segitu awalnya 3000 lanjut turun rpm 2000an saat kecepatan konstan… kalo livina manual pasti rpm tetap
SukaSuka
Iya, kalau CVT di mobil canggih, rasio gigi diatur oleh komputer. Sehingga kalau overdrive nggak dimatikan maka rpm akan terjaga dibawah 2000. Mode juga bisa diatur. Yang matik biasa cuma bisa pakai main gigi. Tapi semua sama, kalau gas injak sampai mentok maka rpm akan bisa tinggi, tenaga keluar
SukaSuka
Busi kaki 3 itu yg bagaimana? Merk, bentuk & gambarnya bisa ditunjukkan?
SukaSuka
Gambar bisa dilihat di artikel berikut. merek terkenal juga buat.
Alasan mengapa busi kaki banyak bisa membantu mengurangi ndut ndutan motor manual
contoh

SukaSuka