Motor dengan ban becak kok bisa dianggap keren padahal sekarang jaman sepeda pancal lagi ngetren pakai ban gede


Analisa sekenanya:

Becak memang menjadi kendaraan yang sangat memasyarakat. Kendaraan ini bisa kita jumpai di mana mana. Sebagai kendaraan populer, banyak juga yang mencoba menggunakannya untuk menunjukkan kemampuan. Adu ketangkasan dengan becak sering ditunjukkan dengan mengendarai becak pakai dua roda:

Becak tapi bisa jadi roda dua.

Pemilik motor keren rupanya jadi terinspirasi. Mungkin karena nggak bisa punya becak maka motor mereka sendiri yang akhirnya dipasangi ban becak. Sama seperti orang yang suka motogp pasang stiker motogp, namun karena mereka nggak suka motogp dan lebih teraspirasi oleh becak maka mereka pilih modif ban ala becak. Seperti contohnya yang lagi ramai barusan, Ninja dan CBR250RR:

Penulis anggap modif ban becak sebagai suatu cara mereka untuk mengapresiasi atraksi becak roda dua, karena dari sisi keindahan penulis tidak melihat apa sih indahnya pasang ban becak di motor fairing. Kesannya sangat nggak matching.

Meniru modi luar negeri rasanya tidak. Di Indonesia, yang dipasangi ban becak itu biasanya motor fairing dan bukan motor naked atau retro. Sementara itu, modif luar negeri rasanya nggak umum untuk pasang ban cacing di motor fairing. Biasanya ada pun di motor garing drag atau motor kuno banget.

 

Di sisi sebaliknya, di sepeda pancal juga sekarang lagi model yang bannya besar.

Aneh juga karena yang punya motor cc besar malah maksa pakai ban kecil sementara sepeda yang harus dikayuh justru malah maksa pakai ban besar. Motor 250cc yang jadi ringkih dan sepeda pancal yang jadi gagah. Modifnya nanggung, mestinya biar lebih menjiwai, dikasih pedal juga. seperti berikut ini:

 

Sebelumnya penulis sempat menganggap pasang ban becak itu karena mencoba untuk memberi kesan seperti motor drag:
Iya deh ban cacing bikin motor kencang di drag racing, tapi kan di jalan masih butuh ngerem?

Tapi setelah penulis pikir pikir lagi, kok rasanya tidak. Karena kalau motor drag kan harusnya wheel base diperpanjang.

Sementara motor dengan modif ban becak tersebut seringnya justru dibuat lebih pendek jarak antara rodanya.

Mungkin mereka sangat terinspirasi dengan yang berikut:

Dengan ban kecil dan wheel base yang pendek maka motor akan jadi lebih mudah terguling.

Mungkin itu yang di cari ya? Cari sensasinya. Kalau sudah terguling atau nabrak pasti kan terkenal dan ramai dibicarakan kalau kebetulan pas lagi ada yang merekan.

Usaha pingin terkenal seperti itu memang hak semua orang. Tapi semoga jangan sampai mencelakakan yang lain.

Videonya:

Iklan

18 respons untuk ‘Motor dengan ban becak kok bisa dianggap keren padahal sekarang jaman sepeda pancal lagi ngetren pakai ban gede

  1. hal terbodoh yg saya lihat ya ini,,
    Ninja motor garang,gagah,,jadi kayak rongsokan,,,
    lihat tu cbrNya sudah kayak meneteskan air mata.

    Suka

  2. Percuma juga gan “dakwah” nya disini. Yang mampir kesini rata2 orang yang teredukasi dan mencari edukasi. Jadi nyari referensi nya kudu nanyain langsung ke lapangan kenapa selera mereka bisa se”keren” itu 🙂

    Suka

  3. kalau di daerah saya,rata2 terinspirasi dari motor drag race/street racing yg pakai ban kecil & velg jari u/ mengejar bobot seringan mungkin , di tambah adanya aliran modifikasi thailook style ( ciri khas ban super kecil 45/90-17 , velg jari2, knalpot kidal, full accesoris, warna blink blink, dsb ) yg lg ngetrend di kalangan abg.
    Atau mungkin si pemilik sengaja ganti velg agar motornya lebih kencang, tanpa melakukan modifikasi di sektor mesin. btw dulu pernah di bahas di slh satu blog otomotif bahwa pemakaian velg jari ( lebih ringan dari std ) pada ninja 2t dpt menaikan power -+ 3HP tanpa setting apapun.

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.