Balapan di lintasan oval ternyata motor dengan ban cacing bisa menang lawan motor fairing dan supermoto ban lebar


Sering diasumsikan bahwa kalau ban cacing itu bakal kalah kalau di tikungan. Video yang berikut ini bisa sebagai masukan karena ditunjukkan bagaimana motor dengan ban cacing bisa menang lawan motor fairing dan motor trail.

Pesertanya:
Suzuki AR600 oval speedway racer

Supermoto, mungkin Suzuki DR400:

Motor fairing, mungkin Suzuki GSXR1000:

Hasil bisa dilihat di video balapannya sebagai berikut:

Sudut pandang lain:

 

Balapan tersebut dijelaskan sebagai berikut:
Wantanabe to race speedway

Auto Race bikes have 600cc Suzuki-made AR600 ‘SEAR’ twin-cylinder engines with two-speed gearboxes, no rear suspension and no brakes. Racing takes place at six different circuits in Japan – all 500m ashpalt banked ovals. Bikes reach 90mph on the straights, 60mph in the corners and the races feature eight riders in six-lap races in a knock-out tournament format.

Dikatakan bahwa motor untuk Auto Race punya mesin 600cc buatan Suzuki yaitu AR600 SEAR (Super Engine Auto Race), dua silinder dengan di percepatan, tanpa suspensi dan tanpa rem. Balapan dilakukan di 6 sirkuit berbeda di Jepang, semua adalah lintasan aspal oval 500m. Motor bisa mencapai 150km/jam di lintasan lurus dan 90km/jam di tikungan. Tiap balapan diikuti oleh delapan peserta dengan finish setelah 6 putaran.

 

AR600:

 

Balapan sesama AR600:

Website resmi:
Japan Auto Race

Sifat balapan tersebut mirip dengan pacuan kuda dimana penonton bisa bertaruh. Bila kemampuan pembalap tidak sama, maka yang kencang di taruh di urutan start belakang.

Oleh karena itu urutan start yang model berikut ini menunjukkan keunggulan lap time dari motor AR600. Lomba ini dilakukan 8 lap:

Di lap pertama motor AE600 dengan ban cacing masih berada di urutan belakang.

Di lap kedua sudah bisa menyalip kedua supermoto:

Di lap kedua tersebut terlihat ban belakang sempat selip:

Setelah lap keempat sudah bisa jejer motor fairing dan mencoba menyalip:

Di lap kelima sempat di depan namun karena ban selip maka kena salip lagi:

Di lap ketujuh akhirnya bisa di depan lagi.

 

Balapan tersebut menunjukkan bagaimana motor dengan ban cacing bisa menang di tikungan, di lintasan yang isinya cuma tikungan ke kiri saja. Namun ada beberapa catatan:

  • Motor ban cacing sempat selip dua kali.
  • Motor fairing dan supermoto tidak pernah selip
  • balapan ini nggak butuh ngerem ekstrem

 

Dari sisi nekatnya, motor ini nekat banget. Kalau modif Indonesia masih menyisakan rem, maka motor ini nggak pakai rem sama sekali. Sepertinya hanya mengandalkan engine brake. Suspensi juga nggak ada.

Mungkin AR600 ini dewanya motor modif kali ya?

Yang jelas, beberapa kali selip itu menunjukkan bahaya dari motor ini. Jelas cuma cocok untuk ya pro dan nggak cocok untuk pemula ataupun yang amatir. Jelas nggak aman dipakai di jalan baik untuk diri sendiri ataupun orang lain.

Iklan

5 thoughts on “Balapan di lintasan oval ternyata motor dengan ban cacing bisa menang lawan motor fairing dan supermoto ban lebar

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s