Zhongshen akan buat mesin 650cc twin supercharger untuk Norton Motorcycle, bakal ada mocin yang pakai supercharger


Ini agak ketinggalan berita, tapi beritanya menarik. Sebelumnya penulis pernah membahas bagaimana pabrik motor di Cina, Loncin, bisa menjalin kerjasama dengan BMW untuk membuat mesin dengan kualitas Eropa.
Motor 350, 650 dan 800cc BMW yang dibuat di Cina oleh Loncin tetap dijamin kw1, dan soal pabrik BMW di Indonesia

Ternyata ada lagi pabrik cina lain yang berhasil melakukan kerjasama dengan pabrik Eropa yaitu Zongshen, yang nantinya akan membuatkan mesin untuk Norton Motorcycles.

Yang menarik, motor Norton ini mestinya adalah motor dengan supercharger. Berikut beritanya:
Norton Motorcycles join forces with Chinese manufacturer Zhongshen

Norton Motorcycles has announced an agreement to manufacture a new 650 cc engine for Chinese motorcycle manufacturer Zongshen. The engine will be made under a ‘Design and Licence’ agreement signed with Zongshen that will allow the Chinese manufacturer to produce and use the engines in its motorcycles. The agreement is for a period of 20 years and the new engine will be exclusively for Zongshen and is expected to be built under the ‘Zongshen’ or ‘Cyclone’ brands.

Dikatakan bahwa Norton Motorcycles telah mencapai kesepakatan dengan pabrik motor di Cina Zongshen untuk membuat mesin 650cc. Kesepakatan tersebut juga membolehkan Zongshen untuk membuat dan menggunakan mesin untuk produk Zongshen. Kesepakatan berlaku hingga 20 tahun dan mesin baru tersebut akan sepenuhnya jadi milik Zongshen. Mesin sepertinya akan dipergunakan di motor merek Zongshen atau Cyclone.

 

Sementara itu mesin 650cc Norton beritanya sebagai berikut:
Norton Developing Supercharged 650 Twin!

Norton’s Executive Director and Head of Design Simon Skinner has hinted the iconic British marque is working on supercharging it’s yet-to-be-released 650 parallel-twin.

“Supercharging the 650cc parallel-twin spinoff from the 1200 V4 is much more interesting, and rational, and we’re working on that right now. A bike weighing 150kg (330lb) with 170bhp from a supercharged 650 twin would go like stink as well as being environmentally friendly, and better on fuel and emissions. I do think such a bike is missing in the marketplace – people want sportbikes, but fewer of them all the time want 440lb 200bhp things. Supercharging is widely misunderstood – people think it’s all about horsepower, but it’s not. It’s about torque, about acceleration, about thrilling performance.

“The biggest thing to my mind with our 650 twin will be throttle response. I want a bike that’s really light and really small, that can ride around the outside of everything on a track day and then clear off down the straights as well. We need something that operates really well on the edge of the tire and with a small throttle input, and we’ve worked so hard on our TT race bike to get that control that we’re looking forward to feeding this development back into the new 1200 V4 and 650 twin customer projects as well.”

“Anyway, on a 650 twin you don’t want a bulky installation, so supercharging comes out on top every time, but there will be a non-supercharged 650, too, of course. Back in the 1960s the 650 Norton Dominator was the bike that essentially invented today’s sportbike class, before Triumph ever came along with the Bonneville. So let’s do it again with a normally aspirated bike weighing 140kg with 100 bhp and superb handling that can go cross country faster than any 1000cc Japanese Superbike or BMW. 650 twin motor will have loads of different applications in normally aspirated form, such as a café racer, an urban Naked, a streetfighter, a sports tourer or a street scrambler. ”

Kepala desain Norton, Simon Skinner, menyebutkan kemungkinan pabrik legendaris Norton bakal memproduksi motor paralel twin dengan supercharger.

Membuat versi 650cc paralel twin supercharging jauh lebih menarik dan masuk akal daripada 1200 V4 (rencana motor Norton yang lain), dan mereka sedang mengerjakannya. Motor bakal punya berat 150kg dengan tenaga 170bhp yang bisa jalan kencang dan juga ramah lingkungan, bisa lebih baik di bensin dan emisinya. Ia berpikir bahwa mtor seperti itu masih tidak ada di pasaran. Orang ingin sportbike tapi sedikit yang ingin motor dengan berat 200kg dan tenaga 200hp. Banyak yang salah paham tentang super charging, orang berpikir itu ngejar hp. Tapi tidak, itu lebih ke akselerasi dan performa menggetarkan.

Yang sangat jadi perhatian utama bagi mereka untuk mesin 650 twin adalah throttle response. Ia ingin motor yang ringan dan kecil, yang bisa jalan di semua kondisi jalan namun juga kencang di lintasan lurus. Ia ingin motor yang bisa enak dipakai mendekati limit ban dengan masukan gas tidak banyak. Mereka sudah bekerja keras untuk mengembangkan motor TT Race bike (mungkin untuk isle of man) agar bisa melakukan itu dan akan diimplementasikan di pengembangan mesin 1200 V4 dan 650 twin.

Di 650 twin ia tidak ingin mesin yang besar, sehingga supercharger jadi solusi terbaik, namun akan ada versi yang tanpa supercharger juga. Di tahun 1960 an, 650 Norton Dominator menjadi motor yang mengawali kelas superbike sekarang sebelum Triumph mengeluarkan Bonneville. Jadi mereka akan buat lagi motor dengan normally aspirated (tanpa supercharger) berat 140 kg tenaga 100hp dengan handling enak yang bisa cross country lebih cepat dari motor 1000cc buatan jepang atau BMW.

Mesin 650 twin Normally Aspirated akan bisa dipergunakan untuk bermacam tipe seperti misalnya café racer, urban Naked, streetfighter, sports tourer atau street scrambler.

 

Dari sisi performa, versi yang normally aspirated pun sudah luar biasa. Tenaga 100 hp dengan berat 140 kg itu sangat kompetitif dibanding yang lain. Sebagai perbandingan, motor naked Kawasaki Z650 itu punya tenaga 68ps, berat 187kg. Jauh meninggalkan BMW G 650 X yang 53hp berat 159kg.

Kalau Zongshen beneran bisa mengeluarkan motor dengan mesinnya norton, maka akan bisa jadi motor cina yang performanya paling ok di kelas 650cc.

Iklan

6 thoughts on “Zhongshen akan buat mesin 650cc twin supercharger untuk Norton Motorcycle, bakal ada mocin yang pakai supercharger

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s