Gila banget motor BMW HP4 Race itu harus ganti mesin setiap 5000km, yang ganti mesinnya lho bukan olinya


Penulis kaget juga setelah membaca berita di asphaltandrubber. Dikatakan bahwa di petunjuknya, mesin harus diganti setiap 5000km.

Berikut beritanya:
BMW HP4 Race Engine Life Set at 5,000km

According to documents sent to BMW Motorrad dealers in the United States, the 212hp inline-four engine for the BMW HP4 Race comes with an expiration point of 5,000km (roughly 3,100 miles), at which point the entire engine will have to be replaced. Of course, this news will only affect a limited number of motorcyclists in the United States, roughly 80 in fact, if BMW’s estimates are accurate. It is unlikely that any of these restrictions will sway interested purchasers though.

Dikatakan bahwa menurut dokumen yang dikirim ke dealer BMW Motorrad di Amerika, mesin BMW HP4 punya masa pakai 5 ribu km. Dimana saat itu mesin harus diganti. Kira kira ada 80 pemilik motor BMW HP4 Race di Amerika. Faktor ini katanya tidak akan mengurangi minta pembeli untuk memiliki motor BMW HP4.

Padahal motor ini harganya $78,000. Gitu mesin cuma bisa awet 5000km. Dibandingkan dengan motor harian, yang garansinya bisa 3 tahun atau 30 ribu km. Kalau di motor biasa, 5000km itu periode ganti oli.

Hebat atau gila ya?

Spesifikasi dari motor BMW HP4 Race bisa dilihat di artikel berikut:

Iklan

13 thoughts on “Gila banget motor BMW HP4 Race itu harus ganti mesin setiap 5000km, yang ganti mesinnya lho bukan olinya

  1. Kira2 apa ya sebabnya koq bisa gt..?
    Brati ini bnr2 motor simpanan gk bsa d pakai trus mnerus soalnya bkal bolak balik ganti mesin. Haha..

    Suka

    • Iya aneh juga. Mungkin karena dari awal desain sengaja ngejar tenaga dan tidak begitu mementingkan keawetan. Jadi umur nggak beda jauh dengan motor prototipe seperti misalnya motogp:
      How many kilometers does the motogp engine last?

      In one season, riders usually complete ~10,000 kilometers (6,200 miles) so the maths tells us that it’s around 1,450 kilometers (900 miles) per engine. In fact, with seven engines, I assume they will not exceed 2,000 kilometers (1,200 miles).

      But sometimes it fails with less kilometers than that, take those (recents) examples: Jorge Lorenzo in Mugello 2016, it was a relatively new engine, first introduced at Jerez, with twelve sessions of practice and two races on it. Valentino Rossi in Mugello 2016, the engine who blowed up had around 500 kilometers (310 miles).

      Suka

  2. Masya Allah..motornya orang2b duit tinggal gunting sendiri inih, boro2 beli motor kaya gitu…ane aja ganti oli, sisanya oli dikumpulin, oli bekasnya dijual ke bengkel gocengan…wkkkk
    Tapi kalo dapet rejeki, boleh ni beli motor kek gini wehehehe

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s