Moladin punya potensial untuk jadi portal komunitas motor Indonesia namun ada beberapa kelemahan


Beberapa blogger menyebut Moladin sebagai aplikasi yang wajib dimilik oleh biker. Karena penasaran, penulis mencoba mencari tahu bagaimana aplikasi moladin tersebut. Karena pakai hp susah ambil gambar, penulis menggunakan moladin dari web browser.

Saat masuk pertama, kita disambut dengan gambar berikut ini:

Dikatakan “Mengabulkan kebutuhan motormu”. Slogan ini menarik karena menunjukkan fokusnya terutama di sisi support untuk motor.

Setelah layar pembuka, kita akan menjumpai layar berikut:

Untuk bisa memanfaatkan moladin secara maksimal maka kita perlu registrasi dan login. Sayangnya saat penulis mencoba registrasi tidak bisa, muncul pesan error berikut:

Oleh karena tidak bisa login, penulis hanya bisa mereview sebagai guest saja.

 

Moladin diperkenalkan sebagai berikut:
Moladin – tentang kami

Kami hadir untuk menjadi satu-satunya platform andalan para riders dalam mencari informasi seputar motor dan memenuhi segala kebutuhan bermotornya. Berkerja sama dengan klub dan komunitas motor di Indonesia untuk membuat informasi mengenai dunia motor lebih terorganisir dan lebih mudah diakses.

Keunggulan Moladin dikatakan sebagai berikut.

1. Eksis di Dunia Online

Karena hanya Moladin satu-satunya platform yang dikenal untuk menjaring para klub/komunitas motor di Indonesia, maka klub/komunitas kamu akan mudah dilacak dan dikenal oleh riders di seluruh Indonesia. Let’s be part of the “cool kids”!

2. Mudah Ditemukan Calon Anggota Baru

Riders yang ingin bergabung dalam sebuah klub motor pastinya akan lebih mudah mencari di platform khusus dunia motor, dibandingkan melalui Facebook.
Mereka hanya perlu memilih tipe motor dan lokasi, lalu klubmu pasti akan muncul!

3. Mempermudah Pengurusan Klub

  • Agenda klub: Rencana kegiatan & acara klub bisa dibuat dengan informasi yang jelas dan terjadwal dengan baik
  • Sistem Absensi: Cek keaktifan member
  • Chatting (akan datang): Diskusi dan ngobrol santai dengan sesama member dalam online forum seperti Whatsapp

4. Kumpulkan Poinnya, Tukarkan Hadiahnya!

Semakin aktif kegiatan klub-mu, semakin banyak poin yang terkumpul!
Tukarkan poinnya dengan rewards untuk main futsal gratis, dapat diskon servis, dan karaoke bersama klub-mu.

Komunitas disini sepertinya untuk klub. Dimana member dari moladin bisa membuat klub di moladin atau bergabung dengan yang sudah ada. Poin atau gold akan diberikan di setiap acara klub. Setiap acara klub yang sudah diverifikasi oleh admin moladin akan mendapatkan poin. Poin yang terkumpul bisa ditukarkan dengan reward.

Contoh reward bisa dilihat di link berikut:
Moladin – Rewards

Reward ada yang berupa photo booth, paket nasi kotak, nasi tumpeng, pembuatan stiker untuk klub, dan pembuatan banner. Di situ juga ada sponsor satu juta rupiah untuk vila di puncak.

Contoh kegiatan yang bisa mendapatkan poin:

Contoh pemakaian reward dan kegiatan bisa dilihat di galeri:
Moladin – Gallery

Namun sayangnya reward tersebut sepertinya cuma berlaku untuk kawasan jakarta, bogor, depok, tangerang dan bekasi saja.

 

Fitur untuk tanya jawab disediakan di forum. Member bisa membuat pertanyaan yang nantinya akan bisa dijawab oleh yang lain. Member juga bisa menjawab. Ada fitur up vote untuk membuat jawaban yang baik dapat prioritas. Mungkin perlu juga diberikan fitur untuk down vote biar jawaban ngawur disembunyikan.

Semua pertanyaan muncul di layar. Ada filter untuk memilih motor atau kategori pertanyaan. Namun penulis bingung juga untuk mengaktifkan filter, karena tidak ada tombol ok nya:

Karena tampilan didepan semua, bisa dibilang jadi mirip facebook. Bisa agak susah juga kalau tertariknya cuma di topik tertentu. Untuk mengikuti topik yang diinginkan nggak bisa kalau bukan member. Harus login dulu.

 

Kekurangan dari forum yang menurut penulis cukup penting adalah tidak adanya fitur untuk menyertakan gambar. Gambar kadang perlu untuk menjelaskan masalah atau menjawab masalah. Mungkin masih belum.

Bentuk forum yang tanya jawab seperti itu juga membuat agak susah untuk yang joinnya tujuannya untuk sharing informasi atau cari informasi, untuk dagang atau beli, untuk cari hiburan atau jadi pelawak.

Ada yang bilang moladin bisa untuk cari berita, namun penulis tidak menemukan di bagian mana ada tempat untuk berita. Ada event tapi isinya masih kosong.

 

Sharing informasi, contohnya kalau mau jemur link artikel di website kita, nggak bisa karena forum cuma disediakan untuk bertanya.

Sharing ilmu pun sepertinya susah kalau dilakukan di forum. Karena yang namanya expert itu biasanya spesialisasi nya tersendiri. Expert di satu bidang belum tentu expert bidang lainnya. Karena kalau sharingnya kontroversial misalnya ngeklaim bahwa minyak goreng bisa bikin mesin makin halus atau bahan PAO film strengthnya payah maka bisa bisa dibully sama yang kepala klub, kepala mekanik, pemilik toko otomotif, member yang kebetulan sales, dll. Sama admin pun bisa dianggap hoax.

Sharing informasi seperti itu seharusnya ada verifikasi. Jadi member yang sudah mencoba sendiri mendapat prioritas. Member yang nggak pernah coba nggak perlu digubris walau membernya orang bengkel atau sales.

Sharing informasi juga perlu diberi tempat sendiri sehingga semua orang (nggak cuma member) bisa akses dengan mudah. Informasi juga perlu dibedakan antara yang misalnya tentang tips, trik, teknologi masa depan, bocoran, safety, dll.

 

Informasi yang tersedia sementara yang ada adalah informasi bengkel. Lumayan sudah ada tempat isian review. Jadi bila ada bengkel yang jelek, membernya bisa ngomong. Jangan dikasih vote karena bengkel bisa saja bayar member untuk up vote. Pemilik bengkel juga harus bisa ngomong atau mendaftarkan bengkelnya sendiri juga. Biar kalau di jelek jelekkan bisa mengklarifikasi.

 

Untuk jual dan beli part sepertinya masih belum karena nunggu ada pegawainya. Penulis kebetulan menemukan ada lowongan di Moladin yang tugasnya untuk entri data part:
PT Moladin Digital Indonesia

Moladin adalah perusahaan start-up yang bergerak di bidang motor. Tim kami sedang mengembangkan sebuah website dan aplikasi untuk para pengguna motor se-Indonesia. Kami mau mengabulkan kebutuhan bermotor dengan membuat marketplace dan directory bengkel. Ayo bergabung dengan kami dan menjadi salah satu pelopor Moladin.com!

Moladin sedang membangun sebuah database untuk seluruh motor dan produk motor (sparepart , apparel , produk perwatan dll) yang ada di Indonesia.

Pekerjaan yang akan dilakukan sehari-hari adalah untuk meng-input data tersebut ke sistem kami. Anda akan diberikan menjadi spesialis beberapa kategori produk motor (contoh : velg , aki , busi ). Untuk setiap produk, anda harus meng-input:

  • Foto
  • Spesifikasi
  • Deskripsi
  • Pelapak yang menjualnya

Skill yang diperlukan:

  • Minimum diploma
  • Sangat nyaman dengan komputer (99% dari waktu anda akan menggunakan komputer)
  • Photoshop / Corel  atau dasarnya software edit gambar
  • Mengerti sekali barang2 motor. Beberapa contoh (masih bnyk lagi) :
  • Jenis shock absorber
  • Merek2 filter udara
  • Tipe2 busi
  • Ukuran rantai
  • Bedaya ban ukuran 130/70 dan 90/80
  • Velg ini bisa dipakai di motor CBR250RR ? 
  • Bedanya helm full-face , half-face , modular , cross

 

Jadi sepertinya bakal ada database yang bisa membantu orang cari spare part. Namun entah apakah ini juga termasuk spare part yang tersedia di toko lokal atau cuma yang dijual oleh member moladin saja. Kalau part cuma dari member moladin jadi seperti yang di bukalapak atau tokopedia. Moga moga klasifikasi bisa lebih baik dari yang toko online selama ini. Di toko online susah cari barang kalau nggak lewat google.

Bagus juga bila part yang bisa dicari bukan hanya tersedia saja tapi yang ada di katalog. Jadi misalnya ada yang cari partnya Honda atau Yamaha pingin lihat harga bisa mudah dapat informasinya. Nggak perlu tanya tanya ke forum. Setahu penulis informasi part untuk pabrikan sekarang ini lagi down. Katalog harga juga sepertinya tidak lagi di share.

Bagus juga bila member diundang untuk review terhadap barang / part yang baru.

 

Kalau yang butuhnya untuk cari hiburan atau ndagel jadi pelawak sepertinya bisa tersalurkan melalui fitur chat. Penulis tidak login jadi tidak tahu apakah fitur chat itu bisa dibagi tiap topik, tiap klub atau berlaku umum. Tapi jelas mau ndagel di forumnya Moladin tidak akan maksimal, karena nggak ada fitur untuk menyertakan gambar.

 

Moladin sepertinya memang cocok untuk yang ingin tanya tanya. Lebih bagus lagi bila Moladin juga punya ahli yang bisa menjawab pertanyaan dengan lebih detil dan akurat. Jadi tidak mengandalkan jawaban dari member lain saja.

Aplikasi Moladin bisa didownload lewat link berikut:
Aplikasi Moladin untuk Android di Google play

 

Saat penulis mencoba, akses ke moladin ini kadang cepat kadang harus menunggu lama, bisa puluhan detik. Mungkin software atau server perlu diupdate agar bisa menangani pengguna lebih banyak.

Iklan

5 thoughts on “Moladin punya potensial untuk jadi portal komunitas motor Indonesia namun ada beberapa kelemahan

    • Iya. Pengalamannya nggak enak. Banyak yang merasa ahli padahal bukan bidangnya. Parahnya juga mereka belum pernah coba sendiri. Yang open source (cemenite) pun banyak yang asal ngomong tanpa mencoba sendiri. Cari tempat share juga susah. Di forum Indonesia susah cari tempat. Sama moderator sering diarahkan ke klenik, sementara di bagian klenik juga ditendang karena memang bukan alat klenik.

      Untungnya sekarang sudah banyak yang coba dan komentarnya pada positif :).

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s