Sering jatuhnya Marc Marquez di latihan motogp itu bukti tidak jago atau itu justru yang bikin jago? dapat pujian dari Crutchlow


Penulis tertarik juga baca berita berikut:
FP2 MotoGP Silverstone Inggris: Crutchlow Tercepat disusul Rossi dan Vinales. Marquez Jatuh Dua Kali

MotoGP Silverstone: Crutchlow fastest as Marquez crashes twice

Rasanya kok termasuk sering juga Marquez jatuh saat latihan. Contoh lain:
Tak khawatir kembali terjatuh, Marquez mengincar podium

Setelah tampil baik dalam tiga sesi latihan awal, Marquez menghadapi rintangan berat di MotoGP Catalunya setelah empat kali terjatuh sepanjang sesi Sabtu ini. Ia satu kali terjatuh di FP3 dan FP4 dan dua kali pada sesi Q2.

Di Catalunya, Marc Marquez finish urutan ke dua. Jadi walau Marquez jatuh itu sepertinya tidak banyak mempengaruhi performanya.

Crutchlow juga memuji ketangguhan Marquez:
Marquez “angry with myself” for Silverstone practice crash

Having observed Marquez’s crash, Crutchlow quipped: “If that was anyone else he’d have two broken legs and a dislocated shoulder! I have no idea how he gets away with it. “And then, to top it off again, the bike nearly hit him and he still managed to miss it whereas somebody else would be cleaned up. It shows true credit to how fast he is and also how tough he is when he can… how tough he is to get back up and start going fast immediately, which he was.”

Sempat melihat jatuhnya Marquez, Crutchlow berkomentar bahwa jika itu orang lain maka orang itu bakal sudah patah kedua kakinya dan bahunya geser. Ia tidak habis pikir bagaimana Marquez bisa lolos. Dan lebih hebatnya lagi, motor hampir menabraknya dan Marques bisa nggak kena, bila itu orang lain pasti sudah habis. Itu menunjukkan betapa cepatnya Marquez dan betapa tangguhnya Marquez saat ia bisa cepat. Sangat tangguh karena marquez bisa kembali bangkit dan bisa langsung cepat lagi.

Marques bilang bahwa kecelakaan di Silverstone adalah kesalahannya:

“The second crash I can understand because I was pushing, and can be normal, but the first one, I needed to take care on the cold tyres, because maybe I had extra confidence, I felt good when I went out of the box. It was my mistake because I didn’t consider we were at Silverstone with the hard rear tyre, it was sunny but not warm like other races.”

Di kecelakaan kedua Marquez anggap biasa karena saat itu ia terlalu memaksakan. Yang pertama itu beda. Ia sebenarnya harus memperhatikan ban yang masih dingin, namun karena ia terlalu percaya diri, ia merasa enak saat baru keluar garasi. Itu menjadi kesalahannya karena ia tidak mempertimbangkan bahwa di Silverstone timnya pakai ban belakang keras, walau cerah, tapi tidak hangat seperti halnya balapan yang lain.

 

Kecelakaan yang pertama terjadi karena Marquez salah perkiraan. Sementara itu yang perlu diperhatikan adalah yang kedua. Di sebut normal oleh Marquez. Bukankah ini berarti bagi Marquez memaksakan kencang hingga motor sampai jatuh adalah normal bagi Marquez?

Menurut penulis rasanya mengendarai motor hingga limit pada saat latihan inilah yang menjadi kunci Marquez menjadi pengendara yang cepat. Ia tidak takut jatuh. Ia tahu cara aman untuk jatuh. Setelah jatuh ia bisa segera pulih lagi. Ia jadi tahu limit kemampuan motor lebih baik, walau ada resiko jatuh. Hasilnya pada saat lomba ia jadi bisa mengendarai mendekati limit lebih baik dari pengendara lain.

Penulis tidak tahu apa ada pengendara lain yang pakai cara jatuh bangun seperti Marquez. Salut.

4 respons untuk ‘Sering jatuhnya Marc Marquez di latihan motogp itu bukti tidak jago atau itu justru yang bikin jago? dapat pujian dari Crutchlow

  1. setuju, typikal marq memang gt, di beberapa latihan sering banget jatuh untuk nge push motor sampe limit. supaya tau dmn titik batas kemampuanya.

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.