Motor BMW R Nine T keluaran 2014 sampai 2017 di recall karena baut salah penampang tapi solusinya unik pakai di lem


Soal recall untuk BMW R Nine T ini sudah diposting oleh beberapa blog Indonesia. Cuma penulis jadi tertarik bahas juga karena nemu kata kata di lem di solusinya. Penulis tidak menyangka karena ternyata pasang baut juga pakai akal akalan di lem ya.

Den Dimas naik R Nine T

Katanya yang kena recall ini semua motor BMW R Nine T

Keterangan selanjutnya:
August 14, 2017 NHTSA CAMPAIGN NUMBER: 17V502000, Right-Side Swingarm Pivot Pin Bolts May Loosen

Dikatakan bahwa karena kesalahan proses produksi supplier, satu atau lebih baut yang menghubungkan pusat lengan ayun ke rangka bisa lepas karena chamfer dari baut nggak sesuai spesifikasi. Ketidak sesuaian dengan spesifikasi membuat baut tidak bisa menempel sempurna pada saat dipasang.

Komponen yang di recall tidak ada chamfernya. Kalau rumah bautnya butuh chamfer maka artinya baut bakal terpasang tidak sempurna. Resikonya adalah bila kendor maka motor jadi terganggu kendali dan kestabilannya dan meningkatkan kemungkinan celaka.

Ada sekitar 3.368 motor yang terkena imbasnya.

Ceritanya:

Pada April 2016 BMW pertama tahu masalah ini karena ada kecelakaan (tanpa terluka) di Turki yang melihatkan motor BMR R Nine T keluaran Januari 2015. Kemudian dilakukan pengawasan lebih lanjut dan ditemukan bahwa antara Mei dan Nopember 2016 ada 3 konsumen di luar Amerika yang komplin soal handling yang bermasalah dan baut pivot yang kendor. Lalu ada kompling berikutnya di April 2017 dan Juni 2017 laporan dari 2 konsumen di luar Amerika untuk masalah yang sama.

Dari situ dilakukan penyelidikan. Ditemukan bahwa tiap motor berbeda beda kendornya. Lalu ditemukan pula bahwa supplier membuat baut tidak sesuai spesifikasi. Yang dari supplier nggak pakai chamfer. Karena nggak pakai chamfer, maka baut tidak bisa dipasang dengan sempurna.

 

Yang unik adalah solusi juga melibatkan lem.

Remedy: BMW will notify owners, and dealers will remove the pivot pin bolts, clean, and re-install them with the proper torque after applying a thread locking adhesive, free of charge.

Solusinya dikatakan bahwa BMW akan memberitahukan konsumen, dan dealer akan melepas baut, membersihkan dan kemudian memasang kembali dengan juga menambahkan lem. Dikatakan bebas biaya.

 

Gratis. Tapi sepertinya kalau tidak terdaftar servis di bengkel resmi (katanya daftar servis resmi butuh biaya 100 juta), maka mungkin lebih murah bila di lepas dan pasang sendiri lalu diberi alteco.

Terus terang penulis tidak menyangka solusinya pakai lem.

Sumber pertama :
Recall: BMW R nineT

6 respons untuk ‘Motor BMW R Nine T keluaran 2014 sampai 2017 di recall karena baut salah penampang tapi solusinya unik pakai di lem

  1. Bukan lem kayak gitu

    Tau kan lem ijo2 yang dibaut kaliper cakram (pas dibuka)
    Nah kayak itu kira2

    Intinya lem yang bikin baut jadi seret buat diputar
    Kalo alteco terlalu keras mudah pecah

    Suka

  2. “Gratis. Tapi sepertinya kalau tidak terdaftar servis di bengkel resmi (katanya daftar servis resmi butuh biaya 100 juta), ….” Ada sumbernya min? Penasaran napa bisa mahal gitu …

    Suka

    • Ternyata info itu untuk yang importir umum:
      SERVICE INCLUSIVE UNTUK PEMILIK BMW MOTORRAD

      Tabel pendaftaran BMW Motorrad

      Masa pembellan BMW Motorrrad

      Sumber

      Masa pendaltaran

      Setelah masa pendaltaran

      01-01·2016 sd 31-03-2016

      01-04·2016 ke atas

      Di bawah tahun 2013

      Importir Umum

      Gratis

      Rp5 juta biaya pendaftaran

      Tahun 2013 sd 2015

      L

      Importir resmi sebelumnya & beserta dilernya

      Gratis

      Importir umum

      Gratis jika dapat menunjukkan invoice asli pembelian BMW Motorrad dari diler resmi negara

      asal

      Rp5 juta jika dapat menunjukkan invoice asli pembelian BMW Motorrad dari diler resmi negara asal

      Biaya pendaftaran Rp5 juta, jika tanpa invoice asli pembelian BMW Motorrad dari diler resmi negara

      asal

      Rp10 juta jika tidak dapat menunjukkan invoice asli pembelian BMW Motorrad dari diler resmi negara asalItanpa invoice resmi

      Tahun 2016 & ke atas

      MaxindoMota

      Gratis

      Importir umum

      Rp100,000,000 & dst

      Pengunjung dari luar negeri atau penduduk WNA yang sementara

      tinggal di Indonesia

      Gratis apabila menunjukkan buku service atau surat resmi dari diler Negara asal. Jika tidak ada, akan dikenakan biaya pendaftaran Rp10 juta

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.