Mengapa kita harus waspada dan apa saja yang bisa menyebabkan fuel dilution dari katanya pabrik oli


Sudah banyak artikel yang membahas soal fuel dilution. Bahasannya lumayan lengkap juga. Namun sayang banyak yang tidak menyebut sumber. Oleh karena itu penulis mencoba mencari referensi dari yang jelas sumbernya. Penulis ambil sumber dari lab uji oli dan pabrik oli Total, Castrol dan Exxon Mobil.

Fuel dilution adalah saat oli mesin kecampuran bahan bakar. Dari informasinya, banyak yang bisa menyebabkan fuel dilution, tapi nggak ada yang menyebut oli mesin sebagai penyebabnya. Oli mesin itu justru yang jadi korban fuel dilution sehingga menyebabkan masalah.

Oh iya, gambar diatas itu tidak berlaku untuk motor dan hanya berlaku untuk mobil diesel yang dilengkapi dengan diesel particulate filter. Keterangan lebih lanjut bisa dibaca di:
Untuk mengurangi polusi mesin diesel modern butuh solar dan oli mesin lebih bagus tapi efeknya bakalan memperparah fuel dilution

Informasi informasi berikut menjelaskan fuel dilution yang disebabkan oleh masalah mesin. Namun sebenarnya bila dipikir pikir, fuel dilution itu adalah sesuatu yang wajar. Ini karena hasil pembakaran selalu ada saja yang bocor ke ruang oli mesin. Katup PCV itu disediakan untuk bisa melepaskan tekanan yang terjadi akibat ledakan pembakaran yang bocor ke mesin. Karena pembakaran tidak selalu terjadi sempurna, maka bensin yang tidak terbakar jadi mengotori oli mesin.

Ini sudah pernah penulis bahas sebelumnya.
Ini penjelasan mengapa kualitas pembakaran atau bahan bakar bisa mempengaruhi masa pakai oli mesin

 

Berikut menurut sebuah pabrik mesin berat tentang hubungan pemakaian dan fuel dilution
CAT – Determining the Cause of Fuel Dilution of Engine Oil{1251, 1290}

Engines that function properly can exhibit excessive fuel dilution from idling for long periods at a time. Under high loads and the resulting in high temperatures from the crankcase, some fuel is removed from the engine oil by the distillation. Less fuel dilution occurs while the engine is under heavy load. More fuel dilution occurs while the engine is under light loads. Fuel dilution may increase during periods of cold weather. Engines that run cold due to leaking thermostats may also exhibit an increase in fuel dilution.

Dikatakan bahwa mesin yang nggak bermasalah pun dapat menghasilkan fuel dilution yang berlebihan ketika dibiarkan idle secara berkepanjangan. Pada situasi beban berat, tingginya temperatur pada crankcase menyebabkan sebagian bahan bakar akan hilang dari oli mesin karena proses penguapan. Fuel dilution justru terjadi lebih sedikit pada saat mesin bekerja dengan beban berat. Fuel dilution terjadi lebih parah pada saat mesin bekerja dengan beban ringan. Fuel dilution juga meningkat pada cuaca dingin. Mesin yang jalan dingin karena thermostat bocor juga menunjukkan peningkatan fuel dilution.

 

Jadi fuel dilution itu sesuatu yang biasa. Kondisi macet, jalan nyantai nggak ngoyo, memanaskan motor lama lama justru jadi penyebab meningkatnya fuel dilution. Begitu juga mengendarai saat hujan hujan ataupun kebiasaan memanaskan mesin lama lama.

 

Berikut penjelasan fuel dilution menurut pabrik oli total:
FUEL DILUTION OF ENGINE OIL: CAUSES AND EFFECTS

Apa yang terjadi bila bahan bakar tidak terbakar sempurna di ruang mesin? Jawabannya adalah bisa menimbulkan beberapa masalah, seperti misalnya bahan bakar masuk ke crankcase (tempat oli berada). Mengalir melalui pinggiran piston menuju crankcase kemudian akan bercampur dengan oli mesin.

Ini menimbulkan beberapa macam efek. Salah satunya adalah mencuci dinding silinder, pinggiran piston dan bagian bagiannya, jadi hilang olinya, sehingga bagian tersebut jadi tidak terlumasi dan dinding silinder jadi terlapisi.

Walau terdengar bersih namun hilangnya pelumas membuat permukaan logam jadi menggaruk satu sama lain dan menyebabkan aus. Dinding silinder yang terlapisi membuat pelumas susah menempel di bagian tersebut sehingga dapat menyebabkan macetnya piston.

Efek yang lain adalah fuel dilution, oli jadi tercampur bahan bakar. Ini menyebabkan pelumas jadi berkurang kekentalannya, artinya lapisan yang terbentuk jadi lebih lemah dan jadi berkurang kemampuannya untuk menahan tekanan seperti misalnya pada bagian rod bearing dan crankshaft (berkurangnya film strength). Ketika kekentalan menjadi terlalu rendah logam jadi akan lebih sering bergesekan secara langsung yang menyebabkan keausan karena gesekan.

Efek yang selanjutnya berkaitan dengan bahan bakar bio. Ketika bahan bakar terkena suhu yang tinggi di crankcase, beberapa bagian bahan bakar akan menguap, pada kasus solar, maka bagian bio nya jadi lebih banyak. Ini menyebabkan bio solar akan lebih kental dan menyebabkan pelumas jadi mengental.

 

Fuel dilution dapat menyebabkan volume oli makin meningkat sehingga melebihi batas maksimal. Kelebihan batas ini tidak membuat pelumasan lebih baik karena ada bahan bakarnya juga. Justru mesin jadi lebih mudah aus bila oli melebihi batas. Dengan makin banyaknya kandungan bahan bakar karena fuel dilution juga berarti berkurangnya konsentrasi aditif.

 

Berikut analisa menurut laboratorium uji oli Castrol:
Castrol Labcheck – Fuel Dilution

Dikatakan bahwa fuel dilution dapat menyebabkan berkurangnya performa dari berbagai segi. Oli mesin yang lebih encer akan menyebabkan pengurangan film strength yang dapat menyebabkan keausan yang berlebihan (Ini yang ngomong castrol ya, encer = berkurang film strength = bikin aus).

Fuel dilution yang hanya 5% akan bisa membuat oli dengan SAE 30 jadi seencer oli dengan SAE 20. Fuel dilution lebih dari 4% itu sudah butuh penanganan yang serius.

Causes Efek
Bensin nggak cocok logam ketemu logam
Idle lama Pelumasan payah dan oli makin encer
Mengendarai stop and go Peningkatan aus keseluruhan
Injectors nggak ok aus cylinder ring dan bearing
Pompa atau saluran bensin bocor Berkurangnya kemampuan aditif
Pembakaran tidak sempurna Resiko terbakar atau meledak bila fuel dilution terlalu parah
Timing nggak pas Boros
  Umur mesin berkurang
Rekomendasi
Perhatikan dan cek saluran bahan bakar, ring aus, injector atau seal atau pompa yang bocor
Analisa cara pakai
cek timing
Mikir makainya sudah baik atau tidak
Ganti oli dan filternya

Penjelasan dari Exxon Mobil juga kurang lebih sama seperti penjelasan sebelumnya:
Exxon Mobil – Signum Oil Analysis

Dikatakan bahwa Fuel dilution mengurangi kekentalan (oli) dan dapat mempercepat keausan. Bensin tidak terbakar menandakan adanya kebocoran bahan bakar atau pembakaran tidak sempurna.

 

Dari referensi referensi diatas yang jadi penyebab fuel dilution bikin masalah adalah karena fuel dilution mempengaruhi olinya. Oli jadi lebih encer. Karena oli jadi lebih encer, film strength berkurang. Karena film strength berkurang, maka jadi lebih mudah aus. Ini menunjukkan pentingnya film strength dari oli. Aditif anti aus tidak akan bisa menggantikan pentingnya film strength olinya.

Banyak yang klaim bahwa oli bagus itu aditif anti ausnya harus bagus / banyak. Penulis tidak setuju. Menurut penulis oli bagus itu film strength olinya yang harus bagus, bukan film strength aditifnya.

Ini juga berarti bahwa penting sekali memilih oli yang kekentalannya sesuai dengan kendaran kita. Nggak usah menuruti omongan sales yang ngomong kendaran modern butuh oli encer. Buktinya di jalan banyak Vario yang suara mesin jadi berisik dengan oli resmi 10W30. NMax pun pada berisik padahal oli resmi 10W40. Jelas bahwa teknologi mesin motor matik pasaran itu kualitas nggak sebagus mesin mobil. Mobil pun sebenarnya nggak boleh sembarangan pakai oli encer. Hanya mobil yang sudah didesain agar bisa pakai oli encer yang boleh pakai oli encer.

Untuk pabrikan oli macam Castrol dan Exxon Mobil, oli terlalu encer itu jelas masalah. Jadi sebaiknya jangan sembarangan pakai oli encer. Yakinkan film strength olinya (bukan film srength aditifnya) cukup. Cirinya: suara mesin halus walau saat dan setelah digeber, makin kencang nggak makin berisik.

Soal fuel dilution, kalau nggak bisa mendeteksi penyebabnya atau nggak bisa merubah cara berkendara, ya ganti olinya dipercepat. Nggak usah memaksakan long drain interval. Toh racun oli itu sumbernya bukan dari bahan olinya tapi lebih karena pemakaiannya.

21 respons untuk ‘Mengapa kita harus waspada dan apa saja yang bisa menyebabkan fuel dilution dari katanya pabrik oli

  1. Jadi additive apa saja yang bisa menigkatkan film strength oli ? Selama ini pake Valvoline Premium Conventional 10W-30 ditambah minyak goreng 10%. Jauh lebih halus suaranya dibanding pake Prima XP 20W-50 dan Shell Rimula R4X 15W-40.

    Suka

    • Sip hasilnya. Terima kasih sharingnya. Iya, kalau murah meriah ya minyak kelapa sawit. Kalau secara komersil rasanya cuma ester saja. ester ada macam macam. Yang dari nabati katanya esternya lebih bagus.

      Suka

  2. Gan mau tanya Mobil 1 5W50 aman gak buat kopbas?
    Terus bikin perbandingan gan antara Mobil 1 5W50 vs Elf Sport 10W60 dari segi spec bagus mana? Mau pake di cbr250rr cuma bingung mau pake yg sesat atau pake oli motor aja.

    Suka

  3. Sekedar share, percaya atau tidak terserah…
    R25 ane pasca recall pertama, keluar bengkel oli terlihat hijau padahal oli yamalube supersport baru tuang, ane klaim ke beres plus ganti oli baru yamalube ss juga… Setelah 729km cek oli dari jendela crankcase, warna kembali hijau dan ternyata fuel dilution. Lalu ane ganti oli dengan yamalube ss lagi (sisa oli yamalube ss 1,5 botol kira kira 1750ml). Dikarenakan harus 2liter, alhasil ane tambah minyak goreng, kebetulan merknya bimoli. Setelah rampung, ane paddock trus lihat olinya sudah pada batas max. Saat berkendara malah enak, mesin ringan, suara halus, up-down shift mulus tanpa suara, mau pelan atau ngebut enak. Setelah 175km, ane cek warna, tetap jernih, bening, warna gold. No fuel dilution! Lalu dikarenakan mau keluar kota, ane ganti oli dgn shell helix hx7, stelah 265km warna ga berubah. Catatan pergantian oli tanpa ganti filter oli.

    Kesimpulan ane, motor dengan fuel dilution krn break in atau inreyen yg kurang tepat, yg membuat ring piston tidak pas mengunci celah celah antara piston dan boring.

    Suka

    • Wah, menarik sekali hasilnya. terima kasih sharingnya.

      Apa karena oli mempengaruhi pembakaran sehingga oli jadi mempengaruhi fuel dilution juga ya? Atau karena pelapisan ke dinding silinder pakai minyak goreng lebih bagus? Bila pakai YSS oli merembes karena dinding silinder nggak kelapisi?

      Sip juga hasil minyak gorengnya :).

      Suka

      • Kemungkinan memang silinder terlapisi minyak goreng.
        Ane banyak baca testimoni motor yg kena fd, dari yg pake oli murah sampai oli mihil. Sayangnya kebanyakan rider menganggap fd is normal.. Hehehe
        Next mungkin ane mau nyoba efek longdrain kombinasi oli+mg.

        Suka

  4. Pak, mau tanya gimana caranya tau oli sudah tidak layak pakai / basi?

    Saya ada motor honda grand yg sudah jarang dipakai, terakhir isi oli meditran sx + minyak goreng di bulan januari 2017. Terhitung sudah meditran sx yang 3 kali saya ganti tiap 2000an km.

    Motor cuma dipakai rata2 seminggu sekali, masih enak dibawa jalan kencang dan tidak kasar.. Sampai september ini baru jalan 500an km tapi masih enak dan olinya masih cukup bening.

    Suka

    • Dari banyak referensi, acuannya banyak yang menghubungkan dengan daya perlindungan. Biasanya itu mengacu ke kekuatan menahan tekanan / film strength. Film strength ini erat hubungannya dengan kekentalan. Daya pelumasan oli bisa berkurang bila jadi makin encer.

      Tidak hanya oli yang lama dipakai, oli dari masih baru fresh sekalipun ada yang tidak layak pakai karena daya perlindungannya kurang.

      Jadi menurut saya tahunya dari suara mesin dan performa saat dijalankan kencang. Pilihan oli meditran sx dan minyak goreng yang cuma dipakai 2000km rasanya termasuk overkill. Sepertinya kalau pakainya ditambah minyak goreng pakai 10W40 itu sudah lebih dari cukup. Pakai 10W30 masih cukup halus walau lebih dari 4000km. Padahal itu oli AHM SPX2 yang nggak enak banget.

      Suka

  5. nah,, ini yg ane takutkan…
    pas serpis di beres toyota,, mobil ane all new apansa,, oli standar bawaan dr pabrik tmo ya 10w-30…
    pas servia itu,, gak nyadar,, ternyata dikasi oli tmo yg baru 0w-20…gegara lg fokus telponan ama klien… sdarnya pas di rumah,, pas ngecheck kuitansi.. ternyata dkasi oli yg baru dan encer ituh… meskipun emang costnya lbih murah karena ada promo free 2 botol oli…
    kira2 aman gak yaa

    Suka

    • Kalau mesin toyota yang baru rasanya sudah didesain agar bisa pakai oli encer. Oli encer juga katanya dibuat khusus oleh toyota agar sesuai dengan mesin baru. Mestinya tidak masalah. Tinggal perhatikan suara mesin dan performa saat lagi gas pol.

      Suka

  6. Asap putih di Fortuner VNT 2014

    Om om sekalian mau konsultasi nih

    saya pemakai fortner vnt 2014
    kM 72 RB

    kalau pas kerja shift malam
    sering banget ngetem di dalam mobil
    3-4 jam an
    ngadem AC di mobil stasioner gitu

    saya pakai oli top 1 hd plus yg 10w-30
    kalau sudah pagi saya turun ke kantor lagi persipn pulng mesin kan dingin
    panasin sebentar 5 menitan terus jalan
    begitu ketemu tanajakn RPM 2000 an ada asap putih keabu2an dikit kayaknya,
    asapa itu terjadi jika mobil habis di pakai ngetem 3-4 jam itu

    kalau pas pagi panasin mobil dengan waktu yg sama
    dengan hajar tanjakan anehnya gak pernah berasap,
    apakh ada yang salah? spek oli mungkin? ataukah
    solar busuk yang di pakai mgkn?
    check dipstick masih berada di atas titik 2 dikit,
    sekaan tidak menguap sih,
    apakh ada yang salah Om om di mari mohon petunjuknya
    Terima Kasih

    Suka

    • 1.ada kemungkinan tidak sakit bila di mobil ada catalytic converter. Bisa saja ngetem lama malam malam itu bikin kotoran menumpuk pada katalis. sehingga ketika di gas dalam kondisi cuaca lebih panas maka kotoran yang di katalis jadi ketiup semua. Katalis butuh suhu panas baru bisa bekerja dengan baik.

      2. bisa karena olinya. Oli top 1 setahu saya bahan dasarnya tidak beli dari pertamina tapi dari cina. Dan sepertinya kualitas bahan dasarnya tidak konsisten. Kadang bagus kadang jelek. Saya sudah tahu secara pribadi beberapa orang kendaraannya berasap setelah pakai oli top 1.

      Kemungkinan aditif / bahan oli top 1 tidak kompatibel dengan seal mesin.

      3. Untuk solar busuk rasanya penyakitnya bukan itu. B30 itu waktu penyimpanannya jelek, cuma tahan beberapa bulan. Tapi tidak masalah kalau dipakai tiap hari. Mestinya tidak bikin mesin berasap. Tapi injector yang rusak duluan. Kalau dari oli, mestinya filter jadi cepat buntu.

      Suka

  7. Jadi penyebab utama FD kualitas bahan bakar yang jelek. Apakah dimungkinkan sistem pembakaran yang jelek bisa terjadi FD? Apakah penggunaan karburator/injeksi mempengaruhi terjadinya FD pak?

    Suka

    • kalau busi sering gagal menyala memang bisa menyebabkan FD. Bensin yang tidak bisa tersembur dengan sempurna juga bisa. Dan rasanya justru lebih masalah di injeksi daripada di karbu. nanti ada bahasan khusus

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.