Yamaha X-Max 125 motor matik cuma 125 cc tapi sudah ada ABS dan bahkan traction controlnya juga, calon pengganti N Max?


Kaget juga ada berita X-Max 125:
Yamaha XMAX 125 Siap Meluncur Bulan Depan

Yang bikin kaget lagi adalah karena motor matik 125cc ini bakal ada traction controlnya. Agak aneh juga karena mesin cuma 125 cc tapi kok butuh traction control. Selama ini penulis nggak pernah lihat ada motor matik 125cc yang ban belakang selip waktu di betot gasnya.

Dari sisi tenaga sih lumayan ok, karena walau cuma 125cc tapi bisa 10,5kw di 8750 rpm. Lebih tinggi daripada Vario 150 yang 9,3kw di 8500rpm. Cuma jauuh lebih berat di 175kg, dibanding Vario yang 109kg. Dipakai sendiri jadi seperti boncengan. Jadi harusnya resiko selip itu keciil sekali.

Tapi mungkin wajar juga dipaksakan karena sepertinya traction control lebih di tujukan untuk pemakaian di salju:

 

Bodi yang lebih berat juga sepertinya membuat konsumsi bensin jadi lebih jelek dari pada Vario 150. Yamaha XMax 125 konsumsi bahan bakarnya 37km/liter, sementara Honda Vario 150 konsumsi bahan bakarnya 52.9km liter.

Yang membuat berat sepertinya terutama adalah bodi.

Fitur fiturnya juga lebih mewah daripada Honda Vario 150. Walau ada yang sama juga. Yang jelas motor ini juga mengutamakan kenyamanan, termasuk untuk penumpang belakang.

Lampu depan LED:

Lampu belakang juga LED:

Depan cakram pakai ABS, dengan di model seperti motor sport:

Belakang juga cakram, atau kalau di Indonesia lebih umum disebut Double Discbrake. Entah kenapa knalpot dibuat tinggi. Walau disebut pakai liquid cooled tapi nggak kelihatan radiatornya.

Kunci kontak sudah pakai keyless yang disebut smart key:

Bagasinya besar, muat dua helm teropong:

Depan juga ada bagasi. Termasuk juga tempat untuk ngecharge hp:

Ada asesori converter yang merubah listrik 12V jadi 5V USB:

Tempat charger kurang naik bisa ditambah yang dekat dashboard:

Bagasi kurang banyak, bisa ditambah tas juga:

Nggak seperti tren motor Indonesia, di Yamaha X Max 125 jok belakang dibuat nyaman untuk penumpang:

Kurang nyaman bisa diberi sandaran juga:

Tampilannya:

Untuk pengendara juga diberi penambahan kenyamanan. Misalnya penghangat pegangan tangan:

Sarung tangan penghangat:

Sarung untuk kaki juga. Entah bagaimana cara memakainya.

Mesin 125 cc, tapi bertenaga 10,5kw. Dilengkapi dengan traction control terutama saat jalan pelan di jalan licin, berkerikil atau bersalju.

 

Spesifikasi Yamaha X-Max 125:

Engine

Engine type 4-stroke, liquid-cooled, SOHC
Displacement 124cc
Bore x stroke 52.0 mm x 58.6 mm
Compression ratio 11.2 : 1
Maximum power 10.5 kW @ 8,750 rpm
Maximum torque 12.0 Nm @ 6,500 rpm
Lubrication system Wet sump
Fuel system Fuel Injection
Ignition system TCI
Starter system Electric
Transmission system V-Belt Automatic
Fuel consumption 2.7 l/100km
CO2 emission 63 g/km

Chassis

Front suspension system Telescopic forks
Front travel 110 mm
Rear suspension system Unit Swing
Rear travel 75 mm
Front brake Single Disc, Ø 267 mm
Rear brake Single Disc, Ø 245 mm
Front tyre 120/70-15
Rear tyre 140/70-14

Dimensions

Overall length 2,185 mm
Overall width 775 mm
Overall height 1,415 mm (1,465mm with adjustable windscreen)
Seat height 795 mm
Wheelbase 1,526 mm
Minimum ground clearance 130 mm
Wet weight 175 kg
Fuel tank capacity 13.0 litres

Bila dihadirkan ke Indonesia, rasanya motor ini bisa jadi penerus N Max. Tapi mungkin cc jadi 155, dengan tenaga jadi sekitar 11kw.

8 respons untuk ‘Yamaha X-Max 125 motor matik cuma 125 cc tapi sudah ada ABS dan bahkan traction controlnya juga, calon pengganti N Max?

  1. saya kok yakin Nmax facelift bakal kayak ini,,
    dengan mesin 155,,semoga tambah full colour LED spedo,,hehhe
    100% ganteng banget,,
    habis lihat ini,,,lihat vario..waduuuh…kayak motor 10 tahun yg lalu,,,

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.