Motor matik itu nggak masalah pakai oli motor sport bahkan malah lebih sip


Ada pembaca yang menanyakan apakah aman motor matik menggunakan oli motor sport. Penulis memang kebetulan untuk ganti oli barusan, baik untuk Suzuki Spin ataupun Honda Beat ESP sama sama pakai oli mesin untuk motor sport. Yang Spin pakai X-ten untuk sport, yang Beat pakai Enduro untuk sport.

Mungkin sudah kebiasaan bahwa motor matik maka olinya pakai yang untuk matik:
Review enduro matic oil @my genduk cilik [ beAT ]

Enduro matic, SAE 10W-30 JASO MB/ API SL dari kemasannya sich dijelaskan oli ini mengandung additive Molybdenum untuk mengurangi gesekan engine pada temperatur an kecepatan tinggi dan embel2 label XP2 X’treme power & protection serta spontaneous Acceleration

Namun justru keberadaan aditif moly di oli mesin untuk matik yang membuat penulis enggan untuk pakai oli matik.

Awalnya bermula dari kecurigaan penulis kok suara knalpot motor Spin penulis jadi lebih senyap semenjak penulis pakai oli mesin enduro matik. Padahal sudah pakai trik yang biasanya manjur kok masih tetap terasa kurang tenaganya. Penulis coba bersihkan filter sama saja. Nambah jumlah pro capacitor tetap saja. Ganti ganti bensin pakai premium, pertalite, pertamax sampai pertamax turbo nggak ngefek banyak. Bahkan penulis juga coba membersihkan mesin pakai Yamalube carbon cleaner, tapi tetap saja tidak maksimal.

Suara mesin baru keluar lagi setelah penulis ganti oli. Kalau tidak salah ganti dengan mesran super. Setelah ganti oli, suara mesin jadi lebih tegas. Suara jadi seperti sebelum pakai oli enduro matik.

Ini terus terang membuat penulis jadi curiga bahwa kandungan moly ini sebenarnya bisa tidak bagus. Mungkin pertama tidak terasa namun setelah beberapa lama tenaga berkurang. Pengurangan tenaga yang perlahan mungkin tidak bakal ketahuan bila tidak mencermati. Karena kebetulan motor Spin penulis suara knalpot berubah sejalan dengan tenaga maka penulis jadi bisa tahu.

Ini juga di dukung dari sisi teori, dimana keberadaan aditif moly itu akan menambah spash yang bisa menimbulkan kerak. Aditif pembersih kerak yang ada di oli atau bensin tidak bisa membantu membersihkan kerak karena sumbernya dari olinya. Kerak akan mengurangi performa.
Menambahkan aditif moly akan menambah spash yang akan memperparah deposit dan bikin selip kopling

 

Sekarang dengan memakai oli untuk sport, suara motor Suzuki Spin juga tegas. Yang untuk Honda Beat ESP sih suaranya belum terdengar. Bila itu karena efek kandungan aditif moly maka mungkin masih butuh beberapa minggu agar sisa moly dari AHM SPX2 hilang.

 

Dari sisi pemakaian sendiri, sebenarnya dari pabrik olinya sendiri tidak masalah bila oli motor sport dipergunakan untuk motor matik. Ini untuk motor ya. Karena rasanya kalau untuk motor perbedaan dari mesin matik dengan mesin sport itu cuma karena di motor sport ada kopling basahnya. Di motor matik yang buat oli nggak perlu memikirkan resiko kopling bisa selip.

Mungkin di mobil beda, tapi dari google penulis cuma menemukan yang melarang penggunaan oli transmisi mobil matik ke yang transmisi manual. Penulis tidak menemukan larangan memakai oli transmisi mobil manual ke mobil matik.
ROYAL PURPLE TRANSMISSION FAQS

Can Max ATF be used in continuously variable transmissions (CVT)?
No, at this time we do not recommend Max ATF for use in CVTs.

AMSOIL Frequently Asked Questions

Answer: AMSOIL Engine and Transmission Flush is recommended for use in automatic transmissions to promote efficient operation and fuel efficiency. It is not recommended for manual transmissions, CVT transmissions or differentials. AMSOIL recommends the transmission filter be changed when performing a flush.

 

Ada pabrik yang menyarankan oli khusus untuk matik bila motornya matik, namun beberapa juga ada yang menyarankan pemakaian oli untuk motor sport. Berikut beberapa contohnya, penulis pakai contoh motornya Vespa Primavera.

Castrol recommends for your Vespa Primavera (2013- )

Shell Advance 4T Ultra 10W-40 (SN/MA2) is recommended for your VESPA

Our Recommendation ENEOS GP4T Performance Racing 5W30 Make VESPA

Liqui Moly RECOMMENDATION Make: Vespa

Motor Vespa Primavera itu motor skuter matik:

Saran saran tersebut bisa jadi terpengaruh budaya juga, dimana orang Indonesia itu lebih suka hal yang khusus khusus. Deodoran bahan sama bisa jadi ada yang khusus cowok ada yang khusus cewek. Yang dimatik bahkan ada juga yang curiga bahwa oli matik itu oli sport yang kemasannya beda.

Sekarang sih sudah muncul tren oli matik pakai moly.
Molybdenum bukan friction modifier dan bisa bikin selip kopling tapi ada cara agar bisa dipakai motor dengan kopling basah

Keberadaan oli matik bisa jadi bermula dari pasar asia, kalau kalau di eropa nggak ada budaya pemilahan seperti itu.
Motor matik olinya wajib pakai oli khusus matik cuma berlaku di Indonesia

 

Di Amsoil malah oli matik itu lebih rendah kelasnya, disebutkan bahwa oli khusus untuk motor matik itu adalah versi ekonomis, versi murah:
Apa benar masa pakai oli Amsoil di motor matik bisa lebih dari 10 ribu km? Di petunjuk resmi kok lebih pendek

What is the difference between Formula 4-Stroke® 10W-40 Synthetic Scooter Oil and 10W-40 Synthetic Motorcycle Oil?
Answer: AMSOIL 10W-40 Synthetic Motorcycle Oil contains a robust additive package designed for the extreme pressures and high temperatures common in motorcycle applications. Its high TBN retention also makes it the appropriate choice for extended drain intervals. In scooter applications, Formula 4-Stroke 10W-40 Synthetic Scooter Oil is the more economical choice.

 

Namun ada juga sih yang menjual oli khusus untuk motor matik dengan harga lebih mahal. Mungkin karena ada penambahan aditif moly.

 

Alasan lain penulis menghindari pakai oli matik adalah karena penulis merasa bahwa kekentalan yang ditawarkan untuk oli khusus matik itu terlalu encer.

Dari yang penulis tahu, oli encer itu harusnya bisa memberikan performa yang lebih baik bila olinya masih bisa melindungi dengan baik:
Mengenal standar GF-6, bukan olinya yang harus encer tapi mesin modern harus didesain agar nggak rusak kalau pakai oli encer dan aditif olinya harus jauh lebih baik lagi

Namun dari apa yang penulis rasakan di motor Honda Beat ESP, pakai oli encer 10W30 justru performanya hancur. Tarikan mesin nggak enak, suara mesin kasar mengganggu, bahkan top speed sampai berkurang. Menurut penulis motor Honda Beat ESP penulis sudah cukup mewakili teknologi paling modern dari motor matik.

Dari contoh contoh oli diatas malah disarankan oli dengan kekentalan 10W40. Padahal itu penulis pakai acuan negara Inggris. Negara yang suhunya bisa minus juga. Itu saran dari pabrikan oli, bukan saran sales. Masa ya yang di Indonesia malah pakai yang lebih encer?
Oli 10W30 tidak cocok untuk Indonesia berdasar peruntukan kekentalan untuk temperatur sekitar

Terus terang penulis nggak percaya dengan yang bilang motor matik sekarang butuhnya oli yang lebih encer. Kalau beneran bisa diberi oli encer, maka harusnya suara motor nggak jadi berisik.

Kebanyakan oli mesin untuk matik di pasaran ditawarkan dengan kekentalan 10W30. Menurut penulis itu terlalu encer. Tentu ada pengecualian untuk oli dengan harga yang sangat mahal yang sudah pakai aditif friction modifier yang bagus, namun dari banyak testimoni dan pengalaman penulis sendiri, oli dengan kekentalan 10W30 banyak yang kurang perlindungannya. Menurut penulis idealnya 10W40 bila butuhnya performa, 20W50 bila butuhnya lebih awet. Dan oli mesin yang punya kekentalan seperti itu adalah oli untuk sport.

Jadi menurut penulis jauh lebih sip bila motor matik pakai oli mesin sport.

56 respons untuk ‘Motor matik itu nggak masalah pakai oli motor sport bahkan malah lebih sip

    • Valvoline scooter sepertinya buatan vietnam, tidak menemukan info soal adanya moly. Namun saya tetap memilih menghindari.

      Bila pemakaiannya untuk oli mesin atau transmisi motor matik, saya tidak akan menggunakan valvoline ATF yang diperuntukan untuk olinya mobil transmisi matik. Karena saya pikir oli transmisi mobil matik tentunya tidak perlu fungsi pembersihan kerak ataupun fungsi anti oksidasi, sehingga nggak cocok dibuat oli mesin.

      Suka

  1. Gan, bahas tentang grease/gemuk dong. Grease apa saja yang bisa dipake untuk bearing roda dan cvt pada motor matik. Serta kelebihan dan kelemahan dari masing-masing jenis grease. Thanks.

    Suka

    • Wah, mungkin agak susah karena grease yang ada biasanya informasinya minim sekali. Yang ada informasi biasanya merek luar yang tidak dipakai di bengkel. Tapi akan saya buatkan artikel tentang grease dan detil detilnya.

      Suka

  2. Soalnya udah 5 tahun motor matik saya, bearing rodanya belum di kasih grease lagi dan bingung jenis grease apa yang harus dipakai. Sama untuk cvt hindari grease yang ada kandungan aditif EP nya, kalo kena air akan bersifat asam. Itu saya baca di web lukmanulhakim.

    Suka

  3. Salam kang..,saya silent rider dah ga nahan buat nanya..,
    Saya pengguna beat karbu lansiran 2012, riwayat oli ahm samoek awal 2015 setelah itu pft 10 40 plus migor, lalu pft 10 30 dan plus migor juga, ka4na penasaran dan memang enak! Nah yg saya mau tanya sebenernya sae yg coco berapa buat beat saya? Pengen nyoba sae 15 40, tp bingung merk apa!
    Dan sekarang oli dah nempuh 6xxx terasa sekali vibrasi di rpm 3ribu sampai 4ribuan, tp jalau udah masuk 6rbu jadi alus banget, itu knpa ya? (Dgn catatan area cvt bagus semua)
    Mohon dijawab kang..,

    Suka

    • Salam. terima kasih sharingnya.

      Kalau dari yang saya rasakan dari Honda Beat ESP. Pakai enduro racing 10W40 + MG itu enak. Dari sisi mesin suaranya halus, dari akselerasi tadi saya coba bisa 100kpj mulus, tidak terasa bedanya dengan waktu pakai oli matik 10W30. Yang perlu diperhatikan pada SAE adalah angka belakangnya. Memang kalau yang depannya kecil seringnya lebih encer, namun nggak mesti juga. Lebih bagus lihat angka kinematic viscosity pada suhu 100 derajat. Klasifikasi kekentalan SAE pakai acuan itu.

      Kalau dari vibrasi, untuk yang beat ESP, rasanya sumbernya dari belt CVTnya yang kalau habis dibuat narik berat jadi bergetar. Kalau dipakainya halus halusan, dalam waktu beeberapa hari akan jadi mulus lagi. Narik berat itu misalnya bila lagi boncengan dibuat akselerasi maksimal. atau bila pas lagi berhenti atau pelan gas pol. atau juga bisa karena dipakai top speed agak lamaan.

      Atau bisa jadi juga engine balancing kurang pas. Punya saya sih mesin getarnya di saat idle. Engine balancing bisanya di perbaiki di bengkel korek / bengkel balap.

      Suka

  4. Untuk mesin dengan liner/boring konvensional bukannya dari bahan baja. Selain piston, adakah part mesin (yang bergerak) pada motor matik yang terbuat dari almunium ?

    Suka

  5. Kebetulan motor saya satria F150 injeksi, pas td saya ganti oil sendiri, krn sy jg pny nmax, saya salah ngisi oli, satria kan pny kapasitas 1300ml oli mesin, saya isi 1000ml pake shell ax7 manual 4T, sisanya saya isi 300ml ax7 matic, menurut bro gmn, apa biarin aja sya pake smp ada gejala slip kopling?

    Suka

    • Hubungan antara aditif moly dengan slip kopling tergantung rasionya. Pakai oli dengan aditif moly tidak masalah bila rasio molynya kecil. Beda motor juga beda perilaku. Menurut saya tidak masalah bila tidak merasakan selip kopling. Namun berikutnya jangan pakai yang untuk matik lagi. merugikan.

      Suka

  6. kebetulan saya baru ganti metik beat fi iss, tadinya vega r yg setia pake oli enduro slm 5thn.
    ini beat baru sebulan pake sdh 1000km ganti oli 1x dr dealer honda. mesin mmg halus pertama pake tp 3 hari berikutnya suara berubah kasar. saya tettarik nyoba pake valvoline nanti stlah servis 2000km. tp speknya yg gimana gan. kan saya liat ada 2. macam . kalo susah di cari gmn dgn shell advance. trims,

    Suka

    • Wah cepat sekali suara kasarnya. Valvoline yang saya sarankan yang 20W50. Memang olinya langka. Bila tidak ada mending pakai fastron techno 15W50. Bila tidak ada maka mesran super saja.

      Suka

  7. Serupa dengan saya pak, tapi motor saya mio j, pakai oli enduro matic, suara knalpot lebih halus, suara mesin lebih kasar, sebelumnya saya pakai yamalube matic 20-40, memang akselerasi lebih spontan, penggunaan hanya 1000km lalu kemudian saya ganti oli pakai pikoli matic sae nya tidak tertera di botolnya, tapi terlihat oli lebih kental dengan warna merah tua dengan aroma yang menurut saya seperti anggur hehe.. setelah saya ganti oli, lalu coba hidupkan mesin, kesan pertama adalah suara knalpot yang lebih tegas, dan suara mesin lebih halus.. untuk tenaga lebih enak dibanding yamalube, tapi akselerasi tidak se spontan waktu pakai enduro matic..

    Suka

  8. saya pakek mesran super 20 w50 di motor yamaha mio j . selama ini ga da kendala. malah tarikan lebih enak d putaran bawah. dibandingkan pakek oli metik yg pakek aditif moly. olinya jg ga banyak berkurang. setelah 4000 km.(ganti oli tiap 4000km). motor d pakek ojek online tiap hari. sudah 2 tahun. lancar jaya. bensin pake pertalite.

    Suka

  9. om mau minta saran, untuk vario 150 2018 oli yg bagus apa ya? pilihan motul Scooter Power 4T
    5W-40 MA dan Amsoil SS 5w30.. dan rencana mau di campur dgn xado verylube turbo/moto, apakah bagus untuk mesin? yg saya baca verylube mengandung C60 atau zat fullerene. atau ada rekomendasi lain? terima kasih..

    Suka

    • Saya sendiri menghindari oli khusus matik karena biasanya lebih banyak aditif extreme pressurenya. Di mesin mungkin tambah licin tapi umur oli berkurang dan mengurangi tenaga juga. Xado itu sifatnya sama dengan aditif extreme pressure. Walau sepertinya ada kandungan ester juga.

      Apa itu aditif oli mesin Fullerene C60?

      Saya menghindari aditif extreme presure karena ledakan mesin terasa berkurang. Oli matik juga saya rasakan umurnya lebih pendek dari yang non matik.

      Bila motul coba yang motul ester saja.

      Untuk amsoil, sebaiknya coba yang 10W40 yang untuk motor saja.
      Apa benar masa pakai oli Amsoil di motor matik bisa lebih dari 10 ribu km? Di petunjuk resmi kok lebih pendek

      What is the difference between Formula 4-Stroke® 10W-40 Synthetic Scooter Oil and 10W-40 Synthetic Motorcycle Oil?
      Answer: AMSOIL 10W-40 Synthetic Motorcycle Oil contains a robust additive package designed for the extreme pressures and high temperatures common in motorcycle applications. Its high TBN retention also makes it the appropriate choice for extended drain intervals. In scooter applications, Formula 4-Stroke 10W-40 Synthetic Scooter Oil is the more economical choice.

      Suka

  10. Motor saya Aerox barusan ganti oli valvoline 5/40, kira2 gimana?
    sepertinya tarikan bawahnya dapet, belum tahu untuk atasnya.
    Mohon masukan.

    Suka

    • Coba bandingkan suara mesin sebelum dipakai kencang dan sesudah dipakai kencang, atau saat macet. Bandingkan halusnya suara mesin saat pagi baru dinyalakan dengan waktu sudah sampai tujuan.

      Kalau suara mesin tidak berubah berarti olinya cocok.

      Suka

      • Ok, nanti saya cek bandingakn dulu suaranya.
        Soalnya dari bengkel tadi langsung disarankan pake itu, yang katanya adem di mesin.
        Terima kasih

        Suka

    • daripada federal oil, saya lebih cenderung pertamina saja, karena sepertinya sama. Saya nggak begitu suka yang tipe racing karena biasanya lebih fokus encer dan nggak fokus perlindungan. Dan yang oli yang ada tulisan racingnya malah kadang setelah dipakai kencang suara mesin jadi kasar, ciri oli jelek.

      Suka

  11. gan, kalau misalnya vario 150 2018, spek olinya kan 10w-30, kalau misalnya saya ganti pakai 10w-40 full synthetic, tarikan jadi berat atau enteng ?, dan kedepannya mesin bakal bermasalah gak ya ?

    Suka

    • Tergantung olinya. Kalau oli 10W30nya jelek (contohnya merek AHM), maka 10W40 akan terasa lebih enteng, karena 10W30nya menimbulkan gesekan. Kalau 10W30nya bagus banget, tidak menimbulkan gesekan, pakai 10W40 akan terasa lebih berat, karena hambatan dari kekentalan oli.

      Oli lebih kental bisa melindungi mesin dengan lebih baik, karena bisa melapisi lebih bagus, lapisannya lebih kuat.

      Masalah karena pemakaian oli kental itu terjadi kalau motor dipakai sampai beku sehingga nggak bisa mengalir. Selama olinya tetap bisa mengalir, maka tidak ada masalah.

      Suka

  12. gak masalah memang. tapi sy lebih pilih federal oil sih om. buat matic itu kalo gak 10w-30 atau 10w-40 kalo yang belum lebih dari 5 tahun yaa. sip pake itu

    Suka

  13. Setuju.
    Vario saya pakaikan oli mesin SAE 20W-50. Suara lebih halus, pada medan berat (daerah saya pegunungan) relatif tdk cepat panas, masa ganti oli lbh panjang.
    Kekurangan; bhn bakar sdkt lbh boros, saat awal nyala tarikan agak lemot (mgkn krn kental) namun setelah bbrp wkt/agak panas….tarikan kembali sip.

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.