Oli mesin X-Ten yang sudah mengandung ester pun performanya bisa meningkat setelah ditambah minyak goreng


Sebenarnya penulis ingin mencoba untuk tetap bertahan mencoba oli X-Ten sport 10W40 tanpa menambah minyak goreng. Namun penulis nggak tahan karena terasa sekali penurunan tenaganya.

Oleh karena itu penulis menambahkan minyak goreng kelapa sawit sebanyak sekitar 100ml.

Hasilnya terasa tarikan jauh lebih mendingan. Terasa pada saat akselerasi tidak lagi berat. Untuk dibuat top speed / gas pol jadi lebih tinggi lagi rpmnya. Jadi agak ringan bila untuk menyalip. Suara mesin tidak makin berisik, tapi tarikan makin enteng. Mungkin karena kekentalan minyak goreng setara dengan oli super encer, 0W16.

 

Kalau dilihat dari sisi perlindungan mesin, oli X-Ten itu bagus. Dalam seminggu tidak terasa penurunan kekentalan. Oli masih saja kental. Tarikan masih saja berat. Kalau oli Repsol 20W50. Dipakai sehari saja sudah turun kekentalan di hari berikutnya. Oli Fastron 15W50 dipakai beberapa hari baru terasa lebih enteng. Oli Meditran katanya butuh beberapa hari baru oli jadi lebih enteng.

Mungkin itu kehebatannya oli yang sudah pakai ester. Kekentalan tetap konsisten. Tapi ya begitu. Kalau olinya bikin tarikan mesin terasa berat maka tarikan bakal lebih lama beratnya. Oli X-Ten itu membuat tarikan tetap berat walau digeber agak lama. Suatu sifat yang bagus bagi yang ingin perlindungan mesin bagus. Sifat yang menjengkelkan bagi yang ingin olinya jadi lebih encer saat digeber.

Tapi harusnya untuk mendapatkan performa itu nggak usah menunggu. Idealnya sih oli punya kekentalan yang pas, dan kekentalan itu awet terjaga walau mesin panas atau di geber lama, tahan panas, tahan shear. Karena kalau oli cuma kental di awal tapi encer setelah sebulan, maka oli tersebut jelek kualitasnya. Oli yang cepat encer masa pakainya nggak bisa lama.

Memilih oli kental tapi di geber geber biar encer menurut penulis bukan cara yang bagus. Mending pilih oli encer tapi yang bisa awet kekentalannya, daripada pilih oli kental yang gampang jadi encer.

 

Waktu mengecek, warna oli sudah agak gelap (maaf tidak ada foto). Mungkin terbawa bekas oli lama, namun pada saat penulis mengecek ketinggian oli, terlihat oli sudah dibawah ukuran standar.

Rasanya penggantian oli ala planet ban, dengan disedot dari atas itu membuat oli yang dikemasan jadi kurang.

Problem oli X-Ten menurut penulis cuma kekentalan yang terlalu kental. Oli rasanya juga cepat jadi hitam. Tapi wajar karena mengingat oli yang penulis pilih bahannya bukan dari sintetik, tapi semi (grup 2?).

24 respons untuk ‘Oli mesin X-Ten yang sudah mengandung ester pun performanya bisa meningkat setelah ditambah minyak goreng

  1. barusan coba kasih tropical 50ml ke fastron gold 5W-30 tapi tarikan secara kasat mata ga ngaruh (emang dasarnya tarikan udah mantap bgt dr olinya), cuma ngaruh di getaran aja langsung berasa lebih halus.. apa nambahin mg nya kurang banyak atau emg tarikan udah mentok paling bagus segitu 😁
    eh iya motornya beat esp yg gen sekarang

    Suka

    • Sip. Terima kasih sharingnya. Kalau bisa lebih halus artinya bisa berguna. Peningkatan akan jauh lebih terasa saat motor dipakai di rpm tinggi atau kecepatan tinggi. Karena di rpm tinggi film strength oli mesin benar benar diuji. Saya uji di ESP gen awal lebih terasanya waktu diatas 90km/jam.

      Iya, Hasil bila lebih baik bila ditambahkan 10%.

      Suka

      • Blm berani 10%, pengen tau dulu efeknya soalnya ini pertama kali 😁
        Sami mawon mas kec rendah-sedang-tinggi, tarikan ga ada bedanya.. tapi tadi di kec mendekati 80kpj lampu eco nya masih bs nyala.
        Apa di tiap case bisa beda2 efek mg nya? di ane yg kerasa betul itu di kenyamanan (getaran mesin lebih alus).. efisiensinya blm tau tapi kalo patokannya lampu eco, keknya bakalan lebih irit.

        Suka

  2. saya sudah pakai x-ten udh srkitar setahun lebih, ini udh pakai kurang lebih 5 botol, pemakaian di drain sekitar 4000-5000an km
    saat pertama pakai terasa berat akselerasi mesinnya di minggu pertama pemakaian (500km) mungkin krn proses flushing dari sebelumnya yg pakai ax7 , tp klo sudah diatas 500km performanya makin baik n konsisten meski sudah 3000km

    Suka

  3. Mas klo ganti oli harus tune up juga? Saya pakai fastron hijau + mg di supra x 125 terkadang tarikan terasa berat, klo rpm tinggi gas rasanya tertahan. Itu kenapa ya? Apa perlu tune up? Trims jawabannya.

    Suka

  4. Ane nyoba oli xten krn sangking penasaran aja. Trs ane beli xten yg harganya 42ribu isi 800ml di jupiter mx ane awal nyoba dan di pake.. enak uey.. tarikan enteng, ngoper gigi halus bner suara mesin jg halus, joss dah, kekurangan mudah cepet panas aja tpi gak nurunin performa kok.. worth banget untuk harga segitu dpt oli yg berkualitas langsung tuang berasa bner ciri oli bagus berarti… Pantesan oli xten nih cmn di jual di planet ban doang.. pemasaranya mirip xiaomi dari mulut-ke mulut dan gak pernah ngiklanin produknya

    Suka

    • Wah bila benar begitu nggak konsisten olinya. tapi menilai itu nggak bisa pertama pakai saja, harus menilai di seminggu sesudahnya kekentalan jauh berkurang atau tidak. Setelah dipakai kencang kekentalan jauh berkurang atau tidak. dst.

      Suka

  5. Aku sangat kecewa pakai Oli X-Ten SAE 10W40 di motor Satria Fu saya. Karena hasilnya sangat mengecewakan, tarikan berat, boros bbm, kalau di bawa jalan sekitar 50km. Mesin motor sangat panas. & sekarang pada akhirnya saya pakai Oli Enduro Racing SAE 10W40 dicampur minyak goreng Tropikal sebanyak 200ml. Hasilnya sangat memuaskan. Tarikan mesin enteng, suara halus, irit bbm, kalau di bawa jalan jarak jauh hingga di pakai touring. Suhu mesin motor tidak terlalu panas, sangat aman untuk mesin motor. Saya sudah pakai Oli dicampur minyak goreng berjalan 3 tahun. Selamat mencoba. Trims

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.