Analisa mengapa sepeda motor sekarang jarang yang pakai modif NOS atau nitro


Penulis agak heran juga mengapa sekarang ini rasanya nggak pernah dengar lagi ada motor yang menggunakan NOS untuk meningkatkan tenaganya. Padahal seperempat abad yang lalu penulis sering dengar obrolan untuk beli NOS di apotik karena malamnya mau balapan.

Padahal pasang NOS itu bisa sangat meningkatkan performa, seperti contoh berikut, bisa lebih cepat 30%:
Hero Honda Karizma With NOS Kit

The 100km/h mark was done and dusted in 10.06sec with NOS. Without it, the bike touches the ton at a relatively slow 13.10sec.

Sekarang ini informasi informasi pemasangan NOS itu cuma copas yang lama lama. Cuma info saja bukan hasil praktek. Yang beneran sharing dari yang praktek pasang NOS nemunya di artikel tahun 2009.

Di artikel ini disebutkan juga keterbatasan implementasi dari NOS:
Aplikasi NOS di Motor

Menurut tunner mobil yang juga pernah bikin motor road race ini, dry NOS lebih aman digunakan buat motor. Itu karena biasanya motor menggunakan sistem bahan bakar karburator. Dan, enggak sedikit juga yang menganut tipe vakum. nozzle penyembur gas diletakan di intake setelah karbu dan langsung menuju klep masuk.

“Banyak yang coba sistem basah di karburator, tapi jebol. Penyebabnya, karena lebih banyak gas nitrous yang masuk lebih dulu ketimbang campuran bahan bakar,” bilang pria bertubuh gemuk ini.

Di situ disebutkan bahwa pengaturan rasio NOS dan udara sangat penting. Bila rasio NOS terlalu banyak, maka mesin bakal jebol.

Hal lain yang menurut penulis penting adalah soal kompresi mesin. Motor sekarang kompresi mesinnya tinggi tinggi. Beda dengan motor jaman dulu. Motor Hero Honda Karizma kompresinya 9:1. Motor Yamaha Mio kompresinya 8,8:1.

NOS bisa dipasang di mesin dengan kompresi mesin tinggi, namun butuh penyesuaian. Berikut kutipan beberapa persyaratan untuk bisa aman pakai NOS:

Nitrous Oxide FAQ and Myths Dispelled

Forged connecting rods and pistons are the most important components necessary to run a large shot. Along with fortifying the structural parts of your engine, you’ll need to upgrade some of the peripheral parts.

A lean mixture when nitrous is engaged will lead to detonation, which leads to expensive rebuilds or engine replacements. Another way to avoid detonation is to retard static timing. Most manufacturers recommend between 1-2 degrees retard per 50-hp increase. Also, with very large shots (more than 100 hp) it’s a good idea to lower the heat range of your spark plugs and opt for using race fuel.

If you’re running a small shot (70 hp or less), pump gas works fine. Just make sure you’re filling with premium (91 octane or higher) juice. For race applications utilizing high-compression engines or large shots of nitrous, we recommend a high-octane (100 or higher) race fuel.

Forged connecting rod dan forged piston dikatakan jadi keharusan bila ingin menggunakan semprotan yang kuat. Bagian lain dari mesin juga harus diperkuat.

Campuran yang kering ketika NOS disemprotkan akan menyebabkan ledakan terlalu dini yang bisa menyebabkan kerusakan mesih parah. Untuk menghindarinya timing pengapian perlu dikurangi. Disarankan pengapian dilambatkan 1-2 derajat setiap peningkatan tenaga 50hp (untuk mobil 300 hp mungkin). Untuk semprotan besar, heat range busi sebaiknya dikurangi dan pakai bensin balapan.

Jika hanya untuk semprotan kecil, bensin pom tidak apa apa. Namun harus pakai yang oktan tinggi. Untuk kebutuhan balap dengan mesin kompresi tinggi dan semprotan besar, disarankan bensin dengan oktan lebih dari 100.

 

Jadi menurut penulis sekarang ini alasan mengapa nggak ada yang pakai modif NOS itu karena sistemnya rumit. Selain harus mengatur debit dari NOS juga harus memperhatikan soal memundurkan timing pengapian, oktan bensin dan kompresi. Belum lagi karena kualitas mesin sekarang nggak sebagus dulu. Motor sekarang pada berisik suara mesinnya. Jadi harus ganti komponen yang lebih kuat dulu. ECU harus di modif karena motor sekarang di rpm rendah seringnya disetel terlalu irit, bisa rusak mesinnya bila dipaksakan pakai ECU standar. Dengan yang seperti itu, modif NOS jadi mahal. Belum lagi untuk ongkos tabung pengganti yang langka.

Tapi tetap alay kok bila pasang tabung NOS untuk gaya gayaan. Kalau mesin sudah dimodif banyak maka bakal susah kelihatan NOS nya beneran fungsi atau tidak.

 

Untuk yang heran mengapa NOS bisa beli di apotik, NOS itu bisa dipergunakan untuk menyelamatkan nyawa tapi juga harus dengan dosis yang tepat dan dilakukan oleh ahlinya:
NITROGEN OKSIDA: FUNGSI BIOLOGIS & APLIKASI MEDIS

Penggunaan Medis
Penggunaan Neonatal
Campuran nitrogen oksida-oksigen digunakan dalam perawatan kritis untuk menunjukkan kapiler dan dilatasi paru untuk mengobati hipertensi paru pada pasien neonatal aspirasi pasca mekonium dan terkait dengan cacat lahir.

Hal ini sering campuran gas terakhir sebelum penggunaan extracorporeal membrane oxygenation (ECMO). Terapi Nitrogen oksida memiliki potensi untuk secara signifikan meningkatkan kualitas hidup dan, dalam beberapa kasus, menyelamatkan nyawa bayi pada risiko penyakit pembuluh darah paru.

2 respons untuk ‘Analisa mengapa sepeda motor sekarang jarang yang pakai modif NOS atau nitro

  1. ah si bro terlalu cepat mengambil kesimpulan.
    dari th 2002 sampai saat ini, semua motor saya pasti pake tuh.
    semua yg bro katakan diatas tidak ada yg benar, sotoy ah

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.