Cara berkendara yang bisa mengurangi resiko bodi motor mentok polisi tidur


Bila motor deknya rendah atau skoknya terlalu empuk seringkali motor jadi suka mentok polisi tidur. Bagian bawah jadi membentur.

Solusinya biasanya dengan cara melakukan perubahan pada motornya.
Ketidak-Sempurnaan PCX

solusi.. ganti shock,atw tambah ring.. bisa juga ganti ban yg lebih tinggi 1 nomor. solusi terbaik… turunkan berat badan.. buahahaaha

Dari sisi berkendara juga sebenarnya ada beberapa cara.

Cara yang paling umum dilakukan adalah dengan jalan pelaaan banget, pakai merayap.

Bila itu tidak manjur maka ditambah dengan trik lain yaitu jalan menyilang. Dengan jalan menyilang maka polisi tidurpun terasa landai. Trik ini sering dilakukan oleh yang motornya di modif ndeprok, motor sport tapi pakai velgnya bebek.

 

Ada cara lain lagi yang bisa diterapkan bila lewat agak kencang.

Bila lewatnya dengan jalan agak kencang, dari 10km/jam hingga sekitar 30km/jam. Maka kita pakai cara akselerasi. Caranya adalah sebelum mendekati polisi tidur usahakan memperlambat secukupnya, namun usahakan posisi masih agak jauh dari polisi tidur. Beberapa saat sebelum melewati polisi tidur maka betot gas, sehingga motor melewati polisi tidur dalam posisi akselerasi. Dengan cara seperti ini maka kita bisa mengurangi resiko mentok. Tapi kalau tenaga motor terlalu besar, hati hati wheelie ya. Akselerasi juga nggak harus maksimal tapi disesuaikan kondisi.

Timing harus pas. Kalau terlalu awal maka saat lewat polisi tidur jadi terlalu kencang. Bila terlalu telat maka saat lewat polisi tidur suspensi masih terlalu memendek.

Cara ini efektif karena biasanya selagi kita melewati polisi tidur kita masih dalam posisi mengerem atau posisi engine brake. Ini artinya suspensi depan jadi memendek, body clearance jadi rendah. Bila kita melewati polisi tidur dengan akselerasi, maka suspensi depan jadi memanjang, body clearance jadi lebih tinggi, resiko mentok polisi tidur berkurang.

 

Cara yang berikutnya bisa dilakukan bila kita lewat agak kencang lebih cepat dari 40km/jam. Kita menggunakan metode melompat.

Sebelum motor melewati polisi tidur, bodi motor kita injak sehingga motor bisa pas sedang memantul ke atas saat lewat polisi tidur. Timing harus pas. Kalau terlalu awal maka motor bisa sedang turun ke bawah, nggak akan mentok tapi motor bisa mental kembali ke atas dan susah dikendalikan. Kalau terlalu telat maka motor jadi terbang terlalu tinggi.

Butuh latihan, tapi latihannya mending jangan di polisi tidur tapi pakai tanda di jalan saja.

 

Cara yang berikut ini rasanya cara yang paling sedikit resikonya membentur polisi tidur. Turun dari motor, dorong motornya.

Kalau cara tersebut masih mentok juga, silahkan lewat sambil mengangkat motor…

10 respons untuk ‘Cara berkendara yang bisa mengurangi resiko bodi motor mentok polisi tidur

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.