Mengapa untuk motor matik Honda versi ISS harus selalu diperiksa akinya tiap kali servis?


Melihat apa saja yang harus diperikan setiap kali servis membuat penulis bertanya tanya.
Memahami Ketentuan Service Gratis Sepeda Motor Honda

Terlihat bahwa tiap kali servis aki harus selalu di cek. Dan ini cuma berlaku pada tipe motor matik Honda yang dilengkapi dengan ISS. Sayangnya penulis tidak menemukan informasi yang menjelaskan soal ini. Soal ini rasanya tidak bisa tanya ke sales, tanya ke customer servis, bahkan bisa jadi montir bengkel resmi pun tidak tahu.

Barangkali ada yang tahu?

Untuk alasan yang bisa penulis pikirkan beberapa sudah pernah di bahas di artikel berikut:
Bug program fitur Honda idling stop system dan standar samping otomatis beresiko bikin aki tekor

Rasanya yang mempengaruhi umur aki sehingga setiap kali servis harus di cek adalah:

  • Setiap kali ISS aktif, maka lampu depan dan lampu kecil akan tetap menyala. Suplai listrik sudah berhenti tapi lampu tetap menyala akan mengurangi arus di aki.
  • Setiap kali ISS aktif, saat menyala lagi maka dinamo starter akan menyala dan mengambil suplai arus dari aki. Dari yang penulis tahu, menyalakan starter berulang ulang membutuhkan arus yang besar.

Update (info sebelumnya salah):
Saat pertama menyala, fungsi charging dimatikan 5 detik agar motor bisa ada tenaganya.

Katanya sih itu terjadi di 5 detik pertama.

Sepertinya itu yang membuat aki harus selalu diperiksa setiap kali servis. Entah mereka memeriksa aki pakai cara apa.

Lucunya, waktu motor datang pertama kali, petugas pengantarnya bilang bahwa kalau menyalakan motor pagi pagi sebaiknya pakai starter kaki. Katanya kalau keseringan pakai starter tangan aki bakal cepat tekor. Padahal ISS kan nggak ada bedanya dengan starter tangan otomatis? Apa ya waktu setiap kali mesin motor berhenti karena ISS, maka untuk menyalakan harus pakai starter kaki?

18 respons untuk ‘Mengapa untuk motor matik Honda versi ISS harus selalu diperiksa akinya tiap kali servis?

  1. hehe..mekanik dealer emang gt,,,
    kl orang biasa sing ya manggut2,,tp buat yg ngrti motor ya ketawa,,saya beli verza dan vario 125,,tidak prnah saya servis di beres,,walaupun gratis,,oli AHM jg gk saya ambil,,
    mau servis mending di bengkel langganan yg trprcaya, ,,,
    dari baru jg oli pakai fastron techno, gk prnah dan gk mau pakai oli AHM,,
    ke beres cuma kl mau komplain garansi,,
    di vario dulu KM masih 500,,aki tekor,,saya komplain garansi diganti aki baru,,

    Suka

  2. Setiap kali ISS aktif, saat menyala lagi maka dinamo starter akan menyala dan mengambil suplai arus….
    >udah ga pake bletak duorr… eh dinamo starter lagi om, pake sistem generator makanya silent dan irit
    btw kalo rawan gitu kenapa oabrik ga ngasih ampere meter aja di dashboard spedo, pasang sendiri yg digital ga nyampe 50rb cuma ribet masangnya

    Suka

    • ACG tetap saya anggap dinamo starter. Irit rasanya juga enggak, disebutkan 5 detik pertama charger sengaja dimatikan (maaf info sebelumnya salah kutip).

      Soal rawan, kan sudah dicantumkan setiap kali servis harus “Periksa baterai (khusus untuk tipe ISS)”?

      Voltmeter digital kan makan arus juga.

      Suka

  3. Bukan ke situ nya
    Memeriksa aki tiap servis itu untuk memastikan iss bekerja dengan normal

    Jadi ketahuan kalo aki udah mau soak bisa preventif ganti aki dulu
    Karena aki itu penting banget buat iss

    Sama seperti di mobil, tiap servis juga cek aki
    Karena aki bagi mobil itu penting banget kan??

    Suka

    • Nyatanya aki mobil yang jauh lebih awet dari aki motor aja musti di cek tiap servis (ane tau bedanya spek bahan baku aki mobil dan motor)

      Jadi bukan ke arah karena umur aki lebih pendek

      Suka

      • Kalo aki tiba2 drop pas di tengah kemacetan kan repot kalo mesin mati karena iss aktif dan g bisa starter lagi

        Kalo tanpa iss kan mesin ga bakalan mati kecuali dimatikan
        Tar di bc lagi iss bikin motor mogok di kemacetan
        Dianggapnya iss gak guna
        Nah kalau di cek kan risiko mogok di kemacetan gara2 aki drop berkurang

        Buat nekan biaya dan waktu, maka cek aki g diperlakukan di non iss

        Kalo g salah untuk motor2 yang non kick starter juga ada cek aki, begitu juga mobil karena kalau sampai aki drop nyalain nya susah apalagi mobil matic

        Asal tau aja, batas tegangan aki buat starter dan buka kunci mobil itu beda
        Di yaris matic itu klakson masih kenceng, lampu normal, kunci normal, tapi udah g kuat starter

        Suka

        • Kalau di cek rutin ketahuan kok, ini aki mau drop
          Pengalaman di yaris

          Jadi bisa buat jaga2 kalo aki mau drop iss bisa di nonaktifkan sampe beli aki baru

          Suka

        • ok. terima kasih infonya. masuk akal juga bila mekanisme buka pintu butuh daya lebih sedikit daripada starter.

          Kalau menurut saya aki ngedrop itu bakal lebih terasa saat pagi hari. Karena arus di aki sudah banyak berkurang. Sementara kalau habis dipakai, aki soak biasanya masih lebih banyak arusnya.

          Suka

  4. sory OOT,
    minggu lalu ganti oli pakai valvoline premium 10-40w (pernah mas cahyo sarankan di tulisan terdahulu), motor saya supra x125 thn 2006, impresi awal pemakaian oli ini mirip dengan enduro 4t dan MSX, suara mesin halus, kalau di gigi 3 kecepatan 40km/h seperti gelundung aja motornya. Persis seperti MSX dan enduro 4t. Gigi 3 kecepatan 100km/h masih ok,
    Kalau untuk enduro 4t paling lama dipakai 2000km itu pun di kilometer 1500 sudah kurang nyaman rasanya. kalau untuk MSX sampai kilometer 2500 masih bagus dan tidak banyak berubah. untuk valvoline premium masih baru berjalan 600km, biasanya mas cahyo dipakai sampai berapa kilometer?
    harganya lebih mahal dikit dari enduro 4t tapi dibawah MSX.

    Suka

    • Terima kasih sharingnya. Iya, saya pernah pakai enduro 4T juga terasa umurnya pendek. Waktu saya coba juga umurnya mungkin cuma 1000km. Valvoline saya pakai mungkin antara 4000-5000km, tergantung berisiknya mesin. Untuk MSX keunggulannya sepertinya karena lebih kental jadi lebih senyap.

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.