Honda CB400SF itu spesial karena bodi kuno tapi suara MotoGP karena mesin 4 Silinder VTEC


Waktu penulis pertama lihat motor ini di websitenya Young Machine, terus terang kesan pertama penulis adalah motor yang tidak menarik.

(koreksi dari bro Wayo, foto motor ini CB1100, yang CB400SF ada di bawah).

Karena dari sisi model nanggung. Memang bodinya kuno tapi kesan retro nggak dapat karena nggak seperti Ducati. Kesan modern jelas enggak. Aneh juga lihat suspensi normal tapi di cat kuning.

Tapi kesan ini berubah setelah tahu motor ini 4 silinder. Penulis kira awalnya SF itu street fighter, atau street fire, ternyata tidak. SF ternyata singkatan dari Super Four.

Yang unik Honda CB400SF punya mesin 4 silinder, malah sudah pakai VTEC:

Teknologi VTEC sepertinya dua tahap:

Padahal motor fairing Honda CB400R malah cuma 2 silinder:

Tenaga maksimal dari motor fairing Honda CBR400R juga lebih lemah, 34kw pada 9500 rpm, dibandingkan dengan Honda CB400SF yang 39kw. Dari sisi harga juga Honda CBR400R lebih murah daripada Honda CB400SF, 699.840 yen vs 761.400 yen. Honda CB400F lebih murah lagi di 667.440 yen.

Di versi 2018, yang kelihatan adalah lampu sudah pakai LED, 4 atas dan 4 bawah, dengan bentuk tetap dipertahankan bulan:

Untuk yang versi sekarang bentuk ekornya seperti berikut, menurut penulis agak aneh:

Speedometernya seperti berikut, penunjuk kecepatan dan rpm pakai analog :

Disc brake depan kiri kanan:

Unik karena sepertinya disediakan bagasi:

Malah yang CB400SB (half fairing) pakai bagasi depan juga:

Tampilan depan yag sekarang:

Versi yang half fairing:

Yang berikut ini alasan mengapa penulis menyebut motor ini punya suara ala MotoGP:

Honda CB400SF with No Exhaust

Den dimas pun memuji suaranya:

MF 12 juga memuji, suara saat dipakai di jalan lebih kedengaran:

Uji top speed, sepertinya versi lama tapi sudah hyper VTEC, gila banget mentok spedo di 200km/jam:

Iklan

6 thoughts on “Honda CB400SF itu spesial karena bodi kuno tapi suara MotoGP karena mesin 4 Silinder VTEC

  1. Ni motor jadi primadona di jepang
    Posisi duduk nyaman, sasis paling balance, handling paling nurut, suara 4 silinder

    Sampai2 tes2 sim pake nih motor,
    Buat turing mantap banget dah

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s