Carberry Double Barrel 1000 V-Twin pakai 2 mesin Royal Enfield gagal produksi di Indonesia akhirnya berhasil produksi di India


Dari indianautosblog.com penulis baca ada motor bentuk klasik yang dibuat dari dua mesin Royal Enfield 500cc yang barusan di rilis di India:
Carberry Double Barrel 1000 (Twin-cylinder Royal Enfield motorcycle) launched in India

Namun membaca sejarah dari website resminya, ternyata ada cerita menyedihkan juga dibelakang pembuatan motor ini:
Carberry History

With corruption, time delays, 200% tax`s and Indonesia’s inability to understand this mid-sized relic and after heavy loses Paul realizes this is not the place to do it, although Paul loved Indonesia it is a tough place to do business.

Diceritakan bahwa membuat mesin V-twin dengan menggabungkan dua mesin satu silinder buatan Inggris adalah cita cita Paul Carberry dari remaja. Sayangnya saat sudah punya kemampuan untuk itu, motor satu silinder buatan Inggris sudah mulai menghilang. Sampai 20 tahun kemudian ia menemukan lagi motor satu silinder dengan model ala motor Inggris 1950 an buatan Royal Enfield.

Di akhir 90an Paul tinggal di Jakarta untuk beberapa waktu, usaha jual beli Harley 1940an. Ketika pasar berubah ia jadi teringat lagi Royal Enfield Bullet. Ia pergi ke India untuk belajar sebanyak mungkin motor tersebut. Setelah membuat toko di Jakarta dan harus berjuang memenuhi aturan birokrasi, ia berhasil membeli 5 motor dengan harapan bisa menjual versi satu silinder selagi menyiapkan versi dua silinder, keputusan yang akhirnya ia sesali.

Karena kombinasi korupsi, keterlambatan, pajak 200% dan selera Indonesia yang tidak menyukai model kuno kelas menengah, serta kerugian besar membuat Paul sadar bahwa Indonesia bukan tempat yang cocok untuk itu. Walau Paul cinta Indonesia tapi Indonesia adalah tempat yang sulit untuk berbisnis.

Ia pun kembali ke Australia. Ia sudah bangkrut sehingga tidak punya tempat kerja ataupun rumah. Dengan sisa sisa uang nya ia pun memulai lagi merealisasikan idenya membuat motor V-twin. Selama itu beberapa kali ada investor dari India yang datang ke Australia yang berminat membantu produksi. Namun banyak yang tidak terealisasi.

Rencana untuk memproduksi di Australia juga terhalang oleh birokrasi selama satu tahun. Ia akhirnya berhasil membuat 13 motor namun untuk penjualan masih terkendala juga. Ada investor yang sudah membantu, namun mereka lebih suka paralel twin dan akhirnya batal.

Walau batal ia masih tetap mengembangkan mesinnya dengan busi dua, kompresi lebih tinggi, bahan bakar injeksi dengan ECU Motec. Bodi dari Bullet dianggap tidak memadai dan akhirnya dipilih bodi Triumph Thunderbird. Karena tempatnya kurang, ia harus memendekkan mesin.

Selama motor belum diproduksi, permintaan konsumen sudah banyak. Kemudian akhirnya ada investor dari India Jaspreet Singh Bhatia yang tertarik untuk memproduksi di India. Paul sekeluarga pun pindah ke India di tahun 2016 dan benar benar memulai produksi.

 

Dari sisi performa lebih ke motor touring. Tenaga maksimal 52 hp, torsi maksimal 82 Nm, berat motor 220kg. Harga INR 7.35 lakhs, ex-factory. Ini sedikit lebih mahal dari harga Honda CBR650F. Lebih mahal dari Triumph Bonneville 2016 Street Twin. Sedikit lebih murah daripada Kawasaki Z900.

Akan cuma tersedia 29 unit untuk batch pertama. Sudah dilengkapi ABS.

Sepertinya tempat duduk bisa untuk sendiri atau berdua:

Di spek tertulis drum tapi di foto terlihat cakram:

Video tahun 2009:

Video keliling bodi:

Suaranya memang klasik. Mirip HD walau tidak menggelegar:
Video saat uji mesin:

Saat dari parkiran:

Video saat akselerasi:

Video saat flew by:

Spesifikasi Carberry Double Barrel 1000 V-Twin

Specifications

General Information
Model: Double Barrel
Year: 2017
Category: Classic cruiser
Engine & Transmission
Displacement: 998 cc
Engine type: 55 degree V twin
Starting: Electric stater,kick
Power: 52 BHP
Compression: 8.5 : 1
Bore x stroke: 84 x 90
Valves per cylinder: 2
Fuel control: Early carb, later EFI
Cooling system: air
Gearbox: 5 speed pre-unit
Transmission typefinal drive: chain
Weight incl. some oil, gas, etc: 220 KGs
Dimensions & Frame
Front tyre dimensions: 90/90 – 19
Rear tyre dimensions: 120/80 – 18
Front brakes: 280mm Disc, 2-Piston
Rear brakes: 153mm Drum, Single Lead
Other Specs
Fuel capacity: 15 litres
Iklan

4 thoughts on “Carberry Double Barrel 1000 V-Twin pakai 2 mesin Royal Enfield gagal produksi di Indonesia akhirnya berhasil produksi di India

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s