Lorenzo itu sengaja mengalah atau mau nyalip lagi nggak bisa? Motor Ducati dengan winglet lebih unggul?


Di balapan MotoGP di Sepang Malaysia barusan, Jorge Lorenzo menunjukkan kemampuannya lagi. Ia selalu berada di jajaran pembalap depan. Marquez dan Rossi tidak bisa mengalahkan Lorenzo di Sepang, fakta ini penting untuk disebutkan. Namun yang jadi perhatian adalah Dovizioso. Dovizioso pada balapan kali ini pakai Ducati yang tanpa winglet.

Namun muncul kontroversi. Di twitter motogp dicantumkan gambar berikut ini, dibilang Lorenzo mengalah:

Baca baca di blog yang bloggernya menonton motogp secara fokus dikatakan bahwa Lorenzo tersalip karena melakukan kesalahan sehingga hampir jatuh. Ada juga sih blogger yang bilang itu karena Lorenzo menuruti tim untuk membiarkan Dovizioso menang.

Yang membikin makin membingungkan itu pernyataan berikut dari Lorenzo:

Lorenzo bilang bahwa tanpa harus diberitahu siapapun, ia tahu nilai pentingnya status juara dunia (Dovizioso Juara mungkin). Ia mikir kali saja Marquez crash. Tapi di balapan ia tahu Marquez ada di posisi 4 atau 5. cukup untuk poin.

Tapi ia juga bilang bahwa ia sebenarnya ingin menang. Dari catatan waktu saja ia terlihat selalu menempel di belakang Dovizioso. Saat finish pun ia berada 0,7 detik di belakang Dovizioso. Ia bilang nggak bisa menyalip karena untuk nempel Dovizioso saja sudah mendekati limit rem. Ia sempat lihat Dovizioso melambat tapi ia berpikir bahwa bila menyalip ada resiko 90% crash.

Penyataan itu mengesankan bahwa Lorenzo bisa menyalip lagi kalau tidak mempertimbangkan resiko crash.

Perlu diperhatikan juga di balapan ini Dovizioso pakai motor yang tanpa winglet. Ia pernah ngomong sebagai pembalap Ducati terbaik untuk motor yang tanpa winglet. Lorenzo yang sebelumnya keteteran saat pakai motor tanpa winglet terbukti bisa melibas Marquez dan Rossi, serta dll lainnya.

Dani Pedrosa rupanya sudah nggak mengalami wheel spin lagi tidak seperti di Motegi. Mungkin justru pembalap lain lain seperti pembalap Yamaha dan Suzuki yang mengalami wheel spin. Zarco benar benar jadi pengecualian dari tim motor inline-4. Urutan finish Rossi, Vinales dan Iannone beda jauh dari saat kualifikasi.

2 respons untuk ‘Lorenzo itu sengaja mengalah atau mau nyalip lagi nggak bisa? Motor Ducati dengan winglet lebih unggul?

  1. Untuk wet race sulit mengatur akselerasi ditikungan om…
    Cuma pembalap yg bisa menganalisa secara real, penonton bebas beropini…hehehe

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.