Kasus ini sepertinya terjadi karena desain rangka masih baru dan masih belum ketahuan efek jangka panjangnya.
Di India ada berita bahwa Kawasaki Z900 di recall:
Kawasaki recalls Z900 in India
India part of a worldwide recall of the poplar motorcycle; faulty tie-rod bracket could lead to rear suspension failure
Di Inggris katanya juga begitu:
Z900 being recalled already!!?
On 2017 and some 2018 models of Z900 (ZR900B), the holes in the rear shock absorber tie-rod frame mounts can become elongated if the rear shock absorber bottoms out.
To overcome this problem Kawasaki has initiated a recall campaign to inspect theframe and add additional bracing brackets. In rare cases the frame will need to be replaced. The inspection and bracket installation will take around 50 minutes to complete and your dealer will advise you if further work is required.
Your Kawasaki dealer will carry out the necessary work at no cost to you. It is very important that you have this done so please contact them as soon as possible to arrange an appointment
Disebutkan bahwa beberapa model Z900 keluaran 2017 dan 2018 akan molor lubang baut untuk suspensi belakangnya ketika suspensi belakang mentok.
Untuk mengatasi masalah tersebut Kawasaki mengadakan recall untuk memeriksa. Bisa ditambah penguat atau diganti. Katanya butuh 50 menitan untuk itu. Biaya gratis dan Kawasaki memaksa pemilik untuk segera datang.
Ada yang posting fotonya begini. Terlihat bautnya lepas:
นี่อีกเคสนึงในกลุ่ม Z900 Club Thailand ที่หูกระเดื่องโช๊คขาด!!!
Suspensi pun ambles, ban jadi menggoser bodi:
Spakbor kolong pun kena:
Yang berikut terlihat baut menggeser dari posisi aslinya:
Is this a common problem with the Z900’s?
Yang kiri yang masih ok, yang kanan yang sudah mulai molor:
Yang berikut sudah patah:
Kiri kanan patah semua:
Kerusakan yang begini tentu rawan sekali. Di Indonesia ini bisa bakal sering terjadi karena banyak polisi tidur dan lubang. Apalagi kalau sampai motornya dibuat boncengan sambil membawa dua galon air, resiko makin besar.
Kalau motornya gede memang komponen harus lebih kuat ya.
klo disini gak ada yg begitu, Yamaha recall aja lngs di bully kualitas rikol. Makanya pabrikan disini paling anti recall. AHM aja gak berani recall padahal klo nyuci OCB di steam udh pasti susah nyala. Mesin helikopter jg sama, gear stater rompal etc
SukaSuka
Iya, padahal recall itu juga untuk konsumen juga.
SukaSuka
disini yg utama penjualan, blog2 besar saja tidak pernah membahas kekurangan suatu merek tertentu. Beberapa blogger memblok gw,karena terlalu kritis ama produk AHM. Ya emang banyak kekurangannya. Banyak hal tp ya seperti itu mau gimana lg, makanya gw gak beli produknya tp merek lain. Pernah punya OCB klo di steam selalu mati n susah nyala akhirnya selalu nyuci sendiri itu pun di siram pelan di area tangki klo ga ya penyakit susah nyalanya kambuh.
SukaSuka
Saya juga pernah merasakan di blok :). Iya, saya juga pernah mendengar soal mesin mati kena air.
SukaSuka
Itu udh umum di OCB. Tau deh klo ANCB. Nyuci OCB jangan kesteam mending cuci sendiri.
SukaSuka
iya
SukaSuka
[…] Lihat model suspensinya seperti itu, penulis jadi ingat kasus recall Z900: Foto kerusakan di braket suspensi yang menyebabkan Kawasaki Z900 di recall […]
SukaSuka