3 ABG jatuh saat menikung pakai motor dengan ban cacing jadi contoh untuk jangan mengerem mendahulukan rem depan


Di kejadian berikut mungkin pada berpendapat bahwa motor itu jatuh gara gara pakai ban cacing.
Bonceng 3, Ga Pakai Helm, Ban Cacing, 3 ABG Sukses Nyungseb!

Penulis nggak setuju. Menurut penulis kejadian tersebut lebih karena ban depan selip terlebih dahulu.

Ban depan selip bisa dilihat dari setang yang sudah dibelokkan tapi motor masih nggak mau belok:

Motor pun sudah jatuh duluan sebelum menabrak obyek di depannya:

Videonya:

Menurut penulis itu terjadi karena ban depan mengerem terlebih dahulu. Entah karena pengendaranya ngerem depan duluan atau apes dapat CBS yang salah setelan. Seandainya saat itu pakai ban biasa pun, menurut penulis motor masih tetap bakalan jatuh kalau caranya seperti itu.

Walau pakai ban cacing, itu kan boncengan tiga, mestinya tekanan ke ban lebih besar yang artinya grip lebih besar. Bisa jadi juga grip ban depan makin berkurang, karena berat lebih banyak di belakang. Jadi kalau ngeremnya depan dulu resiko jatuh jadi besar.

Dalam situasi seperti itu pakai ABS pun belum menjamin keamanan. Karena kan ABS yang ada di motor nggak mahal itu bukan cornering ABS. Tapi lihat saja iklan salesnya bagaimana.

7 respons untuk ‘3 ABG jatuh saat menikung pakai motor dengan ban cacing jadi contoh untuk jangan mengerem mendahulukan rem depan

    • Bang Roy, udah tau kan?
      beberapa waktu yang lalu artikel mengenai Rangka Honda CB 150R banyak yang patah pernah diangkat dan naik cetak di blognya Kang Amama Ali Ownernya rodaduablog.com , disitu bahkan dijelaskan dengan bukti otentik berupa gambar foto beserta bengkel yang menerima keluhan dan yg memperbaikinya. namun apa daya, artikel tersebut katanya cuma bertahan selama +/- 5 hari abis itu “di recall”, dan ane baru tau soal kejadian “recall” itu setelah baca dari komentator di blog lain yang menyertakan link google cache-nya, ternyata nggak cuma blogger papan atas saja yg sudah di endorse, taunya blogger pinggiran juga “diternak”, ekekekek . . . 😀

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.