Lubang yang bikin patah CB150R mungkin nggak ada tapi tambalan jalannya amit amit ngalahin freestyler dan dagang sayur


Rame berita soal Honda CB150R patah triple clampnya.

Soal suatu lubang itu dianggap pantas untuk mematahkan triple clamp dibahas di artikel lain. Kali ini cuma bahas soal seberapa hebatnya kemampuan jalan merusak motor.

Ada dua blog yang ngomong bahwa kalau bukan lubang nggak akan bisa merusak motor:
Segi Tiga CB150R Patah Katanya Hajar Lubang, Pas Dicari Lubangnya Gak Ada, Terus Aku Kudu Piye?

Misal hanya menghajar lobang kalau gak sampe lobang se got mustinya aman, wong motor ini sering dipake jempalitan freetyler dan aman-aman saja.

Waduh, Triple Clamp CB150R Patah!

Motornya Mas Sayur contohnya, tiap hari memikul ratusan kilogram dengan track naik turun jalan bagus dan jelek tak mengalami hal tersebut.

Tadi siang penulis coba lewat jalan tersebut. Kalau dari streetview tampilannya berikut ini.
Raya Geluran:

Berikut foto dari kejadian:

Saat melewati jalan itu tadi siang, penulis lihat lubang memang ada, tapi kecil kecil. Walau kecil masih termasuk yang bisa merusak. Kebanyakan motor berjalan kencang di jalan tersebut. Bisa diatas 70 km/jam dan nggak jarang yang gas pol.

Namun rasanya bukan itu yang bikin patah triple clamp. Maaf nggak bisa foto, tapi keadaan di jalan itu banyak tambalannya. Tambalan jalan juga lumayan tebal. Sentakan yang dirasakan di setir nggak kalah bila menerjang lubang. Padahal itu yang ringan. Penulis sengaja menghindari tambalan jalan yang lebih ekstrim, jadi nggak bisa sharing rasanya menabrak tambalan jalan ekstremnya.

Seandainya rider yang celaka tersebut mengekor di belakang kendaraan lain. Menabrak tambalan jalan ektrem tersebut bakal terasa seperti lubang dalam. Apalagi yang tambalan jejer, efeknya bakal lebih parah.

Menurut penulis menabrak tambalan jalan yang tebal di kecepatan 100km/jam itu jauh lebih merusak motor daripada sekedar freestyle. Freestyle itu cuma mengangkat roda. Seberapa kencang sih kecepatan ban turun saat menghantam tanah kalau pas freestyle. Seandainya yang main freestyle menurunkan ban depan dengan rem belakang mendadak pun rasanya tekanan nggak bakal banyak. Lagilupa arah gerakannya sesuai dengan arah gerakan suspensi, nggak seperti menabrak tambalan jalan yang tidak searah dengan gerakan suspensi.

Kalau dibandingkan tukang sayur juga rasanya beda jauh. Setahu penulis CB150R monoshock. Sebelum bebannya merusak triple clamp, pasti skok belakangnya dulu yang kena. Karena bebannya ada di belakang. Kalau ada motor dengan suspensi monoshock bisa dibuat bawa dagangan sayur, maka itu artinya bebannya nggak berat berat amat. Saat bawa dagang sayuran pun rasanya motornya nggak akan dibawa di kecepatan 100km/jam di jalan nggak enak. Bisa terbang semua sayur dan tempenya. Belum lagi kalau bawa tahu, apa ya seperti “initial d” tapi pakai motor.

Menurut penulis, seandainya nggak ada lubang pun, jalan tersebut mampu untuk merusak motor yang nggak kokoh. Alasan mengapa penulis sebut nggak kokoh akan dibahas di artikel selanjutnya.

8 respons untuk ‘Lubang yang bikin patah CB150R mungkin nggak ada tapi tambalan jalannya amit amit ngalahin freestyler dan dagang sayur

  1. Hahaha . . . , yang pasti bisa saja memang kualitas AHM ancur-ancuran Om, ingat ini motor (boleh dibilang) diproyeksikan sebagai BeAT-nya motor sport Honda, jadi yaaahh tau ndirilah…. buat apa kasih kualitas bagus klo yg biasa2 aja tetep laris, bagaimanapun juga yg namanya pabrikan (apalagi ini pabrikan penguasa) tetep maunya untung gede bagi mereka, blogger amplop juga makin tebel fuluanya, akhirnya rakyat-lah yg jadi korban, motor yg mungkin sudah dibeli dari hasil kerja keras banting tulang tapi kualitasnya tak sesuai ekspektasi. Rakyat Buntung Pabrikan untung :V

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.