Dasar teori dari modifikasi busi dengan side gap


Artikel ini dibuat berdasarkan permintaan bro Arieftc. Bro Nex sebelumnya sharing sebagai berikut:

saya pakai koil kawahara dan busi 1 tingkat lebih panas dimodif jadi side gap dan ring busi dilepas sisanya standar.

Manfaat dirangkum sebagai berikut di gisikuntung:
OPTIMALISASI BUSI STANDAR (Side Gap Spark Plug)

1. Loncatan bunga api lebih fokus pada titik tertentu.
2. Api merambat ke segala arah didalam ruang bakar.
3. Sangat disarankan untuk mesin berkompresi tinggi.
4. Meningkatkan torsi.
5. Mengurangi ngepos pada start awal mesin.

Kelebihan dan kekurangan lain disebutkan oleh Technical Support NGK sebagai berikut:
Modifikasi Potong Elektroda Busi, Apa Efeknya?

Dari penjelasan di atas tujuan utama yang diharapkan dari pemotongan tersebut adalah terciptanya api yang dapat bersentuhan langsung dengan bahan bakar dan udara yang terkompresi tanpa ada hambatan, dengan kata lain dapat menekan efek quenching yang terjadi pada elektroda busi.

Elektroda yang dipotong, posisi awal terbentuknya api mengalami pergeseran menuju sisi kiri sehingga api menjadi lebih cepat membesar. Hal ini akan berpengaruh pada api yang membesar tersebut dikarenakan efek quenching yang terjadi lebih sedikit diterima oleh masing-masing elektroda. Sehingga spontanitas akselerasi kendaraan akan terasa mengalami peningkatan akibat perubahan tersebut.

Namun ini menimbulkan dampak tingkat keausan menjadi tidak merata. Hal ini karena terdapat pergeseran titik pengapian, maka percikan listrik yang diterima juga akan mengalami pergeseran. Hal ini mengakibatkan elektroda yang menerima percikan listrik tidak fokus dan menyebabkan keausan pada kedua elektroda menjadi tidak merata, sehingga potensi untuk terjadinya penumpukan karbon menjadi lebih cepat yang akan menyebabkan potensi umur pakai busi menjadi tidak bisa diprediksi kerusakannya.

Jadi intinya api jadi tidak terhambat dan quenching berkurang. Namun umur busi jadi berkurang.

Quenching itu adalah panas yang diserap busi. Penjelasan bisa dilihat di link berikut:
Spark Plug Terms (Q)

Untuk menghasilkan bunga api, yang diperlukan adalah panas. Dengan modif side gap, maka panas yang diserap elektroda busi akan lebih sedikit. Gambarannya sebagai berikut:

Namun ini juga artinya panas yang lari ke ruang bakar jadi lebih banyak. Mungkin ini yang membuat busi punya gisikuntung jadi kelihatan seperti knocking / overheat. Padahal disebutkan sudah pakai pertamax:

Mungkin ini yang membuat bro Nex pakai heat range 1 tingkat lebih tinggi. Lebih dingin businya ya?

Untuk soal aus mungkin bisa lihat video berikut:

Pada video diperlihatkan busi dengan modif sidegap apinya nggak berpindah pindah. Ini artinya loncatan listrik cuma lewat satu tempat saja. Dengan begini aus pada bagian itu akan terjadi lebih cepat.

Dari eksperimen penulis, kalau loncatan api cuma lewat satu tempat saja maka api kadang tidak menyala. Baru kerasa kalau bunga api dibesarin atau kalau oktan bensin kurang atau bensin terlalu irit.
Alasan mengapa busi kaki banyak bisa membantu mengurangi ndut ndutan motor manual

Keuntungannya kalau titik kontak loncatan listrik makin kecil maka bunga api jadi lebih mudah loncat. Namun karena lewatnya cuma satu tempat saja, maka jadi lebih mudah aus, sumbernya:
Spark Plug Terms (F)

Penjelasan berikut juga sama, dikatakan kalau elektrodanya disamping maka elektroda jadi lebih cepat aus. Aus membuat gap elektroda makin besar, yang artinya api jadi makin susah menyala. Sehingga cocoknya pakai yang groundnya banyak.
Spark Plug Terms (M)

 

Untuk soal ringnya dilepas, sepertinya berikut penjelasannya:
DEFINITIONS OF SPARK PLUG TECHNICAL TERMS

  • Recessed – the firing tip is entirely within the threaded shell, offering extreme protection for racing engines, good vibration resistance but prone to fouling.
  • Non projected – the tip of the centre electrode is more or less level with the end of the threaded shell. The ground electrode protrudes from the end of the shell but is relatively short and therefore provides good vibration resistance and good thermal conductivity from the electrode tip. We normally also categorise surface discharge types as non projected.
  • Projected – centre electrode and it’s insulator protrude from the threaded shell to some extent (usually around 1.5mm). This means the tip is more exposed to the combustion process and tends to keep cleaner, it also means that the spark is produced in a position closer to the centre of the combustion chamber – where the greatest efficiency can usually be achieved.
  • Extra projected – same as projected but projected further. This could be anything from 2.5mm to 10mm or more. These plugs are normally designed for specific applications and use in other applications is highly likely to result in engine damage. Not recommended unless explicitly listed as suitable by the engine or spark plug manufacturer. A non threaded ‘shroud’ section is sometimes included at the end of the thread to afford some protection to the otherwise exposed insulator.

Sama:
Spark Plug Terms (R)

Yang penulis tangkap sih kalau busi terlalu pendek api gampang busung / nggak menyala tapi nggak getar dan pendinginan jadi lebih bagus. Cocok untuk mengurangi panasnya ruang mesin.

Sementara itu kalau lebih masuk kedalam busi jadi lebih bersih. Kalau posisinya pas maka pembakaran jadi lebih sempurna. Posisi yang pas ini yang perlu dicari. Karena kalau meleset terlalu dalam juga jadi nggak sip.

 

Intinya adalah kalau modif side gap maka cek juga kondisi fisik busi. Biar tahu modifnya cocok atau tidak. Jangan cuma dari tenaga saja, tapi juga cek knocking, overheat, kalau mesin dingin, kalau lagi macet, dst.

15 respons untuk ‘Dasar teori dari modifikasi busi dengan side gap

  1. Modif side gap bikin ngelitik pada motor saya pas langsam usai dipake jauh motornya. Solusinya pake aceton murni (beli murah yang kadar 95%) takaran 3ml/liter. Setelah pake aceton ngelitik pun ilang. Saya tau info ini dari trit lawas forum serayamotor dan informannya yaitu penyuturbo. Coba bahas pak tentang aceton untuk aditif bbm.

    Suka

  2. kalo ane elektrodanya ngga ane potong tapi ane gerinda dibikin agak melancip ujungnya, kira2 ukurannya 0.4-0.5 mm, yg digerinda bagian sampingnya bukan atasnya, meniru filosofi busi Denso Iridium yang pake diameter center elektrodanya 0.4 mm, tapi kalo Denso yg dimainin center elektrodanya, kalo ane yang elektroda atasnya, dampaknya sih ngga begitu terasa, cuman saat dingin di pagi hari motor lebih mudah start, biasanya sebelum busi dimodifikasi startnya agak susah, bisa nyala sih…, tapi beberapa detik kemudian mesin mati, kalo sekarang setelah ane modifikasi businya gejala tersewbut sudah berkurang 🙂

    Suka

    • tekniknya Mirip kayak saya. tapi gak sama persis.
      Kalau saya, elektroda negatif (ground busi) saya kurangi panjangnya hingga separuh elektroda positif
      Lalu saya papas kanan, kiri dan atas jadi meruncing.
      Api jadi lebih besar, respon dan akselarasi meningkat.
      Sayangnya tidak ada mesin dyno buat mengukur dan membuktikan apakah hanya sugesti atau memang benar meningkatkan performa secara signifikan.

      Suka

      • Sentakan mesin kadang tidak selaras dengan akselerasi kalau soal busi. dibuat jalan di rpm sangat rendah masih lancar atau tidak? Bensinnya apa?

        Karena pengalaman dulu waktu pertama pakai busi kaki tiga tenaga terasa berkurang tapi dipakai rpm rendah sekali jadi enak. Akselerasi juga jadi mulus nggak tersendat.

        Suka

        • Lancar mas
          Pake premium ato pertamax ato pertalite sama saja.
          Hanya saja, pake pertamax sangat terasa bedanya.
          Start juga lebih mudah.
          Di aplikasikan di motor lain (punya adik), suzuki shogun SP 125, beda nyala busi sebelum dan sesudah di modif juga beda. Lebih besar yang sudah di modif.
          Dan sebelum di modif susah nyala, sering mati saat mesin dinyalakan saat dingin, begitu setelah dimodifikasi businya, nyala mesin gak pernah mati-mati.
          Entah apa cuman beruntung atau apa saya juga gak tahu.

          Suka

          • Terima kasih sharingnya. wah dari cirinya sepertinya karena busi yang dipakai terlalu dingin. Jadi saat dipapas dan dibuat bunga api lebih mudah loncat, jadi seperti busi lebih panas.

            Soal bunga api lebih besar, bisa jadi. Selama kalau dipakai di rpm rendah lancar dan mikanya busi nggak jadi hitam atau bintik bintik rasanya tidak masalah. diteruskan saja.

            Suka

      • ada ngga busi buat NMAX/AEROX 155 yang puna elektroda dengan banyak kaki (3 atau 4 kaki) gitu?

        kan katanya makin banyak kaki makin banyak pula percikan bunga apinya, entahlah 😦

        tapi di youtube ada yg mempromosikan busi merk BRISK Made in Ceko (Czech) yang katanya elektroda terbuat dari bahan Silver/Perak dimana kelebihannya adalah perak punya daya hantar listrik yang paling baik daripada logam lain macam tembaga, paltinum, atau bahkan iridium, dalam demonya memang ada produk busi Brisk yang klo dinyalain apinya muter/360 derajat, tapi ada yang komen bahwa perak titik leburnya rendah sehingga masalah daya tahan businya masih dipertanyakan.

        bagaimana menurut om?

        Suka

        • Wah maaf nggak tahu.

          Busi kaki banyak itu kalau nggak salah dipakai sebagai solusi mobil yang setelannya kebangetan iritnya. Loncatan listrik sekali lewat cuma satu. Tapi karena berpindah pindah, jadi kelihatan banyak. Ini karena kalau pas “bosen” maka loncatan listrik akan lewat posisi lain. Kalau nggak disediakan tempat loncat lain akan bisa ngambek nggak mau loncat.

          Untuk yang dari perak, agak bingung juga. Karena kan busi itu normalnya ada hambatannya. Kalau pakai busi yang hambatannya 0 ohm maka bunga api akan lebih besar tapi resikonya bisa merusak coil atau ECU.

          Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.