Cat motor itu murahan, kalau membersihkan lumpur jangan pakai kain atau busa. Pakai sabun no problem asal pakai trik


Sebenarnya bro Nex sudah request artikel sejak luama sekali. Cuma waktu penulis lihat sumbernya, penulis jadi nggak pede mau menulis. Caranya rumit dan banyak kontroversinya. Karena merasa terlalu lama, akhirnya penulis bahas dari yang penulis tahu. Maaf ya bro Nex.

Topiknya cuma soal membersihkan lumpur atau kotoran tanah yang melekat di bodi motor. Ini sering terjadi di musim hujan.

Kalau cuma memikirkan bersihkan lumpurnya saja, maka pakai air bertekanan tinggi sip juga:
CEGAH KERUSAKAN, CUCI MOTOR TRAIL DENGAN BAIK

Cuma kan itu nggak selalu tersedia dan ada kelemahannya. Ada yang bilang air jadi masuk mesin, masuk tangki, membasahi sensor, bikin konslet pengapian, dst.

Paling gampang sih pakai kain dan ember berisi air sabun. Tapi yang begitu itu nggak sip karena cat motor itu biasanya jelek banget, murahan, gampang tergores, dst. Kalau pakai cara seperti itu maka partikel lumpur akan menempel ke kain dan akan merusak cat kalau digoreskan. Mau kainnya pakai microfiber atau kanebo atau kain lembut atau busa empuk sama saja.

Jadi lumpur harus dibersihkan dulu sampai betul betul bersih. Untuk membersihkan lumpur penulis pakai tangan. Penulis membuat air mengalir sambil menggosok bagian permukaan bodi dengan tangan.

Mengapa? Karena tangan sensitif. Begitu tahu ada pasir maka bisa langsung dirasakan dan tangan bisa dibersihkan dari pasir sebelum meneruskan menggosok lagi.

Kalau nggak pakai tangan tapi pakai air saja bagaimana? Dari pengalaman sih nggak akan lepas lumpurnya.

 

Setelah betul betul bersih, penulis kadang, sekali lagi kadang, pakai air sabun. Kalau pas lagi eman eman bodi, penulis menyabuni pakai tangan juga. Kalau malas ya pakai kain, habis itu terlihat beret tipisnya.

Ada yang bilang pakai sabun itu efeknya negatif. Contohnya di artikel berikut:
Mencuci motor dengan Sunlight ? efeknya ngeri cak !!!

Sunlight kandungan cleaner terlalu tinggi, kotoran memang bersih tapi proteksi cat bawaan pabrik (wax, sealant, coating dan sejenisnya) ikut keangkut juga. Terus kandungan detergent juga tinggi. Efeknya bisa bikin waterspot alias kayak jamur kaca ketika ada air yang kelamaan kelewat nggak kena lap

Memang iya. Sabun itu kan musuhnya minyak. Wax, sealant, coating yang termasuk minyak akan juga ikut dibersihkan. Tapi kan cuma itu satu satunya kalau mau membersihkan bekas asap solar dll? Pakai sampo mobil yang paling mahal sekalipun ya sama saja.

Kan memang kalau habis disabuni mobil juga di wax atau di coating lagi. Kalau nggak mau hilang coating atau waxnya ya nggak usah pakai sabun. Nggak ada bedanya antara sunlight atau sampo mobil.

Lagipula cat motor kan murahan. Apa ya cat motor pakai coating dll seperti cat mobil mahal? Kecuali kalau motornya mahal sih. Entah motor 250 cc sudah pakai cat ala mobil porsche atau ala mobil pickup.

Tapi jangan pakai sabun bubuk karena cat bisa rusak karena punya sifat basa yang kuat. Orang kalau mau merontokkan cat kan pakai soda api yang punya sifat basa kuat. Jadi sabun colek atau sabun bubuk sebaiknya dihindari.

 

Untuk soal waterspot, itu kan karena sabun dibiarkan mengendap terlalu lama. Triknya adalah kalau pakai sabun, jangan dibiarkan terlalu lama. Kalau perlu jangan menunggu semua bagian selesai disabuni tapi sedikit sedikit. Habis disabuni lalu langsung bilas pakai air sambil diusap pakai tangan. Kalau masih kurang, mending diulangi lagi daripada dibiarkan bereaksi.

Jangan mencuci dalam kondisi bodi panas atau dibawah matahari. Sabun harus dilarutkan ke air dulu.

 

Dalam mengeringkan menurut penulis tidak masalah pakai kanebo. Memang iya kalau digosok gosok bisa jadi sumber beret tipis juga. Caranya adalah jangan diusap tapi ditempel. Jadi kanebo dikeringkan lalu di tul tul kan atau ditempelkan ke bodi sampai air hilang.

Teknik diatas pernah penulis coba penulis praktekkan pada kaca helm. Kan kaca helem itu sama mudah beretnya dengan cat motor. Dengan cara cara diatas kaca helm bisa tetap bening bebas beret. Cuma satu waktu terpaksa harus mengusap kaca helm pakai tangan saat hujan hujan. Jadi langsung beret deh.

Jadi bila di bodi motor ada lumpur, jangan sampai diusap pakai tangan dalam keadaan kering atau tidak sedang dialiri air. Ini bakal bikin beret.

Idealnya sih setelah dipakai langsung dicuci. Sehingga lumpur tidak sampai membentuk kerak yang susah dibersihkan.

Iklan

12 respons untuk ‘Cat motor itu murahan, kalau membersihkan lumpur jangan pakai kain atau busa. Pakai sabun no problem asal pakai trik

  1. iya sama om,,kl cuci motor saya jg prtama pakai tangan+kran kecil..
    mobil pik up dari tahun 2005 jg msih lumayan catnya,,hanya baret2 kecil di bawah kaca depan,,itu biasa,,karena percikan krikil dari mobil di depan.untuk area pintu masih mengkilap.

    Suka

  2. pke tangan dulu buat bersihin kerikil n tanah, klo udh di kira2 bersih disiram lg sampe bener2 bersih baru di sikat pake sabun cuci atau shampoo. klo udh baru keringin pake lap. panasin motor 5 menit biar yakin uap air gak ada, dibawah jok jg di lap sampe bersih, takutnya ada air yg menyelinap. klo yg motor tutup stupa mending di siram pelan2, jangan coba disteam nanti susah nyala ato bikin keropos tengk.

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.