Latihan safety riding harusnya berdasarkan penyebab utama celaka, misalnya kondisi jalan licin


Pernah ada yang ngomong bahwa kalau di jalan licin semua teori itu tidak berlaku. Jadi mereka cuma mengajari cara berkendara dengan aman di jalan yang nggak licin.

Entah berapa banyak yang berpikiran begini namun menurut penulis itu adalah logika yang terbalik. Apa tidak pernah lihat rambu jalan berikut?

Ada rambu tersebut artinya di kondisi semacam itu banyak yang celaka. Bukankah rider itu seharusnya dilatih untuk bisa selamat dalam kondisi semacam itu? Sehingga jadi pertanyaan mengapa kok latihan mengendarai atau safety riding harus dilakukan dalam kondisi yang ideal?

Menurut penulis pelatihan berkendara itu seharusnya didasarkan pada apa yang sering jadi penyebab celaka. Paling tidak dari contoh yang pernah viral, misalnya R25 vs Ayla yang terjadi karena ban depan terkunci sehingga motor jatuh. Vespa yang keluar jalur saat mengerem sehingga ditabrak Avanza. Terakhir ada kasus ban depan ER6N terkunci sehingga motor meluncur masuk ke jurang.

 

Bagus bila ada yang mengkoordinir sehingga pengendara tersebut bisa diinterogasi tentang apa yang mereka lakukan pada saat itu terjadi. Sehingga bisa menjadi pelajaran bagi yang lain. Jangan cuma mengikuti omongan orang yang nggak pernah celaka atau yang jarang naik motor. Ya semoga mereka yang celaka itu mau sharing pengalaman mereka.

Dari ketiga contoh ada dua yang terjadi di jalan licin. Melihat yang seperti itu maka seharusnya latihan berkendara atau latihan safety riding itu dilakukan dengan mempertimbangkan kondisi jalan licin juga. Akan lebih bagus bila pelatihan safety riding juga mengajarkan praktek berkendara di jalan licin. Sehingga tidak sampai terulang kejadian yang sama.

Tapi juga seharusnya meningkatkan kemampuan berkendara itu bukan tanggung jawab pabrik motor tapi tanggung jawab masing masing pengendara. Sama halnya dengan perilaku berkendara yang aman. Pelatihan safety riding tidak mengajarkan hal yang salah saja sudah untung, kita nggak bisa berharap lebih.

Penulis juga paham ketakutan dari penyelenggara latihan. Kalau yang diuji nggak punya kemampuan terus ada yang celaka, maka penyelenggara yang kena. Oleh karena itu wajar bila standarnya dibuat serendah mungkin. Sayangnya ini juga berarti pengendara jadi tidak banyak meningkatkan kemampuan. Standar latihan yang diterapkan pun tidak selalu sesuai dengan keadaan di jalan, tidak sesuai dengan apa yang biasa kita lakukan sehari hari.

Ya semoga yang mengikuti itu sadar latihan macam apa yang membantu mereka pada saat mereka mengalami sendiri situasi seperti video kecelakaan yang viral. Bisa belajar bagaimana harus bereaksi ketika mengalami hal yang sama.

 

Contoh kasus: di beberapa artikel safety riding, baik di sini ataupun tempat lain, ada yang bilang pakai rem depan saja tidak masalah. Apa mereka akan juga pakai cara tersebut di jalan licin? Penulis kok ragu.

Penulis sendiri memberikan rekomendasi mengerem pakai belakang dulu (lalu diikuti rem depan) juga berdasarkan pengalaman berkendara di jalan licin, termasuk saat saat emergency brake yang bikin jantung dag dig dug. Entah yang membantah hal ini juga pakai pengalaman semacam atau hasil kutipan kata orang yang nggak pernah mengalami sendiri.

Seharusnya safety riding difokuskan untuk mengurangi terulangnya peristiwa kecelakaan di jalan.

Tapi ada tren nggak bagus. Penulis amati artikel yang meliput atua membahas acara safety riding atau kampanye keselamatan berkendara sudah tidak lagi berisi informasi cara berkendara yang aman. Mengapa?

Iklan

3 thoughts on “Latihan safety riding harusnya berdasarkan penyebab utama celaka, misalnya kondisi jalan licin

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s