Dilihat dari sisi ini, Honda CB300R keren, sayang nggak mungkin masuk Indonesia ya?


Tampilan belakang sih generik ala Xabre, tapi bagian depan Honda CB300R kalau dilihat dari dekat ternyata keren. Ini bisa dilihat di video postingan great biker.
รีวิวทดสอบขับขี่จริง New Honda CB300R โดย GreatBiker

Ini videonya: Baca lebih lanjut

Jebakan paku seperti ini rasanya cocok untuk mencegah kebut kebutan dan lewat jalur berlawanan arah


Entah cara seperti ini cocok untuk diterapkan di Indonesia atau tidak. Di India ada beberapa tempat yang pasang jebakan paku:
Buat Mencegah Motor Lawan Arus “Tyre Killer” Mulai Dipasang Di India, Indonesia Kapan?

Jebakan paku terlihat cocok banget untuk membuat pengendara untuk lewat dengan pelan: Baca lebih lanjut

Kata agen Akrapovic, Honda sudah beberapa kali memalsukan knalpot!? Motor Honda mana lagi yang pakai knalpot palsu?


Waktu ada berita soal Akrapovic akan mengajukan kasus knalpot palsu ke pengadilan penulis anggap sebagai sesuatu yang normal:
Soal Knalpot Palsu di Honda PCX, Akrapovich Tempuh Jalur Hukum

Yang membuat penulis kaget adalah Akrapovic justru akan menuntut Honda: Baca lebih lanjut

Dilema, ban sudah habis tapi menurut tanda belum, atau ban masih bagus tapi menurut tanda sudah waktunya ganti


Soal tanda aus ban, ternyata penulis salah, di artikel sebelumnya, penulis dikoreksi oleh bro Akra, zzz dan enoendorsan.
Tanda aus di ban itu mubazir dan banyak tanda lain yang juga nggak kepakai

Yang benar itu yang begini:
Kapan Ban Harus Diganti? Yuk Pahami Thread Wear Indicator

Penulis cek sendiri ternyata memang benar ada. Tapi susah banget kelihatan. Ban merek Federal: Baca lebih lanjut

Tanda aus di ban itu mubazir dan banyak tanda lain yang juga nggak kepakai


Penulis lihat ada artikel penjelasan ban yang bagus:
Membaca Kode Ban Motor

Tapi membaca itu rasanya kok banyak tanda di ban yang nggak ada gunanya untuk kita ya? Contohnya:

Dari tanda tersebut rasanya yang kepakai cuma dua kelompok, yaitu yang Baca lebih lanjut

Zongshen RT3 tidak kalah keren dengan matik Maxi Honda Forza 250 dan Yamaha XMAX


Sekarang ini motor matik maxi sedang naik daun. Motor sudah nggak terkesan sebagai motor cewek tapi dianggap sebagai motornya cewek macho. Karena jamannya pakai lampu LED, yang beli pada cari yang lampu depannya LED. Di Indonesia sepertinya sekarang ini cuma ada Yamaha XMAX?

Kabarnya entah tahun depan atau depannya lagi atau depannya lagi, akan juga didatangkan Honda Forza 250:

Motor berikut ini walau mustahil masuk Indonesia kalau diluar negeri bakal dilirik juga. Motornya adalah Zongshen atau Daelim RT3:
售价2.298万起 RT3开春正式发售

Tenaga lumayan untuk mocin, Baca lebih lanjut

Ini tampilan keseluruhan dari facelift Honda Megapro versi Cina


Sebelumnya sudah ada bocoran foto dari facelift Megapro versi cina yang cuma diperlihatkan sebagian bodinya, namanya Honda Phantom 150:
Honda Siapkan New MegaPro Facelift 2018!

Ternyata sudah dirilis. Keren:
详解:没了小翅膀的新款幻影150怎么飞

Walau ini Honda, penulis terus terang lebih teringat dengan Yamaha Vixion saat melihat motor ini. Lampu depannya yang LED itu yang terasa mirip lampu depannya Yamaha Vixion R: Baca lebih lanjut

Heboh lagi, data racelogic menunjukkan top speed NMAX meningkat tajam dan ternyata yang bikin cepat PCX lokal itu bukan mesinnya


Top speed gue kok nambah ya?

 

Sori, mesin gue sebenarnya nggak lebih kencang

Kembali muncul lagi hasil pengujian menggunakan racelogic yang bikin heboh. Ditunjukkan NMAX bisa lebih cepat dari PCX:
Hasil Pengukuran Performa Mesin NMAX 2018 VS All New PCX Dengan Racelogic, Mantap Mana Nih Bro?

Kalau yang lain fokus ke perbandingan antara PCX dengan NMAX, penulis lebih fokus ke perbandingan NMAX dengan NMAX dan PCX dengan PCX.

Ternyata kalau datanya juga dilengkapi dengan informasi tinggi/berat ridernya jadi terlihat jelas mengapa kok datanya begitu.

Berikut kalau data NMAX yang dibandingkan:

Berikut kalau data PCX yang dibandingkan:

Berikut kalau semua dicantumkan:

 

Bagaimana? Kelihatan ada trennya kan?

Performa keduanya jadi jauh meningkat kalau ridernya langsing. Jadi jelas yang paling mempengaruhi hasil uji tersebut adalah berat rider. Pingin motor jadi kencang kuncinya mengurangi berat badan rider 🙂 .

Cuma masih heran mengapa top speed dari Yamaha NMAX bisa tiba tiba bertambah. Apa sebegitu besarnya beda hambatan angin antara rider 175/180 cm dengan yang beratnya 57 kg?

Penulis juga jadi penasaran sebenarnya perbandingan performa PCX impor dan PCX lokal itu bagaimana. Uji racelogic macam begitu jelas nggak bisa dipakai acuan. Sebelumnya penulis juga sempat bingung mengapa kok PCX lokal kencang banget:

Sempat diingatkan bro zzz bahwa berat rider nggak keitung. Tapi sekarang setelah muncul data rider kok jadi bingung lagi. Kalau lihat tren tersebut, bukankah Honda PCX lokal performanya sebenarnya cuma 11-12 dengan Honda PCX impor? Dan dibanding Vario masih kalah jauh?

Jadi terkesan percuma tenaga di spek bertambah dan walau mesin diklaim beda sama sekali.

Kesimpulan lain adalah hasil tes race logic tersebut bisa menipu. Dan penulis sudah tertipu.

Sumber: