Honda PCX lokal lebih berat dari Vario 150 21%, tapi tenaga beda cuma 16%, bisa seimbang sisanya dari mana?


Hasil uji Honda PCX lokal itu misterius.

Anggap saja hasil pengukuran dari otomotifnet dan gridoto itu akurat:
Performa Honda PCX lokal kok bisa ngeplek sama dengan Honda Vario 150 ya? Sakti banget

Muncul pertanyaan mengapa kok Honda PCX lokal bisa seimbang dengan Honda Vario 150?

Spek mesin terlihat sama di spesifikasi, tapi tenaganya beda. Mungkin karena ecu, knalpot, besar intake, kem dan valve beda. Busi juga beda.

Klaimnya:
All New PCX 150 Pakai Mesin Vario 150? Ini Penjelasan Buat Yang Masih Penasaran

“Sama sekali beda dengan punya Vario 150,” buka Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor.

Namun beda tenaga “cuma” 16%. Sebenarnya lumayan banget bisa meningkatkan tenaga 16%. Karena pakai knalpot racing saja paling cuma 2%.

Penulis bilang “cuma” karena perbedaan tenaga seharusnya nggak cukup untuk membuat Honda PCX seimbang dengan Honda Vario. Honda PCX lokal tenaga maksimalnya 10,8 kw, Honda Vario 150 tenaga maksimalnya 9,3 kw. Padahal beda berat itu 132 kg vs 109 kg, selisih 21%. Berarti kurang 5%.

Kok bisa lebih kencang?

Rasanya jawaban yang memungkinkan adalah CVTnya beda.

Dari hasil penelitian juga ditunjukkan ukuran roller beda pun bisa mengubah tenaga yang tersalurkan ke roda:
Roller CVT lebih ringan akselerasi makin bagus atau sebaliknya? nggak mesti bro!

Mungkin itu yang membuat Honda PCX jadi setara dengan Vario 150.

yang juga misterius itu kalau dibandingkan dengan Yamaha NMAX. Tenaga maksimal lebih besar di 11,1 kw. Berat lebih ringan di 127 kg. Tapi kok NMAX kalah jauh ya?

Padahal dulu ada yang ngomong kalau berat yang tercantum di Yamaha itu berat siap pakai atau apaan (maaf lupa). Intinya diklaim berat realnya motor Yamaha itu lebih ringan dari yang di spesifikasi.

Dengan kenyataan seperti itu, bukankah harusnya Yamaha NMAX bisa lebih kencang dari Honda PCX baru? Tapi di uji tersebut terlihat jauh banget bedanya.

Di video berikut, NMAX lawan Vario 150, kelihatan imbang sampai saat kecepatan 80 km/jam. Setelah itu Vario lebih ngacir mungkin karena aerodinamika lebih bagus.

Atau uji itu dilakukan malam hari ya?

Di video berikut NMAX kalah telak lawan Vario 150:

Mungkin ECU punya Yamaha nggak begitu pintar menyesuaikan suasana malam hari? Atau pas kebetulan punya Vario 150 yang nggak enak kalau siang?

Atau kebutuhan bensinnya beda?

Jadi pertanyaan juga mengapa mesin Vario nggak dibuat jadi kayak PCX lokal? jadi 10,8 kw?

20 respons untuk ‘Honda PCX lokal lebih berat dari Vario 150 21%, tapi tenaga beda cuma 16%, bisa seimbang sisanya dari mana?

  1. intinya sih liat dijalanan aja nanti, vario di gadang2 lbih kencang drpd Aerox, dijalanan blm pernah liat Vario menang lawan Aerox. Pake MX King aja 80kph di speed udh kesalip itu Vario 150, tp klo Aerox kudu diatas 80kph dan long straight.

    Suka

  2. klo yamaha biasa na wet weight alias motor na yg udh d ksh bensin, oli, coolant, aki. klo dry weight lebih ringan lg.

    Suka

  3. Itu kan berat kosong,
    Kalo ditambah mr testo berat 77kg,,
    109 + 77 = 186 kg
    132 + 77 = 209 kg
    Perbedaan 23 kg

    23/186 * 100% = 12,4%

    Jangan cuma hitung berat motornya doang…

    Suka

  4. Pak Cahyo ayo dong bahas Nmax generasi Next.
    Atau coba Reveal Nmax generasi next. Hehe

    Ohya ada saran jg nih. Utk pengguna PCX yg mulai banyak. Kan oli AHM busuk. Nah oli apa saja yg recomended utk mesin honda matic dan toko apa saja yg recomended?
    Saya solo

    Suka

    • Wah untuk NMAX belum nemu ide.

      Untuk PCX saya sarankan sama dengan matik Honda lain. Silahkan pakai produk pertamina selain yang untuk matik.

      Atau boleh meniru saya, Fastron Techno 15W50, 10% minyak goreng :). Kalau yang tanpa aneh aneh, bisa coba oli total atau oli motul 5100 ester, juga jangan yang untuk matik.

      Suka

        • ok. akan saya email nomer wanya.

          Tidak menyarankan oli matik karena menurut saya aditif khusus matik itu mengurangi umur oli, menambah kerak dan mengurangi tenaganya motor. Beberapa oli matik juga kualitasnya dibawah yang bukan untuk matik. Pakai oli mesin yang tidak khusus matik malah lebih ok.

          Suka

    • Pake oli mobil, terserah mau merk apa
      Kekentalan minimal sama kaya standar, kalo sering buat jarak jauh ya pake lebih kental

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.