Heboh lagi, data racelogic menunjukkan top speed NMAX meningkat tajam dan ternyata yang bikin cepat PCX lokal itu bukan mesinnya


Top speed gue kok nambah ya?

 

Sori, mesin gue sebenarnya nggak lebih kencang

Kembali muncul lagi hasil pengujian menggunakan racelogic yang bikin heboh. Ditunjukkan NMAX bisa lebih cepat dari PCX:
Hasil Pengukuran Performa Mesin NMAX 2018 VS All New PCX Dengan Racelogic, Mantap Mana Nih Bro?

Kalau yang lain fokus ke perbandingan antara PCX dengan NMAX, penulis lebih fokus ke perbandingan NMAX dengan NMAX dan PCX dengan PCX.

Ternyata kalau datanya juga dilengkapi dengan informasi tinggi/berat ridernya jadi terlihat jelas mengapa kok datanya begitu.

Berikut kalau data NMAX yang dibandingkan:

Berikut kalau data PCX yang dibandingkan:

Berikut kalau semua dicantumkan:

 

Bagaimana? Kelihatan ada trennya kan?

Performa keduanya jadi jauh meningkat kalau ridernya langsing. Jadi jelas yang paling mempengaruhi hasil uji tersebut adalah berat rider. Pingin motor jadi kencang kuncinya mengurangi berat badan rider 🙂 .

Cuma masih heran mengapa top speed dari Yamaha NMAX bisa tiba tiba bertambah. Apa sebegitu besarnya beda hambatan angin antara rider 175/180 cm dengan yang beratnya 57 kg?

Penulis juga jadi penasaran sebenarnya perbandingan performa PCX impor dan PCX lokal itu bagaimana. Uji racelogic macam begitu jelas nggak bisa dipakai acuan. Sebelumnya penulis juga sempat bingung mengapa kok PCX lokal kencang banget:

Sempat diingatkan bro zzz bahwa berat rider nggak keitung. Tapi sekarang setelah muncul data rider kok jadi bingung lagi. Kalau lihat tren tersebut, bukankah Honda PCX lokal performanya sebenarnya cuma 11-12 dengan Honda PCX impor? Dan dibanding Vario masih kalah jauh?

Jadi terkesan percuma tenaga di spek bertambah dan walau mesin diklaim beda sama sekali.

Kesimpulan lain adalah hasil tes race logic tersebut bisa menipu. Dan penulis sudah tertipu.

Sumber:

4 respons untuk ‘Heboh lagi, data racelogic menunjukkan top speed NMAX meningkat tajam dan ternyata yang bikin cepat PCX lokal itu bukan mesinnya

  1. Hukum fisika dasar versus hukum marketing kata om leopold.
    Makanya dibandingin ama data 2015. Info laen ketutup jadi misleading.
    Paling pake jurus negasi fitur vva.
    Yg bilang ga terlalu ngaruh. Padahal ama yg ngetest berasa. Powerband Torsi yg merata.
    Nanjak ama akselerasi putaran atas berasa bgt .
    pcx yg ga pake vva
    Catatan di artikel. Untuk pcx
    Perlakukan cara buka gas juga mesti dicatat, terutama di kecepatan menengah ke atas.
    Lebih pas jika diurut.
    Pasalnya, jika gas langsung dibuka mentok justru serasa kosong dulu.
    Apalagi saat berboncengan lebih terasa lagi jedanya.

    Suka

    • Yang soal feeling rasanya harus kita abaikan. Karena dari pengalaman saya feeling itu menipu. om leopold sendiri juga pernah sharing ninja baru terasa tarikan bawah lemah padahal waktu diadu (sama ninja lama dan CBR250RR) bisa akselerasi lebih cepat.

      Hasil uji racelogic juga susah dipakai acuan karena banyak informasi penting yang nggak dishare. Power di spec nggak bisa diandalkan. Berat motor yang ada di spec juga nggak bisa diandalkan.

      Iya, power band itu penting.

      Ibaratnya, satu motor mentok di 13hp tapi lainnya di 11 hp. Sementara itu motor lain dari rpm rendah sampai tinggi 12,5 hp terus ya tentunya menang yang terakhir.

      Suka

  2. […] Yang membuat penulis ragu dengan hasil tersebut adalah lagi lagi datanya nggak lengkap, nggak ada data jokinya. Ini membuat penulis jadi teringat artikel sebelumnya. Kalau hasil uji motor dikendarai rider 57 dibandingkan dengan yang dikendarai rider 77 kg apa ya fair? Heboh lagi, data racelogic menunjukkan top speed NMAX meningkat tajam dan ternyata yang bikin cepat … […]

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.