Soal tanda aus ban, ternyata penulis salah, di artikel sebelumnya, penulis dikoreksi oleh bro Akra, zzz dan enoendorsan.
Tanda aus di ban itu mubazir dan banyak tanda lain yang juga nggak kepakai
Yang benar itu yang begini:
Kapan Ban Harus Diganti? Yuk Pahami Thread Wear Indicator
Penulis cek sendiri ternyata memang benar ada. Tapi susah banget kelihatan. Ban merek Federal:
Karena ban masih baru, dinding ban tebal banget (salah satu faktor memilih merek federal).
Tanda akan lebih jelas kelihatan kalau ban gundul:
Tapi jadi dilema. Ban itu sebenarnya sudah waktunya diganti. Alur ditengah sudah habis. Tapi melihat tandanya sebelah kiri kok sepertinya belum waktunya diganti.
Walau tengah sudah habis, bagian pinggir masih lumayan utuh. Guratan tengah itu gunanya untuk saluran pembuangan air saat lewat jalan basah.
Tanda sebelah kanan sepertinya sudah pas. Lihat bekas guratan, sepertinya di tengah ban ada tanda aus juga?
Perlu digantikah?
Yang berikutnya penulis menjumpai ban Honda Beat sudah berumur. Tertulis minggu ke 16 tahun 2015. Artinya sudah hampir 3 tahun.
Permukaan ban terlihat nggak rata / benjol – benjol.
Ada retakan retakan juga:
Itu ban yang sama yang penulis pakai waktu demo ngerem:
Jadi ban masih pakem. Perlu digantikah?
Nah ikutan nyimak, kasusny sama dengan saya. Tengah uda kena TWI, bagian samping masih tebel. Tapi ya secara teori namanya uda kena TWI mo tengah ato samping yg kena duluan tetep harus ganti.
Kl jalan kering masih bisa di pake, tp kl basah malah bahaya.
SukaSuka
Iya juga
SukaSuka
Jd kepikiran, ban kl uda aus apakah grip masih sama dengan beli baru? Toh materialnya sama. Mungkin saya salah.
Kl grip jd berkurang, performance turun, pake makin boros, ya kl uda kena TWI seharusnya ga usa di tunda2 lg buat di ganti.
Mungkin penulis bersedia untuk dibuatkan artikel khusus ban?
Terima kasih
SukaSuka
Khusus soal apanya ban ya? agak bingung juga topiknya.
Kalau grip menurut saya sih kalau di jalan kering nggak begitu terasa. Grip di jalan licin tergantung cara pemakaian. Kalau ban depan yang gundul dan sukanya ngerem depan dulu ya ngeri. Pengalaman waktu setelah ganti ban depan:
– Ban gundul itu nggak licin, nggak mudah bocor tapi nggak enak banget dipakai
– Penulis lupa bahwa ban depan gundul itu ngeri kalau ngeremnya depan dulu
SukaSuka
Seperti contohnya, ban baru dan ban yg sudah terpakai/aus setengah, apakah material/compound tetap sama?
Pernah dengar review dr orang bahwa ban merk A setelah pemakaian beberapa ribu KM sudah tidak enak di pakai lg (belum kena TWI). Jika memang demikian berarti produsen tidak bisa menjaga performa grip sampai ban aus menyentuh TWI?
SukaSuka
Ok, akan saya buatkan artikel tentang compound dari ban.
Ban yang sudah gundul itu yang bikin nggak enak rasanya adalah karena ban jadi makin landai. Kalau lewat bagian jalan yang dicat jadi lebih terasa. Untuk soal bahan rasanya sama. Waktu ban depan gundul grip masih pakem kok, selama bukan jalan banjir. Sebelumnya waktu ban depan gundul tidak banyak terasa perbedaan grip. Tapi itu saya kalau ngerem ban belakang dulu. Kalau ban depan dulu rasanya pasti ngeri banget.
Dari sisi produksi juga mestinya pembuatan ban dengan bahan berbeda itu mahal. Dari banyak skema struktur ban, rasanya nggak ada yang bannya beda grip. Seandainya dibuat beda, maka bagian tengah yang dibuat nggak ngegrip untuk bisa awet.
SukaSuka