Niat banget mau untuk memecahkan rekor, mesinnya Suzuki Hayabusa diganti mesin uap


Biasanya kalau mesin uap itu bayangannya mesin dari lokomotif lama yang kalau ingin kencang harus diberi kayu bakar lagi atau diperbesar apinya (lupakan pembangkit listrik tenaga nuklir atau tenaga panas bumi). Jadi seringkali mesin uap itu diidentikkan dengan kendaraan lambat.

Tapi ini aneh. Untuk memecahkan rekor kecepatan, mesin dari Suzuki Hayabusa malah diganti dengan mesin uap:
A steam-powered Suzuki Hayabusa?

Mesinnya nggak kepikiran kalau bentuknya seperti berikut ini: Baca lebih lanjut

Mugen sebagai pabrik mesin mobil untuk balap kok malah buat mesin untuk chopper


Mugen itu kalau di komunitas motor sepertinya cuma dengar soal knalpot racingnya. Contohnya untuk, ehem (penulis yakin yang untuk ini asli), knalpotnya PCX:

Kalau untuk mobil, Mugen lebih terkenal sebagai modif sport khusus untuk mobil Honda. Maklum, yang punya Mugen itu adalah anak dari pendiri Honda. Biasanya mesin Mugen untuk mobil Honda itu identik dengan mesin yang lebih kencang. Nah yang aneh saat buat mesin untuk motor yang dibuat kok malah seperti ini: Baca lebih lanjut

Hasil percobaan bakar oli mesin: HDEO dan PCMO kalah dengan yang ditambah minyak goreng


Hidup ini memang serba kebetulan. Hari ini penulis dapat pesan dari bro Nunu Nur Odeadz Dono yang posting hasil bakar bakar HDEO, PCMO, minyak goreng dan kalau dicampur. Ternyata ada berita berikut:
Gonjang-ganjing Minyak Goreng Jadi Oli Mesin, Ini Perdebatan Netizen!

Eksperimen dari bro Nunu Nur Odeadz Dono kebetulan juga menjawab soal itu.

Tapi penulis tidak setuju dengan artikel itu. Judul beritanya pemakaian minyak goreng jadi oli mesin tapi kok yang dikutip percobaan minyak goreng sebagai aditif oli mesin. Mungkin dianggap sama. Padahal beda jauh.

Contoh komentar:

 

Entah yang komentar itu bicara soal 100% minyak goreng, atau yang 10%.

Opini penulis : Yang pakai 100% minyak goreng itu ngawur.

Yang penulis sarankan adalah menggunakan minyak goreng sebagai aditif oli mesin. Kalau takut pakai 5%, kalau berani pakai 20%. Walau ada yang pakainya 50%, penulis sementara hanya berani menyarankan hingga 20% minyak goreng.

Logikanya saja, mana ada sih oli mesin yang isinya 100% PAO. Mana ada sih oli mesin yang isinya 100% mineral atau base oil grup 3? Pasti ada aditifnya. Ada yang ngomong prosentasenya antara 15% hingga 25%: Baca lebih lanjut

Performa Honda PCX lokal kok bisa ngeplek sama dengan Honda Vario 150 ya? Sakti banget


Terus terang lihat hasil pengujian dari Honda PCX lokal membuat penulis berpikir juga. Mengapa kok ngeplek dengan Vario 150, padahal seingat penulis berat PCX lokal itu nggak sama dengan Vario. Juga dulu Honda PCX itu kalah jauh performanya dengan Honda Vario 150.
Vario Day Honda

Lebih jelas kalau semua dijejerkan Baca lebih lanjut

Cari solusi mengatasi kemacetan kok ke kota yang kena macet? Terbukti melarang motor justru bikin macet


Penulis nggak habis pikir dengan mindset pemerintah. Biasanya kalau cari solusi itu ke yang sukses, tapi dalam mengatasi kemacetan mengapa kok memerintah meniru yang gagal?

Penulis baru tahu ada yang niat pergi ke Jepang untuk mempelajari bagaimana solusi mereka mengatasi macet: Baca lebih lanjut

Pantas lampu depan LED Honda Vario 110 itu silau, memang dari desainnya yang error


Selama ini penulis merasakan bahwa lampu depan Honda Vario 110 itu silau. Walau sama sama LED, punya Vario 110 terasa lebih silau dari motor Honda lain saat pakai lampu dekat. Memang sih kalau sama sama disuruh pakai lampu jauh oleh pak polisi, lampunya pada bikin silau semua. Namun fokusnya sekarang soal lampu dekat.

Lampu Vario 110:

Harusnya dibandingkan antara lampu LEDnya Vario dengan motor lain. Ternyata sudah ada yang eksperimen. Namun membandingkannya dengan Baca lebih lanjut

Indonesia itu negara yang masih tidak mendukung perkembangan kendaraan listrik


Pertanyaan dari bro waito membuat penulis jadi kepikiran dengan topik ini. Soal kendaraan listrik ini sebenarnya sama dengan standar Euro. Negara negara pada dipaksa oleh negara maju demi alasan untuk mengurangi efek global warming. Walau efek global warming tersebut belum jelas terbukti, dan solusi yang ditawarkan belum jelas manjur.

Walau Indonesia bisa disebut sebagai salah satu negara dengan jumlah pemakai motor terbanyak di dunia, keberadaan motor listrik bisa disebut nol. Beda dengan India atau Cina dimana kendaraan motor listrik banyak berkembang, di Indonesia sepertinya cuma ITS saja yang serius. GESITS :

Viar juga jualan, tapi kan impor dari Cina. Yang diimpor pun bukan yang canggih tapi sepertinya cari yang murah (jadi lupa pernah nemu motor semacam Q1 tapi lebih canggih tapi belum bahas).

Memang sih, ada yang berjuang melalui modif: Baca lebih lanjut