Percuma pabrikan bilang menolak modif nggak aman, karena pabrikan secara terbuka masih mendukung modif nggak aman


Penulis melihat ironi yang terjadi di beberapa hari ini. Ada pabrik yang menolak ban cacing:
Saat Pabrikan Berkata “TIDAK Pada Ban Cacing”

Tapi ada pabrikan yang memamerkan konsep modif motor ceper:
Modifikasi New Vario 150 Low Rider… Pakai Air Suspension…

Ban cacing dan motor ceper itu biasanya sepaket, contoh motornya Wisno Prasetyo IMCI:

 

Soal modifikasi nggak aman, pabrikan biasanya diam saja. Kawasaki pernah menganjurkan tidak pakai ban cacing:

Penulis tidak menemukan postingan dari Honda atau Yamaha soal ban cacing. Mungkin nggak masuk kurikulumnya safety riding.

Bagi penulis sebenarnya tidak masalah pabrikan tidak komentar soal modifikasi yang berbahaya atau nggak aman. Yang jadi masalah itu bila pabrikan mendukung modifikasi tersebut padahal katanya perhatian soal safety riding, dst.

Contoh kegiatan mendukung modifikasi berbahaya:

Memamerkan konsep modifikasi yang nggak aman untuk dipakai di jalan.
Yang mendukung pabrik mendukung motor modifikasi nggak aman sering bilang: “kan itu motor untuk kontes? memang nggak untuk dipakai di jalan!”

Entah mengapa mereka pura pura bodoh. Rasanya sudah banyak cerita ada ABG nekat ini itu karena uang modif nggak diberi. Ada keluarga muda yang bertengkar gara gara uang gaji habis untuk modif. Emang kalau kemana mana mereka itu bakal meninggalkan motornya di rumah? Pasti motor hasil memeras orang tua atau istri/anak yang dibawa.

Coba juga bandingkan dengan mobil kontes. Perasaan penulis nggak pernah dengar ada mobil kontes itu tidak untuk dipakai. Tapi sering banget penulis dengar motor kontes itu tidak untuk dipakai. Kira kira mana yang lebih masuk akal?

Mungkin ada yang bilang: “itukan hanya untuk contoh, nggak untuk ditiru kok!”

Kalau beneran nggak untuk ditiru, di keterangan untuk modif tersebut harusnya jangan hanya diberi tulisan “tidak untuk dijual”, tapi harus ada juga tulisan “modifikasi ini ilegal, membuat motor tidak boleh dipakai di jalan!”.

Kalau nggak ada tulisan tersebut jelas pabriknya mendorong pemilik motor untuk melakukan modifikasi ilegal atau berbahaya.

 

Tidak mendiskualifikasi peserta kontes dengan modifikasi ilegal atau berbahaya
Sebenarnya gampang banget membasmi modifikasi yang membahayakan atau nggak aman. Pabrikan tinggal melarang modifikasi ilegal di kontes kecantikan motor. Kalau yang modif begitu nggak bisa pamer, kan otomatis minat jadi berkurang. Mereka juga akan lebih kreatif untuk melakukan modif yang aman dan legal.

Yang sekarang ini kan sebaliknya. Yang nggak pakai modifikasi ban cacing sudah dipastikan kemungkinan besar bakal kalah. Jadi banyak orang berlomba lomba untuk memodifikasi motor secara berbahaya atau nggak aman.

Nggak cuma ban cacing saja, ada yang melepas rem depan. Pakai lampu yang dijamin bakal menyilaukan yang lain. Pakai fitur emak emak seperti misalnya lampu hazard, rotator, sirine, dst. Pakai knalpot brong yang suaranya keras banget karena ridernya nggak rela tuli sendirian. Dst.

 

Kalau turing resmi juga biasanya motor yang paling ilegal yang bakal dapat kesempatan berada di depan. Motornya standar? nggak usah ngimpi ada di depan. “Motor loe nggak silau bro? Loe belakang deh.” Memang kalau yang lampunya silau ditaruh belakang kan mana mungkin pengendara berlawanan arah jadi silau oleh rombongan turing. Kalau jadi ketua rombongan pun sering dapat “tekanan batin” untuk memodifikasi motornya biar jadi nggak aman.

 

btw, biar nggak salah paham, nggak aman yang penulis maksud adalah nggak aman untuk pemakai jalan yang lain.

Iklan

3 respons untuk ‘Percuma pabrikan bilang menolak modif nggak aman, karena pabrikan secara terbuka masih mendukung modif nggak aman

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.