Lucu ada orang Honda mem-BC sistem rem CBS dengan bilang saat hujan pakai rem belakang saja


Penulis sudah bahas rem CBS berkali kali yang intinya sistem rem CBS itu tidak ada gunanya dan justru bisa membahayakan.

Namun lucu juga karena ada orang Honda yang secara nggak langsung menjelek jelekkan fitur sistem rem CBS:
Kondisi Hujan, Usahakan Gunakan Rem Belakang Saja, Sabtu, 18 Nov 2017 13:15 WIB

Asep wawan, Instruktur Safety Riding PT Daya Adicipta Mustika, main dealer motor Honda Jawa Barat, sedikit berbagi tips mengenai teknik pengereman saat hujan. “Sebaiknya lakukan pengereman belakang saja saat hujan, karena jalanan yang basah lebih licin dan rawan selip. Sedangkan titik handling motor berada di ban depan. Jika ban depan slip, maka motor akan sulit untuk dikendalikan,” katanya.

Nggak semua orang Honda ngomongnya begitu. Pada kondisi hujan ada yang bilang barengan 50:50 juga. Namun ada juga yang bilang kalau jalan licin semua teori tidak berlaku.

Nah, seandainya diasumsikan saat musim hujan lebih aman pakai belakang saja, bagaimana dengan motor Honda yang pakai CBS? Sistem CBS dari motor matik Honda itu tidak bisa dimatikan atau dinyalakan seenaknya. Kalau mau matikan ya harus bongkar dulu.

Ini cara kerja rem CBS:

CBS di motor penulis sih sudah dimatikan. Penulis juga tetap pakai rem depan walau saat musim hujan. Tapi tentu saja harus diawali dengan rem belakang. Nunggu sampai ban depan lebih mengigit (karena bobot jadi pindah ke depan) sebelum pakai rem depan.

Semua pada tahu kalau daya pengereman utama ada di rem depan. Kalau dipaksa harus nggak pakai rem depan di saat musim hujan ya ngeri banget. Mau jalan 1/10 nya normal juga nggak aman kalau cuma mengandalkan rem belakang saja. Kalau di jalan kering saja motor meluncur bisa panjang kalau jalan kering, apalagi kalau jalan basah?

Penulis berkali kali butuh mengerem ekstrem saat jalan basah. Menurut penulis rem depan itu tetap dibutuhkan walau musim hujan. Rem depan sangat membantu sekali. Asal ngeremnya jangan nekat depan duluan. Harus belakang dulu.

Penulis penasaran juga, orang Honda bakal ada yang berani ngomong kalau CBS aman saat jalan hujan atau tidak ya? Asumsi kecepatan 60km/jam. Kalau di Beat ini termasuk pelan (spedo motor penulis sudah ngaco kali).

btw, link sumber 17 November 2017, penulis ketemu tim safety riding Honda 4 November 2017.

4 respons untuk ‘Lucu ada orang Honda mem-BC sistem rem CBS dengan bilang saat hujan pakai rem belakang saja

  1. pada dasarnya sih kurang aman, tp CBS ada karena banyak org ngerem belakang doank ato depan doank. yg penting distribusi rem dari CBS itu bekerja sempurna harusnya gak masalah sih.

    Suka

  2. Idling Stop System saja tidak ada fungsinya. pemilik motor honda kebanyakan di lampu merah masih memainkan gas…. dikira mesinnya mati mungkin. ….. hehehe

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.