Aneh banget setelah pakai oli HDEO kok nggak boleh jalan kencang


Ini artikel murni pertanyaan. Penulis beneran ingin tahu apa logikanya oli bagus kok bikin motor nggak boleh dipakai kencang. Ya semoga ada yang bisa jawab.

Contoh pemakaian oli HDEO:
Story About My Byson ; Ternyata Lebih Cocok Pakai Oli Meditran SX

Penulis merasa aneh karena kok diklaim pakai oli HDEO nggak boleh dipakai kencang:
Kesalahan Persepsi Awal Coba Oli Sesat

Pada pemakaian oli sesat dimotor, maka kadang panas mesin akan berlebih daripada normalnya. Atau dijumpai suara yang lebih kasar dari sektor mesin. Hal itu lumrah terjadi pada saat pertama kali memakai oli sesat, apalagi kondisi mesin sudah tahunan memakai oli motor.

Panas berlebih atau suara kasar terjadi karena lapisan film oli di permukaan mesin sedang mengalami pergantian. Addpack atau additiv oli lama sedang bentrok dengan oli jenis baru, kemudian lapisan oli baru akan terbentuk menggantikan yang lama. Proses pengikisan lapisan film oli inilah yang membuat friksi lebih besar sehingga menimbulkan panas atau suara kasar. Tipsnya sangat mudah…. Kendarai motor dengan kerja mesin normal, jangan geber gaspoll… nanti juga akan normal dengan sendirinya.

Terus terang penulis nggak paham dengan logika tersebut. Oli makin baik tapi pakai motor nggak boleh kencang?

Ini bikin penulis jadi berpikir tentang oli Shell AX-5 yang sekarang penulis pakai di Suzuki Spin. Kalau nggak pernah dipakai kencang, maka suara mesin halus halus saja. Akselerasi juga enak. Tapi kalau sekali saja dibuat 0-100 habis lampu merah, langsung deh suara mesin jadi kasar dan tarikan jadi nggak enak.

Apa yang begitu itu disebut oli bagus? Sori deh, penulis nggak setuju.

Sebelumnya penulis juga pernah coba oli AHM MPX-2 di Honda Beat. Nggak usah nunggu dipakai kencang. Dipakai pelan pun sudah kerasa mesin kasar dan panas. Dipakai sampai 400 km malah makin parah.

Apa yang begitu itu disebut oli bagus? Sori deh, penulis nggak setuju.

Pertanyaannya tetap. Apa logikanya oli makin bagus tapi motor malah nggak boleh digeber?

Iklan

5 respons untuk ‘Aneh banget setelah pakai oli HDEO kok nggak boleh jalan kencang

  1. MPX? Lha itu Gus Tri review oli MPX/SPX kena bully ngepbeha, katanya cuma ngejelek2in doank tp klo lu bilang sama ya jadi emang bener. olinya gak bagus, mendingan Yamalube berarti.

    Suka

  2. Oli bagus tu, yg enak digeber dan enak dibawa pelan… Yg udah ane coba oli shell helix hx 7…. Gila, dibawa kenceng mesin ga bersuara, dibawa pelan suara mesin semulus paha luna maya… Long drain pula, 7xxx km dan kemungkinan tembus 10.000km. Yzf r25.

    Suka

    • Setuju. Wah, sip juga hasilnya. Kapan kapan saya coba juga. R25 termasuk yang cocok untuk HX7 sepertinya, soalnya dengar dengar ada yang mengalami selip kopling juga. Terima kasih sharingnya.

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s