Apa itu aditif oli mesin Fullerene C60?


Bro Nex tanya soal aditif Fullerene C60 yang kepakai di oli Xado Verylube Turbo dan oli Bardahl. Contoh iklannya:

Video demonya sebagai berikut, lagi lagi pakai one arm bandit:

 

Cara kerja dari Fullerene C60
Wear kinetics of contact surfaces with use of C60 fullerene additive to motor oil

It is shown that under nonstationary friction conditions, the wear resistance of contact surfaces increases when antifriction nanodisperse C60 fullerene is added to the ESSO SAE 10w40 motor oil. The effect is attributed to a polymerization diamondlike molecular layer arising on the friction-activated metal surface, which leads to decreasing of the softening rate of the 40X steel surface layers and increasing of the hardening rate of the surface layers of SCh 32–52 cast iron.

Intinya aditif tersebut bekerja dengan membuat lapisan yang mirip dengan berlian pada permukaan logam.

Fullerene particles as an additive to liquid lubricants and greases for low friction and wear

Fullerene (C60-rich) powder is tested as an additive to liquid lubricants and greases to improve their friction and wear characteristics. For comparison, tests are also conducted in the presence of base oil with graphite and MoS2 powders (5 wt%). It was found that a 5 wt% addition of fullerene to base oil resulted in a reduction in width of the wear scar on the steel disk from 300-380 mum to 120-130 mum, and the diameter of the wear scar on the mating steel ball was reduced from approximately 200 mum to 60 mum. The coefficient of friction in the presence of oil with 5 wt% fullerene is observed to be approximately 20 percent lower than that of base oil with no additives. The improvements in friction and wear for fullerenes are comparable to those for graphite and MoS2 additives. The improvements in friction and wear are likely due to the formation of a transfer film at the contact region and the presence of C60 clusters which may act as tiny ball bearings which facilitate sliding.

Dijelaskan bahwa dengan kandungan Fullerene 5% dari berat oli mesin membuat aus jadi cuma 30% nya. Secara keseluruhan koefisien hambatan jadi berkurang 20%. Perbaikan hambatan dan aus setara dengan yang dicapai dengan aditif graphite ataupun moly. Lapisan Fullerene jadi seperti ball bearing di permukaan yang bergesekan.

Jelas pemakaian Fullerene ada gunanya. Tapi harus diingat bahwa oli itu tidak hanya butuh mencegah aus saja tapi juga melarutkan kerak, mencegah karat, mencegah korosi, dll. Kalau terlalu banyak anti aus maka fungsi yang lain bakal berkurang keefektifannya.

Di daftar berikut saja kandungan moly itu dalam satuan ppm (part per million) alias per satu juta.
Best Motor Oils – Complete List

Mungkin dari demo dan data tersebut kelihatan hebat banget. Tapi penulis nggak akan mengandalkan aditif model beginian. Nggak akan pakai.

Kalau mau untuk keperluan balap silahkan deh. Tapi harus diingat juga aditif model begini sifatnya konsumtif. Yakinkan bisa kelar sampai akhir balapan.

Untuk pemakaian harian, kalau olinya sudah tidak mampu lagi untuk melindungi mesin maka solusinya ya ganti oli. Kalau memang olinya mulai dari awal bikin suara kasar, maka solusinya ya cari merek oli yang nggak bikin suara mesin kasar atau cari yang lebih kental. Solusi lain cari motor yang mesinnya pakai teknologi anti aus macam SCEM (Suzuki) atau Diasil Cylinder (Yamaha).

Untuk penulis bakal pakai juga trik minyak goreng dan pro capacitor he he.

Kalau percaya banget aditif itu bagus, jangan beli aditifnya tapi beli oli buatan mereka.

Produk Xado, 150 ribu:
XADO Atomic Oil – 10W-40 4T MA 1L Synthetic

Produk Bardahl, 45 ribu?
Bardahl Moto 4 Xtra SAE 10W-40

Ada yang sudah pernah coba kedua oli tersebut? Uji sekali jalan ratusan km nggak termasuk ya.

btw, oli JTX juga mengandalkan uji begituan, tapi konsumen ada yang mengeluh mesin jadi baret.
Karena merusak mesin dan promosi menyesatkan saking bencinya sampai bikin page khusus anti oli mesin JTX

Iklan

2 respons untuk ‘Apa itu aditif oli mesin Fullerene C60?

  1. Pernah cek review oli Bardahl, dan ada yang komplen 2 mesin mobil rusak, dan olinya kurang sampe 2 liter dan berkerak. Giliran ditanya ke CS, malah ditanggapi enggak baik. Tahun 2017

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.