Klaim bahwa Honda PCX lokal jadi empuk karena suspensi double shock itu jelas bohong kan?


Sampai sekarang penulis masih belum mengerti mengapa kok banyak yang menginginkan suspensi belakang double shock

Soal kekuatan jelas enggak, karena toh buktinya yang masih bisa bengkok. Soal empuk jelas enggak karena NMAX pernah suspensinya nggak manusiawi kerasnya. Soal lebih stabil juga ada yang komplin nggak stabil.

Honda sendiri mengklaim bahwa skok belakang dobel di Honda PCX itu bikin nyaman banget:
AHM Perkenalkan All New Honda PCX 150 Produksi Indonesia

Honda PCX telah didesain untuk menghadirkan pengalaman berkendara yang berbeda melalui desain yang mewah, fitur berkelas dan posisi berkendara yang sangat nyaman. Sensasi berkendara sempurna hadir dengan posisi berkendara yang memanjakan ditambah dengan suspensi ganda yang nyaman di bagian belakang.

Katanya sih begitu.

Tapi faktanya lain. Kata Bro Bagus Fery Yanto:
Modifikasi Honda PCX 150 Lokal Pakai Shockbreaker Yamaha XMax, Jadi Empuk! Modal Rp 800 Ribu

Skok blakang xmax dudukan dan ukuran sama persis dengan PCX Lokal. Sama-sama berukuran 35cm dan model dudukan atas bawah sama persis. Dipasang di PCX sama plek gak usah ubah apa-apa (PNP). Keunggulan skok xmax punya 5 setinggan keempukan. Skok ini harganya 860.000 di yamaha.

Skok xmax itu empuk banget kayak terbang. Kalau ditanya dibanding skok ori PCX Lokal, saya cuman bisa jawab layak ta dibandingin. Dilihat aja udah “gak pas”(mungkin ini kata terkalem yang bisa saya tulis), udah pernya kecil dan kepanjangan. Punya saya juga bengkok gak enak dilihat.

Kesan saya pertama kali memakai skok ini rasanya empuk banget, mentul-mentul tapi kalau kena jalan bergelombang rasanya kayak naik kapal. Ngayunnya malah gak saya rasakan pas dibonceng, kalau kena speed trap rasanya empuk dan enak gak mental-mental.

Jadi jelas suspensi double shock itu nggak bikin empuk. Tetap saja tergantung siapa yang produksi.

 

Satu hal yang menurut penulis penting tapi sering tidak dihiraukan orang adalah suspensi itu terbagi dua. Untuk nyaman memang benar per harus empuk. Tapi untuk skok butuh yang bisa empuk kalau kena polisi tidur atau lubang, tapi keras kalau dibuat manuver. Istilahnya high speed damping dan low speed damping. Bagus kalau ada untuk saat bound (suspensi memampat) dan rebound (suspensi melar)

Kalau suspensi pada umumnya / pasaran itu yang seperti ini, kalau menerjang polisi tidur ya mental:

Kalau yang rusak maka nerjang polisi tidur enak, tapi dibuat jalan nggak rata gradakan / getar dan dibuat menikung nggak stabil / ngebuang.

Perhatikan sharingnya Bro Bagus Fery Yanto berikut:

Tapi saya masih kurang nyaman sama rasa ngayunnya. kalau lagi ngebut terus nikung saya lebih berani kalau pakai punya supra. Saat saya pakai goncengan rasanya kayak bandulan ngayun terus skoknya, mungkin gara-gara keempukan dan karakternya gitu.

Itu ciri suspensi underdamped. Ciri skok dampernya kurang keras. Ciri skok dampernya jelek.

Iklan

19 respons untuk ‘Klaim bahwa Honda PCX lokal jadi empuk karena suspensi double shock itu jelas bohong kan?

  1. Bisa saja yg single shock pegasnya agak tebal,kalo yg dual shock pegasnya agak tipis materialnya coba di ukur ketebalan pegas vario 150 & PCX lokal 150

    Suka

    • Sebenarnya single shock lebih baik
      Karena kalo beda dikit aja redamannya bakal gak enak
      Motor sport kan pake single semua, mau di tengah ato disamping macam panigale sama aja

      Kecuali dual shock yang memang dirancang beda kiri kanan macam usd cbr250rr baru joss

      Suka

    • Terima kasih infonya. Wah ternyata lebih parah ya. Nggak ada compression dampingnya.
      Pertanyaan

      6. Mengapa shock belakang motor jenis sport lebih nyaman dibanding shock belakang motor jenis cub?
      Pada motor-motor sport jenis touring seperti Honda MegaPro, Honda Tiger memang lebih nyaman dibanding cub. Hal ini dipengaruhi oleh sprung mass yang diredam oleh shock. Untuk shock yang menggunakan konstruksi double tube memungkinkan mendesign suspensi dengan Spring yang lembut dan kinerjanya dibantu oleh damper dalam menahan beban kendaraan (kompresi) serta meredam kembali gaya ke atas dari spring (rebound)

      Sementara itu shock belakang sebagian motor jenis cub dengan konstruksi single tube single action design, damper tidak membantu kerja spring pada saat kompresi sehingga dibutuhkan spring yang lebih keras untuk menahan beban kendaraan. Untuk jenis ini damper hanya berperan pada saat rebound.

      Suka

  2. PCX Lokal udh di recall diem2. yg beli produknya dpt surat dari AHM untuk ke dealer setempat, dpt souvenir juga…

    Klo produk fine2 aja kenapa harus recall diem2? dan kenapa pula diem2? Apakah takut produknya jadi tercela karena recall terbuka cem suzuki ato yamaha?

    apakah itu alasannya kenapa blogger2 tutup mata ama spakbor mleyot? sassis patah? tp gelap mata klo produk kompetitornya ada kesalahan dikit saja?

    apakah benar ucapan ngabidin klo blogger sekarang kek penjual VCD Bajakan?

    😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂

    Suka

  3. dulu jaman nmax masih keras, pada pake shock xride dobel pula, katanya lebih empuk
    lha pcx pake xmax pnp malah terlalu empuk? apakah xmax ada keluhan terlalu empuk? apa mungkin sudut kemiringan shock ya, di xmax lebih tegak dibanding pcx?

    Suka

    • Bisa juga karena posisinya beda. Misal di xmax lebih mundur posisi suspensinya daripada di pcx. Atau bisa jadi itu beli suspensi bekas, karena yang empuk adalah bagian shock breakernya.

      Suka

    • saya sependapat dng sudut kemiringan…di pcx lokal saya udah pernah coba pake shock nmax dan aftermarket buat nmax, hasilnya mentul ayun2an…padahal kalo di nmax kaku banget…suspect saya krn kedua motor itu punya sudut kemiringan shock yang beda dimana nmax tegak, sama halnya dng xmax yg tegak.

      yg ajib justru waktu shock pcx lokal coba dipasang di nmax, hasilnya malah jauh lebih nyaman dibanding di pcx lokal itu sendiri, redamannya lbh lembut dan kalo lewat poldur gak mental…sampe sy berpikir feel comfort seperti itulah yang seharusnya didapat dr pcx lokal. dari hasil yg positif itu saya jg info kan ke temen2 yg punya nmax bisa coba shock pcx lokal kalo memang ada rencana ganti shock yg lbh nyaman.

      Suka

  4. Ahh ini bukannya best of the best scooter 2018. Yang best nya aja shockbreaker ancur2an, plastik tipis, jok bikin panas, apalagi yg beginian #logikaFBH

    Suka

  5. motor matic double shock termurah dan ternyaman yang pernah saya coba adalah suzuki skywave. redamannya sangat lembut. mau nanya bagi yang sudah pernah coba, bagaimana pcx lokal dibanding suzuki skywave / hayate? saya belum pernah naik pcx lokal.

    Suka

    • Bisa terjadi juga bila bobot bodinya (nggak termasuk mesin) PCX lebih berat dari NMAX. Saya curiganya itu beli bekas atau rekondisi. Dari review XMAX juga walau bilang empuk tidak sampai ada yang komplin jadi takut menikung.

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.