Kendaraan yang olinya kurang itu merusak lingkungan


Penulis prihatin juga karena sampai sekarang masih banyak yang nggak perduli olinya habis.

Memang sih kadang kelupaan:
Lhadalah Lakon Apa Ini, Gegara Kelamaan Nggak Ganti, Oli Tinggal Segini

Tapi ada juga yang melakukan dengan sengaja. Sama sekali nggak ada niatan untuk top up atau menambah oli. Yang parah, oli dipakai lama banget dengan alasan long drain.

Long drain itu katanya adalah untuk memperbaiki lingkungan. Namun mereka nggak sadar bahwa dengan memakai motor yang olinya berkurang itu mereka justru lebih merusak lingkungan, sekalian motornya.

Berikut penjelasannya:
machinerylubrication.com, Why You Should Maintain Precise Oil Levels in Sumps and Reservoirs

With less oil in the sump, the same oil must now make more passes through the system without a cooldown and release period. The frictional zones within the engine that generate heat are exposed to higher temperature oil, which will start to oxidize faster. Also, being low a quart of oil changes the amount of additives in the system and how they are depleted. While being one quart low won’t lead to an immediate failure, it has a huge impact on engine longevity. Not only does the machine suffer if there is an inaccurate oil level, but so does the lubricant

kewengineering.co.uk, Automotive Fluids – Lubricating Oils & Greases, Fuels, Coolants & Brake Fluids

Oxygen – the more oxygen from splashing induced by low oil levels the faster the oxidation rate

Kata Noria (machinerylubrication) oli berkurang 1/6 itu sudah termasuk kekurangan oli. Kalau olinya kurang maka oli jadi nggak sempat dingin. Bagian mesin jadi kena oli yang masih panas. Aditif anti aus di oli juga jadi cepat habis. Oli yang panas dan berkurang anti ausnya bikin mesin makin panas dan oksidasi makin parah lagi. Oli jadi lebih cepat teroksidasi dan umurnya berkurang.

Bila oli rusak ini dipaksakan dipakai, maka efisiensi motor jelas berkurang.

 

Berikut testimoni kalau oli habis:
Ini Dia Efek Jika Vario Kehabisan Oli

MDBlog heran bukan main,, jadi selama ini Vario jalan tanpa ada oli didalamnya, pantesan jadi boros banget.. karena fungsi oli untuk melumasi jeroan mesin agar gesekan minimal serta mendingankan mesinpun absen akibat ketiadaan oli tersebut. Gak heran pacar MDBlog ngeluh ni motor boros banget *tepok jidat kedua kalinya

Motor Kehabisan Oli, Bisa Bisa Piston Ngejim…

Yoi, piston TVS Apache RTR 160 miliknya ngejim alias macet ga mau melangkah lagi… Saya ditanya dimana cara ngatasinya ya cuman garuk garuk kepala alias ga mudeng… Selanjutnya saya suruh untuk cari bengkel terdekat untuk segera dilakukan pertolongan pertama… Sesampainya di bengkel ketahuan lah kalau oli mesin motornya habis tinggal beberapa mili liter saja… Yagh, pantes pistonnya sampai macet alias ngejim seperti yang sudah dibilang tadi…

Seperti Supra Gendut beberapa waktu lalu yang terpaksa turun mesin sekaligus ganti piston dan stang piston gara gara kehabisan oli…

Foto foto akibat motor kekurangan oli bisa dilihat di:
Galeri Motor Kehabisan Oli Mesin, Rawatlah Motor Dengan Baik Karena Motor Nyawa Kita Juga

Engine Autopsy 1–What Happens When a Bike is Starved for Oil?

Contoh video:

 

Untuk mencegah hail itu. Pastikan volume oli sesuai dengan petunjuk. Ini biasanya bisa dilihat di tutup oli. Di tutup oli ada batas minimal dan maksimal:

Kalau di motor sport bisa diintip juga, contoh di Honda CBR250RR:

Walau mesin nggak sampai rusak, bila pelumasan tidak bekerja dengan sempurna karena oli kurang maka tentunya mesin tidak efisien. Kalau mesin tidak efisien tentunya tidak ramah lingkungan. Jadi oli kurang itu merusak lingkungan. Bila dalam keadaan seperti itu dipaksakan long drain atau lama ganti olinya maka justru lebih merusak.

Yang heran, mengapa ya sampai beret begitu nggak berasa? Penulis nggak kepikiran mengapa yang hobi longdrain sampai olinya habis itu tidak memperhatikan perubahan perilaku kendaraan.

Apa memang oli yang mereka pakai itu sudah bikin suara mesin kasar mulai dari awal?

Iklan

7 respons untuk ‘Kendaraan yang olinya kurang itu merusak lingkungan

  1. Oli PFD udah ngendap di motor hampir 5 bulan, meskipun baru beberapa ribu km. Sempet was-was mau nambah oli, eh ternyata dikaca pengukur masih ada di level tengah.

    Suka

    • Untuk repsol pesimis. Sebelumnya pernah coba repsol 20W50 dan hasilnya sangat mengecewakan. Oli cepat sekali encer dan saat diganti oli sudah hitam padalah masih 1 bulan / 1000 km.

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.