Kategori the best touring motorcycle disuntik mati oleh rider, blog dan pabrikan hanya demi program pemerintah mengurangi mudik pakai motor


Kalau sudah asumsi susah banget untuk dirubah. Sekarang ini sedang marak dimasyarakatkan asumsi bahwa motor itu hanya cocok untuk jarak pendek.
Motor Itu untuk Jarak Dekat, Bukan Buat Mudik

Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Irjen Pol Royke Lumowa pun menyebut sepeda motor hanya digunakan untuk berpergian dengan jarak dekat.

Banyak media dan blog yang membantu memasyarakatkan itu. Alasannya macam – macam. Tapi rasanya alasan utama sebenarnya adalah agar yang mudik naik motor berkurang. Alasan lain misalnya karena motor bukan untuk bawa barang:
Mudik Naik Motor? Ingat, Motor Bukan Angkutan Umum dan Barang

“Sepeda motor itu bahkan bukan angkutan barang juga bukan angkutan umum. Makanya dibutuhkan diskresi pada saat itu. Makanya susah juga yah kita mau menegakan justice berbenturan dengan aspek sosiologis,” ujar Fahri kepada detikcom.

Atau mudik naik motor itu bahaya:
Kapolri Imbau Mudik Jangan Pakai Motor, Ini Alasannya

“Untuk arus mudik ini jangan menggunakan roda dua, karena motor lebih rawan dari yang lain. Angka kecelakaan cukup tinggi,” ujarnya, Rabu (6/6/2018).

Yang jelas, alasan alasan tersebut nggak ada hubungannya dengan kalau bawa motor jarak jauh.

Bicara soal barang, jelas bahwa untuk mudik barang yang dibawa butuh banyak. Untuk baju selama mudik saja bisa jadi persoalan serius. Kalau motornya nggak muat bawa barang, ya cari alternatif. Misalnya barangnya dikirim pakai travel.

Untuk soal rawan kecelakaan, jumlah pemudik datanya berikut ini:
Kemenhub Prediksi Jumlah Pemudik Tahun Ini Naik, Seberapa Besar?

Diprediksi akan ada 8,5 juta pemudik yang menggunakan sepeda motor. Sementara itu menurut Pandu, penggunaan mobil pribadi juga mengalami peningkatan pada momen mudik tahun ini menjadi 3,72 juta.

Sementara tahun lalu data kecelakaannya:
Mudik Lebaran 2017, 74% Kecelakaan Menimpa Pengguna Motor

“Jadi 74 persen dari total kecelakaan itu dialami oleh pengendara sepeda motor,” kata Royke dalam evaluasi mudik di Kantor Staf Presiden, Jakarta, Kamis (6/7).

Pemudik 70% motor, kecelakaan 75% motor. Kok rasanya beda sedikit.

Kalau keseluruhan nggak cuma mudik saja:
Jasa Raharja: Korban Kecelakaan Didominasi Pengguna Sepeda Motor

PT Jasa Raharja (Persero) mencatat total kasus kecelakaan lalu lintas sepanjang tahun 2017 didominasi oleh korban usia produktif dan pengguna sepeda motor. pengguna sepeda motor tercatat mencapai 70 persen dari total kasus kecelakaan sepanjang 2017

Total saat mudik 75%, kalau termasuk harian 70%. Kok rasanya beda sedikit.

Yang jelas alasan alasan tersebut nggak ada hubungannya dengan kemampuan motor untuk perjalanan jauh. Bawa barang terlalu banyak itu memang nggak boleh baik itu perjalanan jauh atau dekat. Motor rawan kecelakaan itu juga sama saja mau perjalanan jauh atau dekat karena memang jumlah motor jauh lebih banyak.

 

Ada yang bilang perjalanan jauh itu cepat capek. Apa itu salah?

Itu nggak salah, tapi itu hanya berlaku hanya di Indonesia. Karena di Indonesia itu rider, blog dan pabrikan pada nggak suka dengan motor yang praktis dan nyaman. Semua pada ngomong sporty sporty sporty terus pada tiap kesempatan. Sementara itu kalau di luar negeri kemampuan motor untuk dipakai touring sering jadi pertimbangan serius.

Contohnya di India. Yamaha R15S disebut sebagai motor sport terbaik di India oleh maxabout. Yang jadi alasan nomer satu motor itu jadi motor terbaik adalah joknya:
5 Reasons Why Yamaha R15S Is The Best 150cc Sport Bike In India

1) Comfort for both Rider & the Pillion: R15 actually carries track focused R series DNA within itself. When it comes to comfort, R15S was the best thing Yamaha could do for its customers. Riding with the pillion was a big problem due to the raised height and no grab rail on the version 2. Yamaha recently also launched the R15 Version 3.0 in India but it also has very aggressive riding position and not so comfortable pillion seat. It is only good for those who could hold on the driver tight while others would have a fear of falling down every second while the bike is being ridden. In R15S, the seat was successfully brought back from V1.0 while the exhaust and all other components like tyres and front parts are shared with the V2.0.

Model R15 lain dijelek jelekkan karena posisi berkendara terlalu agresif dan bikin nggak nyaman. Nggak ada pegangan untuk penumpang dan lebih tinggi. Katanya hanya cocok untuk bisa pegangan erat ke pengendara dan pada takut sewaktu waktu jatuh.

 

Sementara itu di Indonesia jok datar dibilang nggak modis. Suspensi keras tetap saja dipuji padahal motornya jelas bukan untuk balapan di sirkuit. Suspensi yang cuma enak kalau lewat polisi tidur tetap saja dipuji empuk walau kalau di jalan keriting amburadul rasanya.

Mesin juga kalau nggak DOHC dan yang rpm tinggi diketawain. Motor yang nggak ada tenaganya diketawain. Padahal dengan konfigurasi SOHC, tanpa radiator, motor fokus ke torsi rendah itu membuat motor jadi lebih awet, lebih nyaman dan lebih irit untuk perjalanan jauh.

Motor seperti Honda Ace 125 berikut ini pasti diketawain:

Padahal motor ini fiturnya cocok banget untuk mudik. Irit, nyaman dan tangguh :

Rider Indonesia itu mudiknya cenderung bawa motor yang nggak cocok untuk perjalanan jauh. Karena memang bawa motornya itu sekaligus untuk dipakai pamer. Sungkan kalau bawa motor macam diatas walau motor tersebut cocok untuk perjalanan jauh.

Terkadang ada juga yang padahal mudiknya naik motor tapi mendukung untuk jangan mudik naik motor. Menyarankan orang lain untuk jangan mudik naik motor padahal dianya sendiri justru naik motor.

 

Rasanya juga kok kategori skuter Maxi itu dilupakan. Skuter Maxi itu kalau diluar negeri dianggap setara dengan motor touring yang lain.
2018 Touring Scooter Motorcycles

Although most of us think of scooters as little small-wheeled city runabouts, the recent trend is the emergence of the maxi-scooter. It’s now not unusual to see 250cc scooters that can keep up with freeway traffic, and riders can also choose from 400cc, 500cc and 650cc scooters that are nearly as capable as a full-blown motorcycle. Plus, like all scooters, they feature enclosed bodywork and large amounts of storage space.

Berikut contoh perbandingannya:
Touring 4 Ways: BMW R1200RT vs. Honda CTX1300 Deluxe vs. Suzuki Burgman 650 ABS vs. Yamaha Super Ténéré ES

Entah lagi sih. Bisa jadi motor Maxi disini bakal dirancang cuma cocok untuk jarak pendek.

 

Kalau mampu naik mobil sih, nggak banyak alasan untuk mudik naik motor. Mobil di Indonesia itu unik, yang LCGC malah bisa lebih nyaman untuk perjalanan jauh daripada yang nggak LCGC. 5 seater itu normalnya memang lebih nyaman daripada 7 seater.

Tapi kalau pakai motor yang lebih memungkinkan maka persiapan harus cukup. Kalau mudik bawa motor pastikan anak duduknya nyaman, aman, pakai jaket dan tidak terpapar angin atau panas. Kalau duduk penumpang nggak enak, gantian nyetirnya.

Pertimbangan lain:

4 respons untuk ‘Kategori the best touring motorcycle disuntik mati oleh rider, blog dan pabrikan hanya demi program pemerintah mengurangi mudik pakai motor

  1. pengamatan lapangan ga liat data, yg banyak accident malah bebek/skutik entri, padahal lebih nyaman n capable bawa barang dibanding sport
    mungkin karena angkut orang dan barang over drpd sport
    kurang skill, pengalaman, trip manajemen (jarang ke luar kota/turing)

    Suka

    • lebih banyak yang accident juga perlu dimaklumi karena memang mayoritas. 90% penguasa jalanan. Iya, tren motor sport di Indonesia itu beda dengan luar yang memperhatikan unsur kenyamanan juga.

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.