Kita harus ingat bahwa target penjualan PCX adalah 50% dari pasar matik bongsor 150cc


Ada beberapa yang memandang kenaikan angka penjualan dari Honda PCX itu tanda yang positif. Ada juga yang menyebut bahwa itu tanda isu suspensi bengkok tidak mempengaruhi penjualan. Kenaikannya sebagai berikut:
Yamaha NMAX masih Ungguli Honda PCX di data Distribusi AISI Maxiscooter 150-an cc Mei 2018

Mungkin itu suatu tanda positif. Tapi kalau dibilang tidak terpengaruh isu suspensi bengkok rasanya belum tentu. Karena target dari Honda sendiri untuk Honda PCX termasuk sangat tinggi. Disebutkan sebagai berikut:
PCX Lokal Hadir, Honda Bidik 50 Persen Pasar Skutik Bongsor 150 cc

Menurut Thomas, total pasar skutik bongsor 150 cc di Indonesia mencapai sekitar 300 ribuan. Tak muluk-muluk, Honda membidik 50 persen dari total pasar.

Target yang disebutkan tidak muluk – muluk tersebut alasannya sepertinya berikut ini:
Honda: All New PCX Tak Takut dengan Yamaha NMax Karena Beda Konsep

Walaupun NMax lebih dulu meluncur, namun sepertinya PT Astra Honda Motor (AHM) tidak melihat hal itu sebagai ancaman. Bahkan pabrikan yang berlambang sayap kepak itu tidak memandang NMax sebagai model pesaing untuk PCX.

“Jadi kalau saya lihat konsepnya berbeda antara model kami (PCX) dan mereka (Yamaha Nmax),” ujar President Director AHM Toshiyuki Inuma.

Beda konsep yang dimaksud oleh Inuma salah satuya yaitu dari segi penampilan antara PCX dan NMax. Dirinya beranggapan bahwa All New PCX 150 tampil dengan desain tubuh yang sangat elegan. Sedangkan NMax sendiri menurutnya lebih ke arah tampilan sporty.

Sementara itu dari segi kenyamanan saat dikendarai baik itu untuk harian atau touring, Inuma sangat percaya diri bahwa produk yang bakal diproduksi secara lokal itu lebih nyaman dibanding model lainnya yang berada dalam satu segmen.

 

Jadi kalau melihat target yang 50%, maka jelas angka yang sekarang ini masih tidak mencapai. Jadi masih jadi pertanyaan apa benar penjualan Honda PCX lokal tidak terpengaruh isu.

Namun penulis berpendapat, seandainya tidak ada isu suspensi bengkok pun masih ada yang jadi ganjalan. Yaitu soal kenyamanan.

Diklaim bahwa Honda PCX lebih nyaman dari kompetitor. Tapi penulis dengar dengar riding Honda PCX lokal terkesan lebih ke stiff. Padahal kompetitor Yamaha NMAX justru mengeluarkan facelift yang khusus juga membuat suspensi makin empuk. Hilang sudah penyakit lama.

Konsumen juga merasa Honda PCX lokal itu lebih tidak nyaman daripada Honda PCX impor. Tentu ini akan mengurangi nilai prestise dari konsumen segmen ini yang menganggap prestise itu penting. Pingin gaya tapi begitu tahu barangnya levelnya turun tentu jadi berpikir juga.

10 respons untuk ‘Kita harus ingat bahwa target penjualan PCX adalah 50% dari pasar matik bongsor 150cc

  1. Kalau soal target sebenarnya sudah terpenuhi bahkan melebihi target. Simak infonya disini https://otomotif.kompas.com/read/2017/12/13/140200615/pesan-all-new-pcx-sekarang-baru-dikirim-februari-2018. Target distribusi PCX lokal thn 2018 adalah 150 ribu unit/ tahun atau 12.500 unit/bulan. Jelas hal ini melebihi ekspektasi. Karena 3 bulan terakhir (maret-mei 2018) sdh diatas target.
    Hati-hati dlm membuat opini, mas bro. Kendati diterpa isu shockbreaker bengkok dan chasis miring, nyatanya yg inden masih buanyak.
    Kalau soal nyaman/tidaknya silakan test ride sendiri di dealer Honda terdekat. Jadi biar artikel ini jgn berdasarkan hanya dari pengamatan review blogger-blogger yg sdh ngetest saja. Tks.

    Suka

    • sip terima kasih. Kelewatan yang targetnya itu. Apa bilang 50% itu nggak nyangka angka penjualan NMAX naik ya?

      Kalau target 12.500 per bulan, berarti over capacity ya? Semoga produknya nggak kejar tayang dan tetap memperhatikan quality assurance / pengecekan akhir..

      Soal keras, memang afdolnya menguji sendiri. Tapi pendapat yang sering ngetes motor juga penting.

      Suka

    • blh tau didiler honda mana yg ada unit test ride pcx lokal ? pls share info yg di pulau jakarta aja deh.

      pengalaman sy pribadi dtg ke diler untuk test ride jg percuma krn unit yg ada cm display doang, bahkan byk diler yg cuma punya brosur tp unit display gak ada, boro2 ada unit test ride

      jadi kalo mau test ride ke diler mana ?

      Suka

      • Iya juga ya. Kalau road show kadang ada test ride tapi cuma di pelataran parkir. Untuk kenyamanan memang cobanya harus di jalan raya. Nggak sekedar polisi tidur.

        Pernah lihat ada yang membolehkan di bawa agak jauh tapi sepertinya cuma even tertentu.

        Suka

  2. Penjualan nmax kayanya gak terpengaruhi pcx, segmen ini malah ngembang.
    Sy juga sempet ngidam pcx lokal, stlh tes punya temen malah urung. Alesannya simpel, gak kerasa seperti bawa motor 27jt.
    Liat nmax juga ga minat, takut kecewa kalo dlm bbrp bulan ada all newnya, padahal pengen bgt matik gendut.
    Akhirnya beli aerox s, ngorbanin fitur selonjoran 😁

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.