Modif di bawah 1 Juta yang bisa menambah tenaga ala hybridnya Honda PCX?


Bro zzz tanya modif apa yang dibawah satu juta bisa menambah tenaga atau irit seperti PCX Hybrid. Menurut penulis itu ada. Namun kita harus tahu dulu penambahan tenaga / irit Honda PCX Hybrid itu detilnya bagaimana.

btw, judul artikel nambah irit nggak dimasukkan karena nambah iritnya PCX Hybrid kecil banget. Bakal susah dideteksi kalau orang biasa. Bisa bisa malah lebih boros.

Di spesifikasi disebutkan:

Perhatikan bahwa penambahan tenaga terjadi tidak pada rpmnya tenaga maksimum di 8500 rpm, tapi di 3000 rpm. Karena memang system hybrid cuma bisa nambah tenaga/torsi di rpm rendah saja. 3000 rpm itu mungkin awal awal waktu kampas kopling CVT mulai menggigit. Jadi itu terjadi waktu dari berhenti dan ngegas awal.

Grafik torsi dynonya sebagai berikut:

Sepertinya yang paling kiri itu 3000 rpm. Terlihat makin tinggi rpmya makin kecil penambahan torsinya. Yang bikin terasa mantap itu karena pada awal awal gede banget penambahan tenaganya. Jadi mestinya bukan 1,4 kw / 10,8 kw = 13%, tapi sekitar 45% kalau lihat di grafik torsi di atas.

45% itu sangat signifikan. Jelas terasa banget bedanya. Berat juga cuma beda 3 kg jadi 136 kg.

Ada juga efek dari riding mode yang mengatur besarnya tenaga yang dikeluarkan dengan bukaan gas:
Test Ride Honda PCX150 Hybrid, Sensasi Tambahan Akselerasi!

Penulis kasih garis untuk menunjukkan perbedaan tenaga antara gas polnya mode STD dan mode S. Itu kira kira 30% beda tenaganya.

Dari pengukuran, ini hasilnya
Beda Konsumsi BBM PCX Hybrid dengan Versi Standar

jarak 0 – 200 m, PCX Hybrid mencatatkan dalam waktu 11,7 detik, sedangkan PCX standar 12,3 detik. Jadi akselerasi PCX Hybrid lebih cepat 0,5 detik dari PCX standar.

 

Namun dari soal irit nggak nambah banyak,
Hasil Pengujian Honda PCX Hybrid, Seirit Apa?

Satu yang pasti, kemampuan irit PCX Hybrid memang tidak jauh dibanding PCX konvensional. Perbedaannya cuma 0,4 – 1,2 Kpl, tergantung metode apa yang digunakan. Bukti ini sekaligus mengukuhkan, skutik ini diciptakan bukan sebagai pemuas irit, tapi peningkat performa.

Beda Konsumsi BBM PCX Hybrid dengan Versi Standar

untuk sistem hibrida diklaim bisa lebih irit dua hingga tiga persen.

Mengapa cuma sedikit nambah iritnya?

Menurut penulis ini terjadi karena ada usaha simpan pinjam dengan baterai tambahan. Waktu akselerasi pakai hybrid, motor pinjam tenaga dari baterai tambahan. Setelah kelar pinjamnya, jadi hutang dan harus mengembalikan. Eaktu mengembalikan ini dicicil, sebagian tenaga mesin dipergunakan untuk mengembalikan tenaga dari baterai tambahan.

Oleh karena masih harus pinjam, maka sistem hybrid nggak bisa dipakai terusan. Kalau modalnya baterai tambahan sudah habis ya harus nunggu cicilan lunas dulu baru bisa pinjam lagi sistem hybridnya. Cicilan juga nggak boleh terlalu besar biar tenaga mesin nggak berkurang banyak.

 

Modifikasi apa yang bisa membuat motor jadi meningkat tenaga di rpm rendah dan sekaligus lebih irit?

Untuk yang modif konvensional mungkin bisa ganti cam shaft, lihat saja VVAnya Yamaha NMAX. pakai cam tinggi tenaga di rpm rendah jauh lebih kecil daripada kalau pakai cam rendah:

Lumayan tuh, beda tenaga di rpm rendah bisa 45% juga. Tapi bakal susah cari camnya, karena cam kebanyakan tujuannya untuk balap, alias untuk nambah tenaga rpm atas.

Metode port polish juga sama. Bisa dibuat menambah tenaga rpm bawah kalau mau. Tentu kelemahannya, tenaga rpm atas jadi berkurang.

Idealnya ganti ECU atau pakai piggyback juga.

Ganti belalai saluran hisap jadi yang lebih sempit juga termasuk.

Mungkin ada lagi modif konvensional murah, tapi nggak kepikir.

 

Kalau yang alternatif ada misalnya seperti teknologi resonansi knalpot, seperti yang dipakai oleh Bajaj:
Bajaj ExhausTEC, teknologi knalpot meningkatkan torsi bawah tanpa mengorbankan torsi atas

TVS sebenarnya nggak legal pakai teknologi ini, tapi kelihatannya pakai juga, seperti misalnya Apache RTR 200 4V:

Alternatifnya resonansi di intake:
Menambah irit dan tenaga dengan tabung induksi ala YEIS tapi pada motor 4 tak terbukti positif

 

Lalu pakai baling baling di intake, katanya bisa hemat 25%. Tentu tarikan atas jadi berat:
Alat penambah tenaga vortex, memutar udara yang masuk ke mesin

Metode membocorkan udara intake:
Metode menambah tenaga pakai Cold Air Induction atau air bleed bisa membuat mesin tidak normal bila berlebihan

Ada yang pakai air juga:
Meningkatkan efisiensi mesin dengan water injection bisa murah dan meriah

Atau pakai bensin:
Fuel vaporizer & water vaporizer untuk menambah tenaga

Atau pakai hasil elektrolisis:
Teknologi HHO hydroxy, mengubah air menjadi bahan bakar, kaitan dengan penemuan mahasiswa Universitas Sumatera Utara

 

Ada juga cara magnet:
Pro kontra magnet sebagai penambah irit dan tenaga

Peningkatan unjuk kerja mesin dengan adanya perlakuan medan magnet antara lama peningkatan daya maksimum sebesar 4,7%, penurunan pemakaian bahan bakar spesifik maksimum sebesar 11,8%

Sementara itu pakai pro capacitor atau cemenite bergantung pada kendaraannya. Kalau setelan mesin irit (motor masih baru) maka efek akan besar. Ada yang bilang bisa 25% pengiritannya. Tenaga juga terasa penambahannya baik matik, sport atau mobil. Efek paling besar terasa kalau bensin pakai premium.

 

Lepas dari itu, hadirnya teknologi hybrid ini lumayan membantu. Tapi implementasi (harga) jangan meniru pcx tapi meniru grand filano. Grand Filano Hybrid harganya 55.500 bath, sementara Filano sebelumnya seharga 51.500 bath. Padahal fitur nggak cuma nambah hybrid saja. Selisih tersebut kalau dirupiahkan adalah 1,7 juta.

Siapa tahu nanti Honda Beat pun ada hybridnya.

Iklan

12 respons untuk ‘Modif di bawah 1 Juta yang bisa menambah tenaga ala hybridnya Honda PCX?’

    • Lumayan bisa untuk jadi saingannya VVA. Kan VVA juga nambah tenaga rpm bawah hingga 45% juga. Dari sisi harga juga terkesan lebih murah. Pasti juga lebih awet karena nggak mengandalkan baterai, asal oli mesinnya pakai yang kualitasnya nggak dibawah standar.

      Harga hybrid PCX memang terkesan kemahalan. Kalau nanti NMAX pakai hybrid ala filano hybrid, bisa muncul pcx hybrid facelift harga diskon besar besaran.

      Suka

      • Hybrid itu lebih ke efisiensi BBM non-terbarukan. Kalo % efisiensinya <5% dgn pricing segitu, apa bisa disebut value bukan sekedar cari image belaka? Gak value for money.. terlebih jaman now yg segala info bisa diakses dari mana aja. IMHO sih gitu

        Suka

        • Iya, nggak sesuai tujuan hybrid. Tapi hybrid yang lain sebenarnya sama saja. Harusnya kan LCEV, low cabon emission vehicle, tapi yang dipasangi hybrid kan kendaraan cc besar yang jelas boros. Ibarat diskon besar besaran ala lebaran. Diskonnya besar tapi harga tetap mahal karena sudah dikatrol dulu.

          Kalau niat bikin kendaraan LCEV mengapa nggak buat kendaraan yang irit misal motor sport 100 cc atau mobil 600 cc. Tapi faktanya apa?

          Suka

  1. Nah, itu yg seharusnya. Hybrid lebih pas buat roda-4 atau lebih. Kalo motor, lebih baik langsung full electric krn teknologi jaman now sdh memungkinkan dpt power setara petrol-engine dgn ukuran sama/lebih compact. Kalo motor bermesin hybrid, jatuhnya kurang value for money pak. Ujung²nya cuma buat naikin brand-image belaka. IMHO lho ya

    Suka

    • Iya. atau seakan akan sudah ramah lingkungan, padahal tetap tidak. Jadinya kendaraan hybrid dan listrik itu jadi kendaraan untuk gengsi karena memang dari sisi manfaat cuma sedikit.

      Suka

  2. Karena tambahan tenaga pcx hybrid tipe assisted,
    Tinggal modif aja pcx hybrid pake metode di atas,
    Cuma nambah 1 juta kan
    Dah dapat tambahan power dobel 2,8 KW setara 4 PS
    Dan tentu makin irit lagi bukan??

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.