Uji coba mengalirkan uap air ke intake dapat hasil sangat positif


Bro Arieftc Gorib sharing percobaan yang hasilnya sangat positif yang memanfaatkan uap air dari reservoirnya radiator. Awalnya tertarik dengan cara berikut:
Meningkatkan efisiensi mesin dengan water injection bisa murah dan meriah

Arieftc Gorib kemudian punya ide untuk pakai uap air yang keluar dari reservoirnya radiator:

Arieftc Gorib: Membaca di blog kupasmotor mengenai water trap / water gas injection. Saya coba dalam uji sederhana dengan memanfaatkan lubang hawa dari reservoir radiator ninja 150.

Uap air saya salurkan dengan selang plastik. Berhubung saya tdk berani utk inject ke intake, maka saya salurkan Uap air tsb ke filter udara melewati saluran buangan air.

1. Hari pertama pemakaian utk pulang pergi rumah kantor (30 Km) blm terasa manfaat nya. Saya cek, selang berembun tidak jauh dari lubang hawa reservoir.
2. Hari ke dua.. Saat pulang kantor mulai agak terasa ada perbedaan. (kemampuan). Mesin motor tdk naik RPM idle nya saat macet.. Sampai rumah juga, RPM masih normal. Sedangkan biasanya, Klo macet RPM motor saya cenderung naik, dan asap dari knalpot motor keluar lebih banyak. Suara mesin normal. (biasanya) klo panas agak kasar bunyi nya.
Hari kedua, selang terlihat hampir setengah dari total panjang nya, sudah terlihat berembun.
3. Hari ke Tiga, pulang kantor motor semakin enak ditarik nya. Meski kondisi jalan tetap macet (jalur kalimalang jakarta timur, jatiwaringin -bekasi) suara mesin tetap normal, RPM stabil dan motor aroma nya lebih wangi dimana sebelumnya klo sehabis dipakai macet2an suka bau sangit.

Dalam percobaan ini radiator nggak diisi coolant tapi diisi air.

Dari efek sepertinya lebih dekat yang berikut ini:
Membersihkan karbon atau carbon clean cukup dengan menyemprotkan air biasa ke mulut intake

Tapi mantap. Motor nggak dimodif apa apa hasilnya bisa sip begitu.

13 respons untuk ‘Uji coba mengalirkan uap air ke intake dapat hasil sangat positif

  1. lebih bagus dan irit kalo pake premium.
    Kalau pake pertamax ato pertamax plus dengan kompresi mesin yang standar, kemungkinan besar bisa kurang maksimal.

    Suka

  2. Sejauh ini reportnya baru testimoni feeling ya, masih ada kemungkinan bias oleh sugesti sendiri.

    Lebih sip klo ada yg sampe uji terukur, test dyno before after, test Aksel & test konsumsi bbm.

    Apakah kenaikannya (itupun kalo ada) signifikan & sebanding dengan kerepotannya.

    Suka

    • Yang beginian nggak bisa pakai dyno. Yang ngaku jagonya water injection juga nggak pernah ngeklaim water injection menambah tenaga. Water injection itu dipergunakan untuk menambah potensi mesin. Biar mesin bisa dikatrol tenaganya. Jadi penambahan bukan dari water injectionnya sendiri.
      How The Absurdly Expensive BMW M4 GTS’ Water Injection Works

      Inject water into the intake, and the water turns into a vapor. Much in the way that sweating works, that evaporation cools everything down. That gives you cooler combustion, and cooler combustion temperatures mean you can run lower octane fuels, higher compression, more boost, all without knocking. Cooler combustion means you can get an engine to make more power, basically.

      Lihat saja keterangan tersebut. Berkurangnya knocking, rpm jadi stabil, bau berkurang itu sudah jadi pertanda positif.

      Kalau di dyno ya cuma buang buang duit karena water injection fungsinya bukan untuk itu. Harus digabungkan dengan modif lain yang bisa memanfaatkan potensi mesin yang ketambah sama water injection.

      Suka

  3. di mobil motuba sy ada yg nyaranin dari sesama pemakai, menyalurkan udara dari filter AC ke intake, katanya udara dingin bagus
    tapi sampe skrg blom sy lakuin hehe…

    Suka

  4. kalo uap air nya dari tabung water heater sudah ada yang coba belum ya.. mungkin efeknya aki bisa drop dan harus sering cek air dalam tabung..

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.