Beda suspensi matik Honda dengan YSS DTG ibarat langit dan bumi, mengapa nggak buat versi YSS sih?


Seperti penulis ceritakan sebelumnya, penulis sumpek dengan suspensi Honda Beat yang sudah aus. Dipakai nggak enak banget, dibuat lewat polisi tidur sering njeduk. Setelah di servis, diganti komponen dalaman / skoknya malah makin parah. Motor makin pendek, makin doyan njeduk saat lewat polisi tidur dan di jalan yang nggak ada polisi tidurnya pun terasa jedak jeduk karena suspensi mentok gara gara jacking down (mau jelaskan di artikel kok lupa lupa terus nih).

Dan untunglah nemu bengkel yang jualan YSS:

Langsung dipasang. Dan ternyata perbedaan antara sebelum dan sesudah beda sangat jauh. Dipakai boncengan empuk banget. Jadi seempuk suspensi depan.

Tinggi sesuai dengan aslinya. Per sedikit lebih keras. Namun skoknya penulis acungi jempol. Perilakunya berbeda dengan yang punya Suzuki Nex II atau Spin. Bila punya spin atau Nex II kena polisi tidur hentakannya kuat, maka kalau YSS DTG seperti skok mobil, hentakannya nggak sekuat itu. Kalau bukan polisi tidur reaksinya sih mirip mirip. Mungkin yang Nex II malah lebih sporty.

Memang sih kalau untuk melibas polisi tidur itu skok orisinil matik Honda juaranya, tapi kalau dibuat lewat jalan nggak rata punya matik Honda juara dari belakang, nggak beda jauh dengan skok yang paling murah, bahkan termasuk yang variasi yang serba mengkilap tapi performanya kacau, masa pakai juga pendek.

Jelas bahwa AHM itu nggak bakat buat suspensi. Mengapa sih nggak buat misalnya Honda Beat versi YSS? Menurut penulis bakal lebih diapresiasi konsumen daripada fitur macam CBS. Disuruh pilih Beat CBS dan Beat YSS maka penulis bakal lebih memilih Beat YSS.

Tapi itu rasanya ngimpi.

17 respons untuk ‘Beda suspensi matik Honda dengan YSS DTG ibarat langit dan bumi, mengapa nggak buat versi YSS sih?

  1. seperti komen saya di artikel terdahulu itu pak, shock aftermarket YSS DTG itu part yg cocok bgt buat matic dgn harga yg gak terlalu nguras juga..
    jalan gak rata pun motor tetep anteng ntah itu pas lurus ataupun belok, reboundnya pas, gak ragu kalo buat nikung ampe standar tengah nggasruk aspal hahaha
    kalo buat boncengan ama bini pun empuk tapi gak empuk kaya shock bawaan yg mentul* dan menjurus ke liar itu

    Suka

  2. lha emang pabrikan honda yamaha suzuki dll kaga bikin shockbreaker,accu, ban,busi dll, pake vendor kalo honda ya showa… mengenai keras empuknya ya tergantung yg order/honda
    bisa aja sih showa dibikin seenak YSS, tapi pasti harga nambah
    mengenai shock special edition, kliatannya cuma Ohlins yg ada, itu juga moge

    Suka

    • Memang suspensi Suzuki atau Yamaha sama sama tertulis buatan show, hasil bisa beda. Memang tergantung permintaan pabriknya. tapi rasanya kok dari yang sudah ada untuk soal suspensi Honda itu fokus ke cara paling murah.

      untuk versi special edition, maksud saya bukan kelas sport tapi kelas matik entry level.

      Kalau soal harga, skok ori 200 ribuan, skok YSS DTG 300 ribuan. Nambah 100 ribu dapat versi YSS DTG menurut saya sangat sangat nggak rugi. Daripada nambah 500 ribu karena CBS tapi sampai rumah fitur itu dimatikan. Buang buang duit 500 ribu. Dan ini merupakan skenario yang kebayang waktu sebelumnya hampir beli Vario 125.

      Suka

  3. Kalau buat suzuki nex karbu, subtitusi shock yss dtg nya pakai motor apa ? Panjang shock nya harus sama seperti original nex karbu.

    Suka

  4. saya pake juga shock yss dtg ini,meski tidak lbh empuk tapi overall karakternya redamanya lbh baik. afaik bs diliat dr part numbernya, yang saya beli ada kode 330P , panjangnya 330 cm….

    Suka

  5. […] Perilakunya sama dengan yang dijelaskan di video si tukang skoknya. Dan bila si tukang skok bilang desain double action itu nggak nyaman, maka yang penulis rasakan itu justru suspensi YSS paling nyaman dari semua suspensi motor yang pernah penulis coba. Dibanding dengan orinya Honda Beat apalagi, ibarat langit dan bumi. Beda suspensi matik Honda dengan YSS DTG ibarat langit dan bumi, mengapa nggak buat versi YSS sih? […]

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.