Berikut penjelasan semua jenis shock breaker YSS dan penjelasan fungsinya setelan


Kalau lihat produk di pasaran sepertinya terkesan YSS cuma produk yang pakai tabung dan yang dual tube pakai gas saja. Namun kalau lihat katalog, ternyata produk YSS itu mencakup semua jenis shock breaker populer.
Katalog suspensi YSS 2018

Dijelaskan bahwa skok gas itu skok hidrolis (pakai oli) yang ada gas nitrogen tekanan tinggi untuk mengurangi terbentuknya buih atau gelembung pada oli. Buih atau gelembung itu bikin skok jadi ndredet atau jadi nggak halus.

Pada gambar berikut warna kuning itu olinya, warna biru itu gas nitrogen.

Model Separate Gas Shock, alias pakai tabung terpisah:

Yang ini gasnya pakai kantung udara. Keunggulannya udara dijamin terpisah dari olinya dan pendinginan oli lebih baik. Model ini ada yang tabungnya di atas atau di bawah. Untuk yang motornya nggak ada tempat untuk tabung permanen, ada juga model yang pakai selang. Ada setelan kompresi dan rebound.

Model Emulsion Gas Shock, alias gasnya jadi satu tabung dengan olinya:

Di versi ini gas dipisahkan dari oli dengan piston. Yang versi ini cuma bisa dipasang terbalik dan cuma ada setelan rebound.

Triple Piston:

Model ini mirip model emulsion tapi pistonnya 3. Yang ini kerjanya terutama adalah saat ditarik.

Gas DTG:

Model yang ini beda sendiri, ini model double tube, nggak single tube seperti yang lain. Gas ada di tabung luar. Katanya model double tube itu lebih awet dan lebih halus.

Hydraulic shock absorber:

Model ini nggak ada gasnya. Harga lebih murah tapi dijamin kuat. Ada tipe double tube yang disebut lebih awet dan lebih halus. Ada tipe single tube yang sidebut lebih ringan, murah dan panas bisa lebih menyebar. Cuma bisa dipasang upside down.

Kalau dirangkum:

 

Sementara itu untuk fitur rangkumannya sebagai berikut:

Hydraulic preload itu menggerakkan preloadnya per pakai sistem hidrolis, jadi muter bisa lebih enteng dan bisa pakai selang. Nggak perlu muter ring preload pakai alat. Mestinya cocoknya untuk motor yang posisi suspensinya susah diraih macam monoshocknya motor sport.

Pneumatic preload itu sepertinya preload yang pakai pompa angin / nitrogen ya?

Sementara itu yang threaded pakai uliran dan yang step pakai step.

Setelan low high speed:

Berikut penjelasannya: bila saat kompresi kekuatannya lebih besar dari setelan low speed, maka katup penyeimbang akan otomatis terbuka dan mengarahkan oli ke setelan high speed.

 

Untuk motor offroad ternyata YSS juga punya rekomendasi pemilihan per berdasarkan berat badan ridernya, baik untuk skok OEM ataupun YSS:

Dari kodenya yang kelihatan beda adalah bagian empuknya (K1), sementara bagian kerasnya (K2) sama:

Kalau produk jalanan rupanya yang diandalkan adalah preload ya?

btw, beda asli dan tiruan YSS dari sisi masa pakai:

Iklan

Satu respons untuk “Berikut penjelasan semua jenis shock breaker YSS dan penjelasan fungsinya setelan

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.