Mengapa beberapa pabrikan nggak menyediakan charger model USB yang bisa langsung dipakai?


Menyediakan colokan charger tapi nggak bisa langsung dipakai itu merugikan konsumen. Yang siap pakai itu colokan model USB. Tapi mengapa pabrikan kok ada yang menyediakan colokan charger nggak siap pakai begitu?

Di Honda colokan ini disebut power outlet:
Honda Forza 250 Sudah Bisa di Pesan DP 2 Jutaan, Berikut Galeri Dan Videonya

Di Yamaha ini disebut power socket:

Alasannya jelas bukan untuk biar harga motor nggak mahal. Karena yang mocin saja menyediakan charger itu yang siap pakai:
Contohnya Zongshen:
Apakah Viar akan mendatangkan Zongshen Cub Classic untuk menyaingi Honda Super Cub C125?

Kymco:
Cozy dan Mint, motor listriknya Kymco

SYM:
SYM FNX 125 matik sporty digital keren dilaunching di Taiwan

Motor India pun sama, misalnya TVS:
TVS NTORQ yang akan dijual di Indonesia itu spedonya cuanggih

Bahkan Honda Cina saja lho pakai yang colokan USB. Seperti contohnya Wuyang Honda:
Wuyang Honda Spacy S lengkap lampu LED, spedo inverted LCD, idling stop dan bisa duduk selonjor

Atau Sundiro Honda:
Motor Matik Sundiro Honda EX125FI kesan seperti model halogen padahal sudah LED

Di Indonesia, punya Suzuki Nex II juga colokan USB:
Begini bila ponsel diletakkan di bagasi depan Suzuki Nex II, Spin dan Honda Beat eSP

Disebut biar standar menurut penulis charger pakai colokan USB itu yang justru lebih standar dan memasyarakat. Kan justru kalau beli hp itu bawaannya yang bisa dicolokan USB?

Dilihat dari sisi kelistrikan juga repot. Di power socket itu biasanya ada ratingnya. Kan berarti konsumen harus cari charger yang ratingnya pas? Kalau colokan USB kan konsumen tinggal colok nggak usah mikir dan cari cari lagi? Karena angka rating itu sudah sama dengan angka rating charger model colokan.

Kalau yang model power socket atau power outlet angkanya adalah batasannya, maka kalau untuk model USB angkanya adalah kemampuannya. Contohnya charger yang berikut ini. Pasti bisa dicolokkan. Tapi sedotan dayanya bakal terlalu besar:

Dari sisi kepraktisan juga repot. Ada alat tambahan kan habis habisin tempat?
Begini Cara Mengganti Sikring Charger Yang Putus Di Honda PCX 150 CBU

Mengapa Yamaha dan Honda maksain charger yang nggak pakai USB? Apa untungnya buat mereka?

Iklan

11 respons untuk ‘Mengapa beberapa pabrikan nggak menyediakan charger model USB yang bisa langsung dipakai?

  1. pengalaman sy pasang colokan usb di motor, umurnya gada yg panjang, atau ga bisa dipake dari baru, underpower atau apalah… ya produk aftermarket sih
    akhirnya pasang power socket, yg pasti ini anti rusak, ya cuma kabel sama besi doang kan
    charger kebetulan awet, tapi bila rusak ya beli lagi, tinggal colok ga perlu ngerangkai lagi
    ga tau yg kualitas pabrikan, colokan usb anti rusak kah, atau nyampe tahunan?

    Suka

    • Iya. Kalau dari pabrikan rasanya bakal awet. Buktinya di Cina dan India sudah lama modelnya seperti itu. Tapi memang bisa jadi pabriknya sengaja pakai model power outlet karena nggak berani menjamin keawetannya.

      Suka

  2. Pro kontra si memang, tapi setuju dengan komeng diatas, rata-rata yg model usb kalau lokasinya di luar rawan rusak, kena air,debu, kalau yg model lighter socket lebih umum juga

    Lagipula yg model 12v ini multiguna juga selain charger hp, bisa buat vaccum cleaner, kulkas portabel inverter listrik juga bisa asal accu nya kuat

    Suka

  3. mungkin karena lebih multi fungsi. kalau lighter gitu kan bisa di pake untuk charger dan bisa jadi pemantik rokok. mungkin tau banyak rider kita masih pada doyan rokok. atau memang lagi ngabisin stok vendor aja. meminimalisir ongkos produksi. atau mungkin ada alasan lain.

    Suka

    • Tul,, pertama soket lighter itu gak pake konverter/inverter dll, langsung dari aki mungkin cuma ditambah sekring
      Masangnya g ribet, lebih awet jelas la cuma kabel ga ada rangkaian elektronik, dan lebih murah
      Dan lebih fungsional karena arus dan voltase lebih besar

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.