Suspensi Suzuki Nex II itu keras, tapi ketolong sama joknya, tapi desain jok bikin nggak nyaman


Sebagai pemilik motor Suzuki Nex II, penulis nggak setuju dengan review review yang menyebutkan bahwa suspensi Suzuki Nex II itu empuk. Contoh review:
First Riding Suzuki NEX II, Suspensi Dan Jok Jadi Daya Tarik Tersendiri!

Dan jika menilik karakter suspensi belakangnya yang memang empuk, rasa-rasanya NEX II ini bisa diandalkan untuk daerah-daerah dengan kontur wilayah yang berjalanan bergelombang deh cak…

Juga:
Rasakan Performa dan Kenyamanan Suzuki Nex II yang Super Keren

SINDOnews juga merasakan postur duduk juga nyaman sekali berkat jok yang empuk khas Suzuki. Dapat dipastikan naik Nex II tidak bakal pegal, ternyata setangnya tinggi dipadu dengan floorboard yang luas. Yang istimewa menurut kami adalah shockbreakernya yang mampu meredam getaran selama perjalanan dengan baik sekali. Karekternya mirip shock dari Suzuki Address. Apa mungkin karena ini satu paket dengan peleknya juga yang mirip Address ?

First Ride Suzuki NEX II: Lincah, Lebih Gambot Dan Suspensinya Empuk!

Suspensinya,..Ajiibb tenan. Begitu pertama kali jalan langsung terasa sob bedanya….smooth banget. Dan makin terasa lagi enaknya ketika skutik ini melewati jalan yang kurang rata, Suzuki Nex II mampu meredam guncangan di stang dan bodi dengan sangat baik.

Riview : Test Ride Suzuki NEX II Suspensi Kebangetan Nyaman!

Ini karena walaupun karakter suspensi empuk rebound suspensi lebih cepat balik..! Ini yang bikin nyaman nya kebangetan.. Pas komposisi nya.. Gak keras tapi lentur, enak di ajak bermanuver.. Oh iya Libas polisi tidur juga gak mentok!

Melihat review review tersebut yang ada dalam pikiran penulis adalah apa mereka itu pengguna motor matik Honda semua ya? Karena memang penulis akui bahwa kalau dibandingkan dengan matik Honda (Beat) maka kenyamanan Suzuki Nex II itu jauh lebih tinggi. Per juga jelas lebih empuk daripada punya Mio.

Dibanding Honda Beat memang joknya lebih empuk. Suspensi lebih empuk. Jarak setang enak. Posisi duduk lebih enak. Getaran lebih sedikit.

Tapi kalau standarnya dinaikkan sedikit, dibandingkan dengan Suzuki Spin atau dibandingkan dengan Honda yang sudah pakai YSS DTG, maka suspensi Suzuki Nex II jadi terasa nggak empuk lagi.

 

Karakteristik dari suspensi Suzuki Nex II itu agak aneh. Per jelas lebih keras dari punya aslinya Beat atau Spin. Sementara itu hambatan shock breaker saat kompresi terasa. Yang aneh itu di reboundnya, terasa hampir loss. Ini mudah diketahui kalau lewat polisi tidur dengan kencang. Setelah lewat polisi tidur maka suspensi belakang akan terasa menyentakkan ban belakang ke tanah sebelum ban menyentuh tanah. Bahkan sampai ada bunyi njedak.

Dengan kombinasi seperti itu, maka feelingnya suspensi adalah sporty.

Kalau untuk boncengan suspensi Nex II akan terasa empuk. Tapi kalau sendiri, suspensi ini lebih terasa sporty walau nggak seekstrem Yamaha Mio. Kalau untuk lewat jalan tidak rata memang tidak sejelek suspensi asli matik Honda. Tapi respon jelas jauh di bawah suspensi standar Suzuki Spin atau suspensi YSS DTG di Honda Beat.

Untungnya jok Suzuki Nex II ini empuk karena pakai busa yang lebih keras. Ditekan pakai tangan jadi seperti berikut ini, cuma terbenam sedikit:

Sementara punya Honda terbenam banyak:

Dengan jok empuk ini maka suspensi yang kurang empuk tidak banyak mempengaruhi kenyamanan.

 

Namun sayang desain jok yang serasa jok split membatasi ruang gerak untuk pantat. Nggak bisa mundur lagi:
First Riding Suzuki NEX II, Suspensi Dan Jok Jadi Daya Tarik Tersendiri!

Yang begitu itu yang bikin capek. Apalagi ditambah getaran di setang yang cukup terasa. Memang getaran di setang lebih mendingan dari aslinya Honda Beat. Tapi jelas kalah dengan Suzuki Spin atau Honda Beat yang setangnya sudah dikasih pemberat.

Sebagai hasilnya, naik Suzuki Nex II ini bikin capek. Penulis cuma pakai ke kantor saja berasa, apalagi yang jalan pelan pelan untuk menguji irit:
VLOG : Capek Ngetest konsumsi bbm Suzuki NEX II, Irit benar soalnya euy!

Asli mas bro, pegel bener ini motor baru bisa mogok setelah diisi bensin 1 liter

Penulis yakin itu sudah diperhalus, aslinya pasti lebih parah. Salut deh sama pengabdian jurnalistiknya. Penulis asli nggak betah kalau sampai berlama – lama naik Suzuki Nex II.

Jadi suspensi Suzuki Nex II itu nggak empuk. Tapi karena joknya empuk, maka naik Nex II jadi terasa empuk. Cuma sayangnya, karena desain jok yang dibuat nyeplit, duduk nggak bisa benar benar enak. Nggak ada rileksnya.

Kalau motornya harus dipakai harian maka yang akan penulis lakukan adalah:

  • modif jok, diratakan, dipotong bagian belakang yang nungging.
  • kasih pemberat setang yang lebih berat. Barangkali punya Suzuki Satria atau semacamnya.
  • ganti suspensi belakang YSS DTG. Yang sekarang agak terlalu sporty. Tapi dibiarkan standar masih bisa diterima, karena jok empuk.
Iklan

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.