Cara setel preload, compression dan rebound suspensi untuk kenyamanan ala kupas motor


Penulis penasaran juga karena kok rasanya petunjuk untuk setel suspensi itu langka sekali. Yang ada biasanya cuma berhubungan dengan sag yang nggak dijelaskan gunanya apa. Memang apa efeknya kalau sagnya pas? Dijamin lebih nyamankah? Oleh karena itu penulis coba buat petunjuk tapi tanpa pakai acuan sag sag-an. Bila ada yang merasa petunjuk berikut salah, silahkan dikoreksi.

Suspensi itu ada yang pakai preload, ada yang pakai setelan rebound dan ada yang pakai setelan kompresi. Contoh YSS G-Sport cuma ada setelan rebound:

Atau Ohlin S36PC1 cuma ada setelan kompresi:

 

Menurut penulis, untuk awalnya preload itu disetel yang paling minimal. Kalau pakai step ya yang paling empuk, kalau pakai threaded ya dibuat paling panjang pernya. Setelan paling minimal itu cirinya per mudah digerakkan pakai tangan. Seperti punya Honda PCX lokal.

Setelan dibuat paling minimal dulu baik untuk kompresi ataupun rebound.

Lalu jangan dicoba di jalan berantakan dulu. Nyobanya di polisi tidur atau jalan cekung atau gundukan jalan. Dilihat, apa kalau dipakai bisa sampai kehabisan jarak main suspensinya? apa mentok? Bisa juga dicoba pakai boncengan juga. Kalau sampai mentok ya ditambah sampai nggak mentok lagi. Mengurangi mentok juga bisa dilakukan dengan menambah setelan kompresi.

Kemudian cek ayunan motor setelah lewat polisi tidur. Kalau lebih dari dua kali ayunan maka coba tingkatkan kompresi atau rebound. Kalau ada dua duanya maka coba reboundnya dulu. Setelah terasa pas, baru tahap berikutnya, ngetes di jalan tidak rata.

Saat coba di jalan tidak rata atau bergelombang banyak perhatikan apakah suspensi mentok? Apakah bagian belakang motor terasa makin pendek secara signifikan? Kalau iya maka itu artinya rebound terlalu keras atau kompresi kurang, bisa dicoba tambah kompresi atau mengurangi rebound. Bila kedua setelan tersebut sudah habis, baru ditambahkan preloadnya sampai di jalan tidak rata tidak terasa mentok lagi, sampai tidak bikin kaget, sampai bagian motor.

Kalau bagian belakang motor terasa makin tinggi, lalu kemudian tidak ratanya jalan makin terasa maka dilakukan sebaliknya, rebound dikurangi atau kompresi ditambahkan. Kalau kedua setelan itu sudah habis, ditambah preloadnya.

Kalau ada high speed dan low speed maka kalau untuk jalan gundukan atau cekungan landai yang berpengaruh setelan low speed, bila jalan berubahnya ekstrem yang berpengaruh setelan high speed.

Tapi kadang juga kondisi tidak ideal terjadi dan harus mengorbankan satu sisi. Kalau sudah begini ya pasrah.

3 respons untuk ‘Cara setel preload, compression dan rebound suspensi untuk kenyamanan ala kupas motor

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.