Ternyata hanya sekitar 1200 km, oli mesin Suzuki Genuine Oil Matik sudah KO


Setelah kemarin ganti oli Mesran Super, baru terasa sekali bahwa oli mesin Suzuki Genuine Oil Matik yang sekarang dipakai di Suzuki Spin itu sudah tidak layak.
<a href="http://” rel=”noopener” target=”_blank”>

Padahal penulis ganti oli baru awal bulan kemarin. Namun oli cepat menjadi kasar suaranya. Padahal juga penulis sudah menambahkan minyak goreng beberapa hari sesudah ganti oli.

Sebelumnya suara kasar muncul setelah motor dipakai 5 km (ini termasuk parah). Lalu makin lama makin cepat. Bahkan pagi pagi pun suara mesin sudah kasar. Sampai ditujuan bisa dipastikan suara mesin kasar. Padahal oli masih lumayan cerah warnanya.

Dari sisi akselerasi kurang begitu ketahuan. Namun terasa suara knalpot tidak plong.

Lalu ganti oli menggunakan mesran super.

Begitu dipakai, langsung terasa jauh peningkatannya. Suara mesin jadi jauh lebih halus. Mesin jadi terkesan licin. Gas ditutup rpm nggak langsung turun, ada hubungan dengan LSPI mungkin, oli mesran super tidak terlalu menghalangi daya bakar bensin.

Suara knalpot juga berubah. Suara jadi lebih garang tidak cuma waktu gas pol saja, tapi juga mulai dari saat pelan. Ini akan bisa dipastikan seminggu lagi, saat kerak di mesin sisa oli lama sudah dibersihkan.

Ekstremnya perbedaan menunjukkan bahwa oli Suzuki Genuine Oil sudah tidak layak pakai walau dipakai masih cuma sekitar 1200 km.

Melihat hal ini penulis jadi kepikiran juga dengan Suzuki Nex II. Si Nex II suara mesinnya sekarang sudah lumayan kasar. Tarikan juga tidak enak banget. Terasa jauh bedanya dengan Honda Beat yang mestinya sekelas. Bisa karena olinya, bisa karena bensinnya.

Dua duanya sama sama pakai 2 buah pro capacitor V4. Honda Beat eSP dibiasakan diisi bensin premium dengan oli mesin Fastron Techno 15W50. Suzuki Nex II dipastikan diisi bensin pertamax dengan oli mesin masih orisinil.

Suara mesin sekarang beda jauh. Bila di Honda Beat suara berisik cuma dari bagian CVT yang jelas pelumasannya jelek, maka di Suzuki Nex II suara berisik dari bagian valvetrain. Jelas karena olinya jelek. Padahal Nex II dipakai dengan batasan kecepatan 60 km/jam.

Jadi Suzuki Genuine Oil matik not recommended. Ditambah minyak goreng pun tidak banyak membantu. Kecuali kalau siap ganti oli tiap 1000 km.

6 respons untuk ‘Ternyata hanya sekitar 1200 km, oli mesin Suzuki Genuine Oil Matik sudah KO

  1. Bener banget om.. Nex II saya belum aja service pertama di KM 900an, anehnya beberapa ratus kilometer kemudian mesin kok jadi berat banget dan suara tambah berisik. Akhirnya berhasil kemarin di KM 1600 syarat paksa ganti oli lain, alhasil mesin jadi lebih enak gak berat lg dan suara pun juga lebih halus. Kayaknya mesin berat gara-gara oli asli Suzuki, kualitasnya olinya parah 🤣🤣🤣

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.