Mengapa teknologi Shiftcam motor BMW itu lebih canggih dari VVTnya Suzuki GSX-R1000


Mesin boxer untuk mutor baru BMW R1250GS rupanya akan dilengkapi dengan teknologi variable valve yang lebih canggih dari VVT ataupun VVA. Penjelasan cara kerja bisa dibaca di:
[ Tech Talk ] BMW ShiftCam . .. Sistem Variable Valve untuk mesin Boxer !

Intinya adalah kalau pelan maka pakai profil dengan bukaan valve rendah:

Jadinya mesin lebih mudah dikendalikan, lebih halus dan lebih irit.

Kalau pas kencang pakai profil dengan bukaan valve tinggi:

Di posisi ini tenaga mesin jadi keluar semua. Jadi lebih maksimal.

Mengapa ini lebih canggih dari VVT?

Karena di teknologi ini profil cam bisa dirubah seenaknya, tidak hanya timing, tapi juga durasi bukaan dan bahkan ketinggian bukaan valve. Bisa dilihat berikut juga bahwa profil untuk valve kiri dan kanan (sama sama udara saluran masuk) ikutan beda:

Berikut videonya:

 

Sebagai perbandingan, berikut penjelasan SR-VVT Suzuki GSX-R1000:

Mungkin lebih mirip VVA Yamaha NMAX, tapi untuk VVA sepertinya terbatas, kalau dibuat besar variasinya mungkin takut patah ya?:

2 respons untuk ‘Mengapa teknologi Shiftcam motor BMW itu lebih canggih dari VVTnya Suzuki GSX-R1000

  1. Mesin selonjoran meski sudah dohc 4valve, jika diseting langkah kompresi tinggi power rpm atasnya drop, makanya durasi camshaft/ bukaan valvenya diretard. Tapi jika terlalu retard kenaikan powernya lama.

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.