Untuk kita kita, winglet itu jelas cuma untuk tampilan atau gaya gayaan


pertamax7 posting artikel berikut, disebutkan bahwa gripone winglet itu beneran bisa ada efeknya:
GripOne Winglets Buat Superbike Massal, Bukan Cuma Tampilan

Menurut penulis manfaat tergantung pada pemakaian motornya juga. Produk gripone:
GRIPONE WINGLETS

kok terlihat murahan ya?

Kebetulan media luar lagi ngetren bahas soal winglet di motor sport. Ada yang posting efek winglet terhadap downforce dari kecepatan yang berbeda:
Aftermarket Winglets for Superbikes Are Now a Thing

Terlihat bahwa di kecepatan 100 km/jam downforcenya sekitar 1/8 dari kalau jalan di kecepatan 300 km/jam. Dan tentunya kalau kita pakai di jalan raya, motor nggak sampai seperti motor MotoGP yang dalam sekejap sudah bisa mencapai 300 km/jam. Apalagi kalau di jalan Indonesia, untuk bisa jalan 100 km/jam saja tempatnya sedikit.

Sehingga walau sama gripone disebut winglet bisa membantu mengurangi wheelie, membantu grip ban depan saat akselerasi, membantu grip ban depan saat mengerem, membuat motor lebih stabil, setir nggak goyang goyang dan membantu belok lebih cepat, itu cuma berlaku kalau jalan di kecepatan tinggi.

Jadi kalau tiap hari jalannya nggak bisa kencang, kalau balapannya di arena dadakan pasar senggol, maka ya efek winglet nggak bakalan terasa. Toh kalau di Indonesia ban depan nggak ngegrip, rem depan nggak pakem, motor gampang banget wheelie itu justru hal yang diharapkan.

Dengan harga 370 euro yang didiskon jadi 333 euro (5,8 juta rupiah), dari sisi fungsi tidak akan selevel dengan kalau beli knalpot atau suspensi. Tapi kalau untuk tampilan, tentu ada yang bilang ini termasuk terjangkau.

Kalau beneran butuh winglet yang bisa kasih downforce yang besar di kecepatan 100 km/jam. Nggak kebayang besarnya seperti apa. 8 kali nya mungkin?

Atau kalau mainannya di sentul. Motor lokal rata rata kecepatannya 170 km/jam. Downforce cuma 1/3 dari kalau di kecepatan 300 km/jam. Jelas nggak bisa pakai produk itu kalau butuh serius. Karena motornya saja beda jauh kemampuannya. Kalau mau dapat downforce di motor lambat nggak bisa pakai produk untuk motor kencang. Harus buat sendiri dengan sudut kemiringan lebih ekstrem atau permukaan lebih luas.

Kalau mau hemat tempat, windshield bisa dimanfaatkan sebagai winglet juga. Tinggal dibuat datar.

4 respons untuk ‘Untuk kita kita, winglet itu jelas cuma untuk tampilan atau gaya gayaan

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.