Memang bonceng anak di depan di motor dengan idling stop ISS itu bahaya, tombol dimatikan pun masih resiko


Kejadian seperti ini jadi membuat penulis mempertanyakan semboyan keselamatan pabrikan. Bila bahaya, harusnya dikasih warning:
Hampir celaka, waspada pakai fitur idling stop saat naik motor bersama anak kecil

“Mungkin kalo tidak ada kecanggihan Motor seperti sistem IDLING STOP tidak akan seperti ini. Jadi ibunya berhenti sebentar dan motornya mati karna system IDLING STOP berfungsi, dan anaknya kira kalo motornya sdh mati. Si anak mengegas motor akhirnya motor laju ngebut dan terjadilah seperti ini.

Padaha dulu ada yang namanya teknologi keselamatan safety starter:
Fitur-Fitur Safety pada bebek Matik Honda

Fitur Safety starter adalah fitur dimana diperlukan password untuk bisa melakukan start baik menggunakan tombol start maupun kick starter. Password tersebut, sama dengan apa yang dilakukan pada skutik pada umumnya, yaitu mengaktifkan rem, baik itu rem depan maupun rem belakang.

Dengan hadirnya teknologi idling stop, otomatis fitur keselamatan itu jadi hilang. Karena motor bisa langsung ngacir bila gas diputar walau mesin mati.

Sebelumnya juga ada sharingan berikut:
Video Ini Perlihatkan Bahaya Bonceng Anak di Depan Jika Naik Motor Matik. Ngeri!

 

Ada yang menyarankan untuk mematikan idling stop (pakai tombol):

lebih aman idling stop selalu saya matikan.jujur cuman satu alasannya takut digas sama ank saya pas dilampu merah.salah satu fungsinya bisa hemat bbm sih tapi saya pilih amannya aja ” tutur Opick

Cara tersebut nggak berguna karena posisi tombol idling stop itu gampang diraih anak:

Sementara itu kebiasaan anak kalau duduk di depan itu seperti ini:

Jadinya tombol tersebut lebih sering jadi nyala sendiri kalau bawa anak di depan. Solusi berikut lebih cocok:

Hati hati kalo ada anak kecil boncengan di depan dan menggunakan sistem IDLING STOP. Pastikan stop kontaknya sudah posisi off

“mtornya berhenti,,emang ga distandar?klo distandar pasti g nyala,

Solusinya kunci kontak dimatikan atau pakai sandar samping. Atau sekalian nggak usah pakai motor yang pakai idling stop atau jangan bonceng taruh depan.

btw, motor matik Honda Grazia di India tidak dilengkapi side stand switch off.
Harusnya peristiwa motor matik Honda Grazia melompat ke penonton saat launching itu mustahil terjadi

Ada kemungkinan di masa depan fitur itu hilang juga. Jadi harus waspada. Karena fitur keselamatan hilang, pabrikan nggak kasih warning.

14 respons untuk ‘Memang bonceng anak di depan di motor dengan idling stop ISS itu bahaya, tombol dimatikan pun masih resiko

  1. Dari semua kejadian diatas, pokok permasalahan adalah gas dipuntir saat mesin hidup atau pura2 off saat kecepatan 0 km
    Berarti perlu fitur ‘mematikan’ throttle gas saat kecepatan 0 km
    Kepikiran ide liar kalo dari kondisi diam gas harus diputar kedepan dulu (sedikit aja) baru diputar bawah/normal baru motor jalan
    Mengenai caranya ya engineer pabrikan pasti lebih tau
    Tentunya ada on/off fitur ini, posisi amannya tombol seperti tombol dim tapi ditangan kanan
    Gimana, ide seru kan? Ini fitur juga menggantikan fitur harus rem dulu sebelum starter, tapi kalo kondisi mesin mati fitur ini otomatis on

    Suka

    • Mungkin agak susah itu diterapkan karena berarti harus ada sensor tambahan selain TPS posisi 0%. Mungkin lebih cocok pakai semacam tombol “ok ini aman untuk jalan”

      Suka

      • Lha ada yg namanya kunci kontak, rem, parking brake lock, side stand switch aja ga kepake namanya emak2 apalagi cuma tombol on/off doang hehe.. Tapi bisa juga sih kayak tombol pass beam, pencet dulu baru bisa di gass dari kondisi diam… Tapi orang ga mau beli, ribet haha

        Suka

  2. Hahahahahahahha…..ketawa lagi ahhh, ngoahahahahahaha….., di group facebook “Siboen” (yg punya youtube Shiboen Chanel) ada salah seorang member yang posting kejadian seperti diatas, kebanyakan para komentatornya bilang “jangan salahkan teknologinya lah, teknologi tidak bisa disalahkan lah, yang salah ibu2 nya lah, faktor human error lah, orangnya lalai lah”, dlsb. karena banyak yg komen seolah yang disalahkan adalah ibu dari si anak, bukan teknologi dari motor, ane coba untuk berkomentar yg sifatnya kontra, ane debat yg komentar bernada membela motornya, ane bilang itu fitur yg berpotensi membahayakan kek gitu sampek debat kusir terjadi hingga akhirnya mereka kalah berpendapat, dan tau2 ane langsung di block sehingga gak bisa komen lagi di post tersebut, ane langsung kepikiran apa jangan2 di group tersebut ada orang yang ada sangkut pautnya dengan pihak Astra (AHM), sehingga orang2 yg berkomentar melawan arus macam ane dianggap membahayakan, hwehwehwehehehehe….XD

    Suka

    • Wah, heboh juga kalau di ban gara gara menyalahkan motornya. Karena teknologi keselamatan itu kan ada untuk mencegah orang yang khilaf melakukan hal yang membahayakan. Biar walau terjadi human error tetap aman.

      Contohnya:
      ABS – biar motor nggak ndelosor walau orangnya ngeremnya ngawur
      side stand switch – biar motor nggak ngacir walau orangnya sembarangan betot gas
      slipper clutch – biar mesin nggak rusak walau orangnya ganti gigi ngawur
      traction control – biar motor nggak tergelincir walau orangnya betot gas ngawur.

      Kalau ridernya perfect, ngapain butuh teknologi keselamatan? topik bagus nih.

      Suka

    • Gw bro… gw… wkwkwkwk

      keseringan komen yg mengkritik AHM, contohnya hasil dyno test Verza vs Vixion, Verza setara ama Vixion, bayangin setara!!! tp realita di lapangan, jangankan Verza, MegaPro FI yg power diatas Verza lawan MX King aja keok apalg Vixion atau R15?

      Blm lg OCB dsb nya. fitur keyless Vario 150 yg baru, dulu ada blogger yg bilang punya GSX itu kek kompor gas, oblak pas gw cek Vario ya podo ae. Bagusan Lexy kemana2 tp ya gak ada yg bahas.

      hahahaha

      Suka

  3. memang yang namanya membonceng anak didepan itu berbahaya kok meskipun pelan-pelan, saya pernah membonceng anak didepan naik Scoopy lagi jalan eh kunci kontak dimatikan, ya meskipun pelan-pelan & dipinggir tetap saja bikin kaget. setelah dikasih tahu tidak boleh mematikan kontak ketika motor lagi jalan anak memang nurut, tapi setelah itu kelakuan anak beda lagi, jadi pas ISS aktif kan motor mati, sama anak saya kontak dimatikan & kunci dicabut karena dia memperhatikan kalau motor berhenti & mesin mati itu kontak dicabut. makanya sebagai orang tua memang harus bisa mengantisipasi hal-hal tersebut, sebagai contoh ketika saya berhenti di jalan karena macet & ISS aktif maka tangan kiri pada posisi menarik tuas rem, jika berhenti karena sampai tujuan maka begitu sampai saya aktifkan parking brake lock, mesin dimatikan lalu turunkan standar samping dsb

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.